7 Trik Mengelola THR Dan Bonus Lebaran. Anti Boros Buat Dads Nih!

Waktu Baca: 7 menitSabtu, 18 Mei 2019 08:20 WIB
Cover Trik Mengelola Thr Dan Bonus Lebaran
Sumber: Pinterest.com

Mendekati akhir bulan Ramadan nanti, semua orang termasuk Dads pasti tidak sabar untuk menunggu kabar menggembirakan seperti cairnya THR dari kantor. Setuju ya, Dads? THR memang sangat dinanti karena menjadi pemasukan tambahan bagi setiap pekerja kantoran yang hanya didapatkan sekali setahun menjelang Hari Raya Lebaran. Umumnya, THR ini digunakan sebagai alokasi dana untuk membeli keperluan Hari Raya Idul Fitri. Namun, bukan berarti Dads boleh langsung boros ya saat menerima bonus lebaran dari kantor.

Kebutuhan primer lebaran seperti tiket mudik, atau keperluan lain seperti membeli pakaian baru untuk keluarga, dan paket kue kering lebaran untuk menyambut tamu yang datang ke rumah tentu saja harus dikeluarkan dananya. Namun, jangan lupa untuk selalu bijak dan tidak berlebihan dalam mengelola uang THR lebaran ya, Dads! Jangan sampai deh ketika lebaran usai, Dads malah kehabisan uang, dan menyesal. Maka, dari itu pengetahuan tentang strategi mengatur keuangan saat lebaran penting untuk dipahami. Yuk simak 7 triknya ini!

1. Kebutuhan Apa Saja Yang Harus Dads Beli Untuk Hari Raya?

Trik Mengelola Thr Dan Bonus Lebaran Alokasikan Dana Untuk Kebutuhan Hari Raya
Sumber: Unsplash.com/Ja Ma

Tips mengelola bonus THR lebaran yang pertama ialah mengalokasikan kebutuhan untuk hari raya. Dalam hal ini, Dads perlu melakukan diskusi bersama Moms mengenai apa saja kebutuhan yang akan dibeli untuk menyambut hari lebaran. Kebutuhan hari raya seperti pakaian baru, makanan, kue-kue kering, perabotan rumah, hingga alat elektronik baru memang sangat menggiurkan untuk dibeli agar hari raya terasa lengkap. Namun, jangan sampai Dads kalap dan menghabiskan THR untuk membeli semua barang tersebut ya.

Memang banyak promo lebaran yang membuat Dads merasa perlu untuk membeli berbagai macam barang, tapi Dads mesti menahan diri dan ingat untuk membeli barang sesuai kebutuhan dan budget. Untuk keperluan hari raya, Dads bisa saja mengalokasikan maksimal 40% dari uang THR dan bonus lebaran Dads, menggunakan kurang dari sejumlah uang tersebut justru akan lebih bagus sih Dads. Dengan begitu, Dads akan bisa lebih banyak menabung dan berinvestasi, kan? Jadi, harus bijak mengelola uang THR ya, Dads!

2. Jangan Lupa Catat Semua Pengeluaran Ya, Dads

Tips Mengatur Keuangan Saat Lebaran
Sumber: Moneysmart.id

Pencatatan selalu dilakukan agar bisa mengevaluasi seluruh pengeluaran. Dads bisa melakukan hal ini selama bulan puasa dan lebaran. Dads perlu mencatat seluruh pengeluaran mulai dari pengeluaran untuk mudik, membeli baju baru, hingga mengeluarkan THR untuk keponakan di kampung halaman. Lakukan evaluasi secara bertahap dan jangan lihat hasil catatan pasca lebaran ya, Dads. Jadi, saat Dads merasa pengeluaran sudah melewati batas, Dads bisa mengerem pengeluaran tersebut pada hal-hal yang tidak diperlukan atau kurang penting. Ingat ya, Dads! Jangan sampai sehabis lebaran keuangan Dads malah jadi minus.

3. Alokasikan Dana Untuk Pengeluaran Yang Besar, Terutama Jika Dads Mudik. Jangan Sampai Biaya Mudik Justru Tidak Cukup

Trik Mengelola Thr Dan Bonus Lebaran Alokasikan Dana Untuk Pengeluaran Yang Besar
Sumber: Pixabay.com

Langkah kedua yang harus Dads lakukan ialah menentukan prioritas. Nah, kira-kira untuk kegiatan apa yang memerlukan uang besar pada lebaran Dads kali ini. Apakah Dads akan mudik ke kampung halaman menggunakan transportasi seperti pesawat atau hanya menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga besar? Pahamilah kebutuhan mana saja yang dijadikan prioritas Dads dan keluarga.

Jika Dads mudik, Dads akan memerlukan biaya yang besar untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman, jalan-jalan disana, penginapan, makanan, hingga sekadar membeli oleh-oleh untuk tetangga dan teman kantor. Sebagai contoh, Dads bisa mengalokasikan biaya mudik sebesar 20-30% persen dari THR dan bonus lebaran yang Dads terima. Jika tidak terpaksa, maka jangan sampai keperluan ini menganggu tabungan Dads yang lain ya.

