7 Tips Mendidik Anak Balita Bagi Seorang Ayah. Dads Wajib Tahu!

Waktu Baca: 5 menitJum'at, 26 Juli 2019 11:00 WIB
Tips Mendidik Anak Balita Bagi Seorang Ayah
Sumber: Khni.kerry.com

Banyak orang yang meyakini bahwa ibu adalah sosok yang harus memegang peran besar terhadap perkembangan anak karena ayah lebih berfokus untuk mengemban tugas mencari nafkah. Apakah Dads termasuk salah satu yang memegang pendapat tersebut? Kalau iya, sebaiknya cobalah untuk mengatur ulang pola pikir Dads. Suatu penelitian menyebutkan bahwa peran ayah terhadap anak juga harus dimulai sejak dalam kandungan. Bahkan, figur ayah juga mempunyai pengaruh besar terhadap psikologi dan karakter anak lho. Oleh sebab itu, Dads harus mempersiapkan sedini mungkin konsep pendidikan untuk anak. Berikut adalah pembahasan mengenai tips mendidik anak balita yang patut Dads pahami.

1. Tunjukkan Kasih Sayang Pada Anak

Tips Mendidik Anak Balita Bagi Seorang Ayah Tunjukkan Kasih Sayang Pada Anak
Sumber: Nakita.grid.id

Percayakah Dads bahwa di mata anak perempuan sosok ayah adalah cinta pertama untuk mereka? Hal ini biasanya ditunjukkan anak balita dengan begitu antusias dan bahagianya mereka ketika bermain bersama Dads. Tidak hanya anak perempuan, laki-laki juga begitu. Maka, jangan mematahkan perasaan mereka dan sebisa mungkin berikan respon sesuai harapan.

Menunjukkan kasih sayang adalah salah satu cara mendidik anak balita yang dapat Dads lakukan. Coba utarakan rasa cinta dengan mengatakan sayang pada si kecil. Ungkapan tersebut pasti akan sangat membekas di hati mereka dan akan terus diingat. Meskipun begitu, kalau anak melakukan kesalahan, tetap beri mereka nasehat dan ajarkan cara meminta maaf.

2. Mendukung Setiap Hal Baik Yang Dilakukan Anak

Tips Mendidik Anak Balita Bagi Seorang Ayah Mendukung Setiap Hal Yang Dilakukan Anak
Sumber: Khni.kerry.com

Usia balita adalah masa dimana anak mulai mengenal kehidupan yang lebih luas dan juga senang melakukan hal yang baru. Rentang usia ini juga disebut sebagai masa emas terhadap tumbuh dan kembang anak. Sedikit banyak keberhasilan Dads mendidik anak di usia balita, mereka akan memberi pengaruh terhadap masa depan, terutama karakternya.

Karena rasa ingin tahu yang begitu besar, tidak jarang anak menginginkan sesuatu yang tidak seharusnya. Disinilah peran Dads dibutuhkan untuk memberi nasehat. Cobalah mencari tahu hal apa yang disukai anak, lalu ajaklah si kecil melakukannya bersama. Dengan memberi dukungan pada anak, niscaya mereka akan lebih mempunyai keberanian dan kepercayaan diri.

3. Tidak Memaksakan Kehendak Pada Anak

Tips Mendidik Anak Balita Bagi Seorang Ayah Tidak Memaksakan Kehendak
Sumber: Publicacoes-biblicas.blogspot.com

Cara mendidik anak balita selanjutnya yaitu tidak memaksakan kehendak. Tidak semua apa yang orang tua anggap benar untuk anak adalah yang terbaik, lho Dads. Orang bijak mengatakan bahwa jadikanlah anak seperti layang-layang. Dibiarkan terbang, tetapi tetap ditarik dan diulur. Artinya Dads juga harus memahami kemauan dan minat anak. Kalau mereka melakukan suatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan Dads, jangan serta merta memarahinya apalagi memaksakan keinginan Dads. Jadilah orangtua yang bijak ya, Dads!

4. Bersikap Terbuka Dan Komunikatif Dengan Si Kecil

Tips Mendidik Anak Balita Bagi Seorang Ayah Bersikap Terbuka
Sumber: Temanmain.id

Hal ini yang biasanya luput diperhatikan oleh orang tua, tetapi sebenarnya begitu penting lho, Dads. Yakni sikap terbuka pada anak. Sebagian orang tua mungkin menuntut agar apa yang mereka lakukan selalu benar, sekalipun itu salah. Dengan arti tidak ingin terlihat memiliki kekurangan di mata sang anak. Sebisa mungkin Dads harus memahami hal ini dengan baik, terutama demi pendidikan anak balita yang terkait dengan pembangunan karakter.

