8 Cara Mengatasi Suami Yang Marah Tapi Diam Kepada Istri Tanpa Sebab

Waktu Baca: 4 menitSelasa, 28 Desember 2021 09:25 WIB
cara mengatasi suami yang marah
Sumber: pexels

Suami marah adalah situasi yang sangat tidak nyaman tentunya Moms. Apalagi jika karakter suami adalah diam seribu bahasa. Kadang tanpa sebab yang jelas tahu-tahu mendiamkan dalam waktu lama.

Bagaimanapun juga komunikasi dalam sebuah rumah tangga adalah hal paling penting. Paling vital dalam hubungan keharmonisan, namun namanya manusia pasti sering mengalami emosi naik turun salah satunya marah. Ini bisa menjadi ujian rumah tangga di tahun-tahun pertama pernikahan.

Paling banyak suami marah disebabkan karena kesalahan orang lain. Namun banyak juga yang tidak menyadari kesalahan pribadi bahkan sampai dilakukan berulang. Bagaimana jadinya jika yang marah adalah pasangan sendiri? Memang kelihatannya suami tidak peduli perasaan istri tapi diam-diam suami sebenarnya sayang.

Bagi Moms dengan karakter ceria, suka ngobrol, didiamkan tentu sangat tidak nyaman. Daripada berlarut dan menyebabkan suasana rumah jadi tidak enak, Moms sebaiknya segera cari tahu masalah serta solusinya.

8 Cara Menyikapi Suami Marah Paling Efektif

BACA JUGA:

Meski memiliki karakter berbeda, dalam kehidupan rumah tangga sebaiknya saling melengkapi. Tidak sulit membuat suami bahagia kembali jika sudah paham caranya. Berikut 8 trik untuk mengatasi masalah suami yang marah kepada istri.

1. Minta maaf

Meski tidak tahu apa kesalahan yang telah diperbuat Moms sebaiknya segera minta maaf. Bisa jadi terdapat hal-hal tidak disukai suami, menyinggung perasaan dan sebagainya namun tidak disadari.

Suami marah kepada istri pasti bukan karena hal sepele. Terlebih jika pernikahan sudah dijalani dalam waktu lama belasan mungkin puluhan tahun toleransi tentu sudah diterapkan.

2. Berbicara lebih lembut

mengatasi suami marah
Sumber: shutterstock

Mulailah berbicara lebih lembut dari biasanya. Suara mendayu, dengan nada rendah memiliki kesan merayu. Suami bisa jadi luluh seketika saat mendengar Moms mulai berbicara lembut disertai tatapan.

Suami marah akan langsung tersenyum karena tingkah Moms menggemaskan. Bisa jadi justru semakin mesra dari sebelumnya karena perlakuan tidak biasa tersebut. Merasa lebih dihargai dan dibutuhkan.

3. Lakukan pekerjaan sebelum diminta

Tanggap terhadap kebutuhan, kondisi rumah dan sekitarnya. Sebelum diminta sebaiknya Moms segera menyiapkan apa keperluannya. Contoh membuatkan kopi hangat di pagi hari sebelum disuruh.

Segera rapikan meja kerja tanpa diminta, atau menyiapkan keperluan suami sebelum berangkat kerja. Cara ini cukup efektif mengatasi pasangan yang sedang marah meski sebab tidak jelas.

4. Buka obrolan ringan

Meski suami marah mendiamkan tanpa menunjukkan ekspresi, sebaiknya tetap sabar. Bersikap seolah tidak terjadi apa-apa. Kemudian buka obrolan ringan seperti hari-hari biasa tanpa menyinggung persoalan sebenarnya.

Bisa dimulai dengan menanyakan aktifitas pekerjaan hari ini, obrolan seputar film terbaru atau hobi. Seketika suasana akan segera mencair, minimal terjadi komunikasi dua arah meski masih sedikit kaku.

5. Beri kejutan

Bisa jadi suami marah karena hal sepele. Untuk segera meredakannya bisa dicoba dengan memberikan kejutan. Contoh membuatkan makanan kesukaan, membeli kado kecil sebagai permintaan maaf.

Bisa juga dengan membelikan barang favorit yang mendukung hobi dan sebagainya. Berikan secara langsung dalam suasana yang kondusif misalnya menjelang istirahat. Sehingga interaksi lebih privasi dan intim.

6. Lakukan hal-hal yang disukai

Cara mengatasi suami yang marah tapi diam adalah sebaiknya peka dengan hal-hal yang disukai pasangan. Lakukan hal tersebut tanpa aba-aba dan lebih sering dari biasanya. Contoh memberi pelukan hangat.

Moms bisa berikan yang lebih lama di pagi hari sebelum kerja. Sehingga suami merasa lebih diperhatikan dan tidak diacuhkan. Dengan begitu kemarahannya bisa sedikit reda.

Menemani saat lembur di rumah, menelpon untuk mengingatkan makan siang di kantor, mengirim pesan singkat yang romantis. Terkesan merayu, namun biasanya laki-laki suka diperlakukan seperti ini.

7. Libatkan anak

Saat suami marah tanpa sebab, ajak anak untuk meredakannya. Libatkan anak untuk ikut membuka obrolan, bercerita, kemudian menyambung obrolan tersebut. Cara ini terbukti efektif.

Umumnya seseorang tidak akan menunjukkan ketidaknyamanan kepada orang yang bukan sasarannya. Lebih tepatnya sungkan dan tidak ingin hubungan tidak baik diketahui oleh anak demi menjaga perasaan.

8. Ciptakan suasana romantis dan menggoda

Cara ini 100% berhasil meredakan emosi tinggi. Bisa jadi suami marah karena tidak dilayani dengan maksimal. Berikan belaian terlebih dulu, atau rayuan yang lebih dari biasanya.

Setiap laki-laki selalu ingin dipuaskan secara seksual. Ini penyebab utama mengapa seringkali Moms didiamkan, karena kebutuhannya belum terpenuhi. Saat hasrat tersalurkan akan memunculkan hormon endokrin yang merangsang perasaan bahagia.

Suasana intim berdua adalah momen paling tepat untuk berkomunikasi. Moms bisa menanyakan juga apa yang salah sehingga menyebabkan suami marah, selanjutnya ucapkan janji tidak akan mengulangi dijamin efektif.

Dengan memahami 8 cara menyikapi suami yang marah tersebut maka dapat membantu Moms and Dads kembali harmonis dan tidak akan terus marah dan diam.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "8 Cara Mengatasi Suami Yang Marah Tapi Diam Kepada Istri Tanpa Sebab"
related post
Mengungkap 5 Kriteria Pasangan Hidup Dalam Pernikahan Yang Bikin Awet

Dalam memilih suami atau istri, mengetahui kriteria pasangan hidup yang ideal menjadi hal sangat penting ... Lanjut Baca

Cara Menghadapi Istri Suka Ngambekan Berhari-hari Menurut Islam

Dalam berumah tangga tentu wajar apabila terjadi perselisihan hingga menyebabkan istri ngambek. Ada banyak penyebab ... Lanjut Baca