4. Jangan Lupa Selesaikan Kewajiban Dan Hutang Ya, Dads

 Selesaikan Kewajiban Hutang Jelang Lebaran
Sumber: Equilmanagement.com

Dads harus menyadari bahwa setelah lebaran dimana Dads seperti membuka lembaran putih, masih ada kehidupan sebelumnya yang tidak boleh terlupakan. Uang THR dan bonus lebaran sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk keperluan lebaran saja, Dads bisa alokasikan beberapa dari uang tersebut untuk menyelesaikan kewajiban dan hutang yang belum terbayar. Kedua hal ini juga wajib dicatat pada jurnal pengeluaran rumah tangga Dads.

Dads bisa melakukan rencana pengelolaan keuangan pasca lebaran dalam kondisi ideal, yaitu dengan menyelesaikan kewajiban dan hutang Dads. Apabila Dads memiliki cicilan yang bisa dipercepat, maka Dads bisa memperpendek durasi pinjaman tersebut dengan membayar utang lebih cepat. Dads juga bisa membayar kartu kredit yang telah digunakan untuk memenuhi kebutuhan lebaran Dads. Jangan sampai Dads beli banyak barang untuk lebaran tapi masih terbayang-bayang hutang ya, Dads!

5. THR dan Bonus Lebaran Bisa Disisihkan Untuk Membayar Zakat Dan Sedekah Lho, Dads

sisihkan thr untuk bayar zakat dan sedekah
Sumber: Misteraans.wordpress.com

Hal pertama yang penting Dads lakukan saat menerima THR dan bonus lebaran ialah menyisihkan pendapatan untuk zakat dan sedekah. Jangan sampai Dads hanya memikirkan kemewahan semata, kemudian melupakan makna sebenarnya dari bulan Ramadhan ini. Bulan Ramadhan mengajarkan untuk menahan hawa nafsu dan memahami bagaimana rasanya menahan lapar seperti orang yang tidak mampu.

Tidak ada salahnya menebar kebaikan seperti memberikan makanan bagi orang yang berpuasa. Jangan lupa juga bahwa di bulan puasa ini Dads wajib membayar zakat fitrah sebagaimana perintah dalam rukun islam yang keempat yakni membayar zakat. Dads juga bisa memberikan THR kepada mereka yang membutuhkan agar mereka juga bisa menikmati hari raya seperti halnya Dads. Dengan bersedekah, harta Dads dapat menjadi lebih berkah dan menambah amalan Dads, lho.

6. Selalu Sisihkan Pendapatan Tambahan Seperti THR Untuk Dana Darurat Ya, Dads

 Sisihkan Thr Lebaran Untuk Dana Darurat
Sumber: Magazinejobs.com

Bersenang-senang saat lebaran dan berbagai macam barang baru atau setelah melakukan perjalanan mewah saat mudik akan tidak tersisa lagi nikmatnya ketika Dads menyadari tidak ada lagi uang yang tersisa untuk kebutuhan hidup Dads sekeluarga. Oleh sebab itu, Dads perlu mengelola bonus THR dengan baik sehingga Dads tetap memiliki cadangan uang.Siapa yang tahu bila ternyata setelah lebaran nanti Dads memiliki keperluan mendesak yang membutuhkan dana dalam jumlah besar.

Dalam kondisi tersebut, biasanya Dads akan lebih cepat mengeluh dan menyesal karena malah bersenang-senang begitu saja saat lebaran kemarin. Dads memang perlu memastikan bahwa Dads memiliki simpanan dana cadangan yang bisa digunakan apabila terjadi sesuatu yang tidak terduga lho, sebab musibah ataupun keluarga yang sakit tidak bisa diprediksi. Nah, uang THR ini sebenarnya bisa saja menambah dana cadangan yang Dads punya, contohnya dengan mengalokasikan sekitar 10% dari jumlah THR yang Dads terima.

BACA JUGA:

7. Uang Bonus Yang Lebih Bisa Dijadikan Investasi, Lho

 Rencana Dan Strategi Mengatur Keuangan Thr Setelah Lebaran
Sumber: Moneysmart.id

Tak hanya mengatur keuangan sebelum lebaran, Dads perlu melakukan rencana mengatur keuangan setelah lebaran supaya keuangan Dads lebih stabil kedepannya. Selagi Dads memiliki pemasukan tambahan seperti THR dan bonus lebaran, Dads bisa coba mengalokasikan sebagian dana untuk investasi. Investasi sangat penting untuk Dads dimasa depan. Sebaiknya, dari awal Dads sudah mengalokaskan dana untuk investasi setidaknya 10%.

Nah, Dads sudah tahu kan cara mengatur THR dan bonus lebaran yang tepat dan bijak? Terapkan beberapa trik di atas dan lakukan trik menghemat pengeluaran keuangan keluarga disini. Jangan sampai THR dan bonus lebaran Dads habis percuma atau malahan kemudian Dads jadi kebingungan dengan kondisi keuangan keluarga yang minus. Dads sudah pernah melakukan hal-hal di atas? Yuk bagikan pengalaman dan tips ampuh Dads untuk bijak mengelola uang THR dan bonus lebaran dalam kolom komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Trik Mengelola THR Dan Bonus Lebaran. Anti Boros Buat Dads Nih!"