9 Aturan Penting Dalam Perencanaan Karir, Terapkan Untuk Karir Dads!

Waktu Baca: 4 menitSabtu, 30 Maret 2019 10:31 WIB
Perencanaan Karir Dads
Sumber: Unsplash.com/Ruthson Zimmerman

Mulai memikirkan tentang perencanaan karir sebelum dan sesudah menikah adalah hal penting. Sebagai kepala keluarga, Dads akan mengemban tugas atas kebutuhan perekonomian. Walaupun saat ini sudah banyak Moms yang juga bisa membantu dalam menstabilkan kebutuhan dan tuntutan hidup. Hanya saja, utamanya Dads yang sangat diharapkan untuk bisa merancang keuangan keluarga dengan baik sehingga Dads bisa melakukan banyak hal untuk keluarga. Nah, untuk itu, kali ini kita akan membahas 9 aturan penting dalam perencanaan karir untuk keuangan keluarga lebih kuat.

1. Mengetahui Apa Yang Penting Untuk Pengembangan Potensi Diri

Jangan ragu untuk menggali lebih dalam apa saja yang mungkin bisa Dads lakukan. Potensi dasar di diri kita selalu ada dan bisa dikembangkan dengan baik. Jadi, Dads harus mengetahui terlebih dahulu apa sih yang bisa Dads kembangkan lebih dalam? Karena, selain menjadi seorang pekerja atau karyawan, pastinya Dads juga memiliki spesialisasi tertentu yang bisa dikembangkan lagi, bukan? Nah, mulailah kenali dan kembangkan potensi tersebut agar bisa mendapatkan perencanaan karir yang tertata dengan baik.

2. Memiliki Visi Dan Misi

Layaknya sebuah perusahaan, Dads juga butuh sebuah visi dan misi yang tertata dengan baik. Kenapa? Karena dengan bekal visi dan misi yang rapi, maka program pengembangan karir akan lebih terarah dan terukur. Hal inilah juga yang bisa membantu kita untuk tetap maju dan mengingat apa saja yang harus dilakukan. Tanyakan kepada diri sendiri beberapa pertanyaan penting berikut ini, Dads:

  • Apa yang Dads inginkan untuk masa yang akan datang?
  • Bagaimana kehidupan berumah tangga yang Dads inginkan?
  • Seberapa besar kebutuhan dan bagaimana Dads akan memenuhinya?

Bayangkan untuk menjawab bagaimana kehidupan di 2 atau 3 tahun yang akan datang. Cukupkah semua yang Dads siapkan saat ini untuk kedepannya?

3. Picu Kelebihan Abaikan Tentang Kekurangan

fokus kelebihan dan kekurangan karir
Sumber: Unsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Ketika Dads sudah memiliki visi dan misi serta mengenali potensi diri lebih dalam, Dads pasti akan tahu di bagian mana Dads lebih berpotensi. Setiap manusia pastinya memiliki sisi lemah dan kelebihannya masing-masing. Nah, Dads hanya perlu fokus kepada kelebihan yang Dads miliki tersebut, ya! Jangan terlalu berfokus kepada kelemahan yang kebanyakan tidak bisa diperbaiki. Aturan paling penting dalam pengembangan karir ini adalah untuk fokus dan mengembangkan kelebihan yang bisa menjadi nilai jual lho, Dads. Jadi, cobalah Dads pelajari lagi dan kembangkan lebih baik lagi kelebihan apa saja yang Dads miliki.

4. Melihat Kembali Pencapaian Di Masa Lalu

Siapa sangka masa lalu bisa menjadi salah satu aspek penting dalam aturan pengembangan karir ini? Sangat penting sekali bagi Dads untuk menguasai apa saja yang telah dilakukan di masa lalu. Lihatlah pencapaian yang sudah berhasil atau sukses. Fokuskan pada titik dan faktor tersebut. Luangkan waktu untuk menganalisa sejenak bagaimana mungkin kita bisa mengembangkan peluang keberhasilan tersebut? Nantinya, Dads akan mendapatkan banyak kemungkinan yang bisa ditingkatkan lagi agar bisa mendapatkan jenjang karir yang lebih baik.

