8 Menu Makanan Perbaiki Kualitas Sperma Untuk Mempercepat Kehamilan

Waktu Baca: 5 menitSenin, 24 Juni 2019 08:20 WIB
Makanan Perbaiki Kualitas Sperma
Sumber: asiantv.com

Dengan perbaiki kualitas sperma, maka hal ini juga bisa berpengaruh pada kesuksesan rencana kehamilan Moms dan Dads. Namun, terkadang polusi dan rutinitas sehari-hari seperti padatnya jadwal kerja atau kelelahan karena harus menempuh perjalanan jauh bisa menurunkan kualitas sperma. Ada yang Dads harus ketahui agar rencana kehamilan istri tercinta bisa sesuai harapan. Untuk itu, Dads harus bisa menjaga kualitas sperma tetap baik karena sperma yang encer dan sedikit bisa menyebabkan sulit hamil. Memperbaiki kualitas sperma dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menjaga kesehatan fisik dan makan makanan bergizi.

Olahraga terbukti menyehatkan fisik dan juga berdampak pada peningkatan kualitas sperma. Selain itu, Dads juga perlu untuk menjaga berat badan ya. Obesitas juga bisa memperburuk kualitas sperma. Satu kunci penting yang perlu diperhatikan bagi kesuburan Dads yaitu menjaga pola makan sehat. Seperti dilansir www.motherandbaby.co.uk, kekurangan zinc dan vitamin bisa membuat kualitas sperma menjadi buruk sehingga menjadi salah satu hambatan kesuksesan program kehamilan yang direncanakan bersama pasangan. Untuk itu, Dads harus mengetahui makanan apa saja yang bermanfaat untuk memperbaiki kualitas sperma Dads. Yuk mari simak penjabarannya berikut!

1. Tiram Untuk Produksi Sperma

tiram produksi sperma
Sumber: goodfood.com.au

Tiram merupakan sumber zinc terbaik bagi kesuburan pria. Mengkonsumsi 50 gram tiram bisa membantu perbaiki kualitas sperma dan mempercepat kehamilan. Jika harga tiram cukup mahal untuk kantong, Dads bisa mengganti dengan sumber zinc lain seperti kalkun, kuaci biji labu, lobster, dan kerang.

2. Cokelat Hitam Untuk Antioksidan

coklat hitam anti oksidan
Sumber: medicalnewstoday.com

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang tinggi. Bahkan, menandingi buah delima dan acai berry yang sangat baik untuk memerangi radikal bebas. Dalam kegiatan sehari-hari, tanpa disadari Dads terpapar radikal bebas dari polusi udara, pestisida, dan asap rokok. Nah, radikal bebas ini bisa mempengaruhi kesuburan Dads lho! Nah, mengkonsumsi cokelat hitam ini akan bisa membantu menekan dampaknya. Tetapi, juga harus dingat nih Dads, jangan mengonsumsi cokelat hitam terlalu banyak juga ya! Dua blok cokelat hitam setiap hari sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya. Kalau terlalu banyak, cokelat hitam dapat memengaruhi keseimbangan kadar testosteron.

3. Bawang Putih Untuk Kelincahan Sperma

bawang putih kelincahan sperma
Sumber: medicalnewstoday.com

Meski memiliki aroma yang kurang sedap bagi banyak orang, bawang putih memiliki manfaat untuk perbaiki kualitas sperma dan mempercepat kehamilan. Bawang putih memiliki kandungan senyawa allicin dan selenium. Allicin bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah di organ intim, dan melindungi sperma dari kerusakan. Sedangkan, selenium membuat gerakan sperma lincah sehingga proses pembuahan bisa lebih cepat. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan sedikit bawang putih dalam bumbu masakan. Selain menambah cita rasa, rasakan manfaatnya bagi stamina dan kesuburan.

4. Pisang Untuk Meningkatkan Libido

pisang meningkatkan libido
Sumber: target.com

Selain memiliki rasa yang lezat, ternyata pisang memiliki peranan menjaga kesuburan lelaki. Kandungan enzim Bromelain dalam buah pisang diketahui dapat meningkatkan libido dan memengaruhi keseimbangan hormon seksual lho Dads. Selain itu, pisang juga mengandung Vitamin A, B1, dan C yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi sperma.

5. Brokoli Agar Sperma Berenang Lebih Cepat

brokoli sperma berenang cepat
Sumber: koshercrops.com

Kekurangan vitamin A dapat mempengaruhi kemampuan sperma berenang menuju sel telur untuk proses pembuahan. Sperma dengan panjang 0,065 milimeter harus melewati cairan vagina yang asam dan berjuang melawan sel darah putih yang dapat membunuhnya. Vitamin A bisa membuat sperma berenang sehingga berperan dalam membantu perbaiki kualitas sperma dan mempercepat kehamilan. Salah satu sumber Vitamin A adalah melalui makanan brokoli. Tetapi, jika harga brokoli terasa agak mahal, Dads masih bisa mendapatkan sumber Vitamin A dari paprika, wortel, bayam, ubi, dan aprikot.

6. Asparagus Untuk Memperbanyak Sperma

asparagus memperbanyak sperma
Sumber: allrecipe.com

Bahan makanan lain yang dapat menangkal radikal bebas yaitu asparagus. Kandungan Vitamin C dalam asparagus bisa melindungi sperma dari kerusakan, meningkatkan kelincahan, dan memperbanyak sperma. Jadi, selain berkualitas, sperma Dads juga banyak dan sanggup bertahan dari keasaman cairan vagina.

7. Kacang Walnut Untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

kacang walnut meningkatkan kualitas sperma
Sumber: naturalfoodseries.com

Asam lemak Omega 3 pada kacang walnut dapat meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, kacang walnut juga bisa memperlancar peredaran darah ke organ intim. Kacang walnut sangat cocok dijadikan camilan sehat dan penuh manfaat. Dads bisa menaburkan cincangan kacang walnut di atas sereal sarapan pagi atau makanan pencuci mulut. Sumber asam lemak Omega 3 lain yaitu daging ayam, ikan salmon, kepiting, dan kuaci biji labu.

8. Ginseng Untuk Testosteron

gingseng untuk testosteron
Sumber: naturalfoodseries.com

Sejak ratusan tahun lalu, akar ginseng telah digunakan sebagai obat ketidaksuburan lelaki. Ginseng dapat memperlancar peredaran darah ke organ intim hingga diketahui dapat mencegah disfungsi ereksi. Dads bisa meminta dibuatkan secangkir teh ginseng atau mencoba memakan ginseng kering agar sirkulasi darah di organ intim selalu terjaga.

Cukup mudah bukan Dads? Perlu diketahui juga bahwa konsumsi ragam makanan sederhana untuk perbaiki kualitas sperma tersebut tidak perlu setiap hari. Dads bisa selang-seling menerapkannya bersama makanan sehat lainnya agar kebutuhan nutrisi tetap lengkap. Konsumsi juga harus dilakukan dengan seimbang, karena sesuatu yang tidak seimbang tidak baik bagi kesehatan. Apakah Dads sudah mencoba salah satu dari ragam makanan tersebut? Semoga program hamil yang direncanakan segera berhasil ya, Dads!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "8 Menu Makanan Perbaiki Kualitas Sperma Untuk Mempercepat Kehamilan"
related post
Mengungkap Rahasia Bayi Tabung Untuk Pasangan Tidak Bisa Memiliki Anak

Program bayi tabung menjadi solusi alternatif bagi Moms and Dads yang ingin mempunyai keturunan. Ketika, ... Lanjut Baca