Sadari bahwa sekalipun Dads adalah orang tua yang harus menjadi panutan anak, Dads tetaplah seorang manusia biasa yang juga bisa berbuat kesalahan. Maka, bila Dads tidak sengaja melakukan kesalahan, apalagi terhadap anak, janganlah ragu untuk mengakui dan meminta maaf. Dengan begitu anak juga akan belajar untuk meminta maaf ketika bersalah. Selain itu tanamkan juga sikap jujur pada anak sejak dini ya, Dads.

5. Tidak Hanya Sebagai Ayah, Jadilah Teman Untuknya

Tips Mendidik Anak Balita Bagi Seorang Ayah Jadilah Teman Untuknya
Sumber: M.dream.co.id

Berperan sebagai ayah, sekaligus teman bermain juga banyak memberikan pengaruh baik untuk karakter anak lho Dads. Ketika Dads memposisikan diri sebagai teman dan anak merespon dengan hal yang sama, maka Dads bisa dengan mudah mengetahui sisi lain dari anak. Salah satu cara sederhana bersikap seperti teman, yaitu dengan menjaga rahasianya.

6. Perlihatkan Cara Menjadi Sosok Yang Baik

Tips Mendidik Anak Balita Bagi Seorang Ayah Perlihatkan Cara Menjadi Sosok Yang Baik
Sumber: Dbs.com.sg

Anak cenderung belajar dan meniru apa yang dilihatnya saat berada dalam masa perkembangan anak balita. Oleh sebab itu, seharusnya Dads bisa memperlihatkan contoh teladan yang baik terhadap anak. Misalnya menunjukkan sikap disiplin dengan selalu tepat waktu, penyayang dan saling mengasihi antar sesama, dan berbagai nilai-nilai lainnya. Anak akan mengamati perilaku Dads dan pelan-pelan akan belajar seperti apa yang telah ia lihat dan dapatkan.

7. Biarkan Anak Memahami Bahwa Ayah Tidak Selalu Sempurna

Tips Mendidik Anak Balita Bagi Seorang Ayah Biarkan Anak Memahami Bahwa Ayah Tidak Selalu Sempurna
Sumber: Klimg.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ayah juga manusia yang jauh dari kata sempurna. Jangan ragu tunjukkan ketidaksempurnaan yang Dads miliki kepada anak. Biarkan mereka, terutama anak laki-laki, belajar dari hal tersebut. Ketika Dads mengalami suatu kegagalan dan terus berjuang untuk melewatinya, tunjukkan kepada anak agar mereka juga dapat belajar.

Mengungkapkan perasaan sedih juga termasuk salah satu contoh bahwa Dads tidak selalu sempurna. Dengan begitu, anak juga akan belajar berbagai emosi yang dimiliki oleh manusia, dan bagaimana caranya menghadapinya. Dads juga perlu tahu mengenai psikologi pendidikan anak berdasarkan tahapan usianya. Itulah tujuh tips mendidik anak balita yang harus Dads pahami. Kalau Dads memiliki pertanyaan, saran, kritikan atau tips seputar pendidikan anak balita, jangan ragu untuk meninggalkan komentar, ya. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Tips Mendidik Anak Balita Bagi Seorang Ayah. Dads Wajib Tahu!"
related post
7 Prinsip Pembelajaran Paud Untuk Maksimalkan Usia Emas Anak

Setiap tingkat pendidikan memiliki prinsip-prinsip pembelajaran di dalamnya. Dimana prinsip ini nantinya bisa menjadikan suatu ... Lanjut Baca

Jenis-jenis Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Yang Baik Untuk Janin Bayi

Asupan nutrisi memang sangat dibutuhkan untuk Moms yang saat ini sedang berbadan dua, terlebih lagi ... Lanjut Baca

Daftar Makanan Yang Dilarang Ibu Hamil, Harus Dihindari Ya Moms!

Untuk Ibu hamil menjaga pola makan sangat penting, karena apapun makanan yang masuk lewat mulut ... Lanjut Baca