5. Ikuti Passion!

Siapapun pasti memiliki yang namanya passion di dalam diri mereka. Karena dengan adanya passion ini, maka Dads akan lebih fokus dan akan lebih terarah dalam mengembangkan kemampuan. Apapun jenis karir yang sedang dirintis, akan lebih mudah jika sudah dimulai dari pengembangan kemauan atau passion tersebut. Namanya juga kita “bergairah” di sebuah bidang tertentu, pastinya akan lebih maksimal, bukan? Berbeda jika kita sama sekali tidak menyukai hal tersebut, maka ini akan terasa lebih sulit untuk mengembangkannya.

6. Asah Kemampuan Public Speaking

Ini merupakan salah satu kemampuan dasar yang amat sangat berguna demi pengembangan karir seseorang. Bagaimana tidak, Dads akan lebih leluasa jika mampu menguasai tata cara berbicara di hadapan publik. Paling tidak, akan ada nilai plus tersendiri jika kita tidak lagi takut atau grogi untuk mengemukakan pendapat. Bayangkan saja jika nantinya Dads akan berusaha sendiri dan mendapatkan keuntungan dari solo karir. Bukankah Dads akan dituntut untuk pandai menyampaikan informasi ke publik? Seorang pemimpin yang baik akan berusaha mengasah kemampuannya untuk bisa mengembangkan dan memberi arahan kepada bawahan. Dan hal inilah yang dilakukan demi meningkatkan karir seseorang.

7. Kembangkan Kerjasama Team

kerja sama tim
Sumber: Rawpixel.com

Baik itu menjalankan bisnis sendiri atau Dads sedang mengembangkan karir di sebuah perusahaan, Dads harus tahu bagaimana caranya bermain dalam sebuah tim. Bisa menyelesaikan masalah bersama tim lebih baik daripada melakukannya sendiri. Jadi, gunakan kesempatan yang ada untuk bisa mengatur bagaimana Dads mengambil peran dan melakukan yang terbaik bersama dengan rekan teamwork. Team makes dream works kan, Dads?

8. Mencoba Melakukan Efisiensi Waktu

Pernah mendengar istilah waktu adalah uang? Sebenarnya, ungkapan ini benar adanya. Dalam pengembangan karir, kita dituntut untuk lebih mengenal dan menghargai waktu. Jika tidak, maka kita tidak akan mendapatkan hasil yang signifikan. Kita sangat dituntut agar bisa mendapatkan pelajaran agar bisa lebih teliti dalam menggunakan waktu yang ada. Waktu juga akan selalu berjalan walaupun kita tidak menggunakannya dengan maksimal dan tidak bisa dikembalikan. Inilah mengapa waktu menjadi hal yang sangat berharga baik dalam kehidupan dan sebuah karir.

9. Perluas Wawasan

Ya, Siapapun yang ingin karirnya berkembang, pasti dituntut untuk lebih bijak dan lebih berwawasan. Karena wawasan akan mengantarkan siapa saja pada jenjang karir yang lebih tinggi. Dads pastinya ada di sebuah posisi penting karena Dads adalah seorang yang sudah pandai di bidang tersebut, bukan? Nah, Dads harus menggali lebih dalam ilmu dan wawasan yang ada jika ingin mendapatkan pengembangan karir yang lebih baik.

Demikianlah 9 aturan penting perencanaan karir yang bisa memandu perjalanan karir Dads menjadi pria yang sukses! Apakah Dads punya strategi khusus untuk mencapai karir yang diidamkan sejak dulu? Atau malah merasa mentok di karir yang sedang ditekuni sekarang? Mari saling berbagi di kolom komentar ya, Dads!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "9 Aturan Penting Dalam Perencanaan Karir, Terapkan Untuk Karir Dads!"