7 Tips Menabung Untuk Menikah Dalam 1 Tahun, Biar Cepat Ke Pelaminan

Waktu Baca: 6 menitRabu, 06 Oktober 2021 10:20 WIB
Tips Menabung Untuk Menikah
Sumber: shutterstock

Menikah menjadi sebuah impian bagi sebagian besar pasangan yang saat ini sedang berada di sebuah hubungan bernama pacaran. Meskipun begitu ternyata menikah bukanlah hal yang mudah terutama dalam hal biaya. Oleh karena itu, bagi HappyFams yang berencana melakukan pernikahan sebaiknya segera persiapkan sejak jauh-jauh hari dan setidaknya telah memahami tujuan menikah secara umum terlebih dahulu.

Tidak dipungkiri masalah biaya menjadi hal yang harus diperhatikan oleh HappyFams selain 3 persiapan sebelum menikah sebelum menju ke pelaminan. Berbagai cara dilakukan agar tabungan untuk acara pernikahan nanti terpenuhi. Untuk mewujudkan pernikahan impian tersebut, HappyFams bisa ikuti beberapa tips cara menabung untuk menikah berikut ini!

BACA JUGA:

1. Saling Terbuka Mengenai Kondisi Keuangan Bersama Pasangan

Hal ini menjadi hal yang paling utama untuk diketahui oleh masing-masing pasangan. Sebab setiap orang tentu memiliki jumlah pendapatan dan pengeluaran yang berbeda-beda. Tidak ada salahnya untuk mendiskusikan hal-hal seperti besarnya gaji, pengeluaran, hutang, dan kemampuan menabung setiap bulannya kepada pasangan.

Untuk masalah hutang sebaiknya fokus terlebih dahulu pada pelunasan agar mencegah hutang yang semakin bertambah. Dengan mendiskusikan hal-hal tersebut bersama pasangan, HappyFams mendapatkan gambaran tentang bagaimana cara mengatur keuangan untuk pernikahan. Secara tidak langsung, cara ini juga melatih HappyFams dan pasangan dalam mengatur keuangan rumah tangga kelak.

2. Buatlah Rekening Tabungan Khusus Untuk Menikah

Sebuah ungkapan mengatakan simpanlah uang di dalam bank. Cara ini menjadi langkah berikutnya bagi HappyFams yang ingin melaksanakan pernikahan dalam waktu cepat. Sebaiknya jangan menggabungkan dana pernikahan dengan rekening pribadi. Buatlah rekening tabungan khusus untuk acara pernikahan nanti.

Sebelum membuat rekening tabungan, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu bersama pasangan HappyFams terkait jumlah nominal yang akan ditabung setiap bulannya. Mengapa demikian? Bagaimanapun juga pihak yang akan menjalani pernikahan adalah HappyFams dan pasangan.

Selain itu, tujuan dari membuat rekening tabungan ini adalah menekan biaya pengeluaran yang tidak penting atau boros. Dengan begitu, HappyFams dan pasangan bisa terfokus kepada pengumpulan dana untuk biaya pernikahan.

3. Usahakan Untuk Menekan Pengeluaran

tips menabung cepat untuk menikah
Sumber: Yandex

Tips menabung cepat untuk menikah berikutnya yakni berusaha untuk menekan pengeluaran. Berusahlah untuk tidak mengeluarkan uang untuk membeli hal-hal yang tidak terlalu penting. Bedakan juga apakah hal yang akan dibeli tersebut merupakan suatu kebutuhan ataukah keinginan semata.

Dahulukan untuk membayar atau membeli barang yang bersifat wajib di setiap bulan seperti listrik, telepon, internet, asuransi, biaya makan, transportasi dan lainnya. Dengan melakukan penekanan pengeluaran, HappyFams bisa saja menghemat beberapa ratus ribu rupiah setiap bulannya. Mungkin saja jika dikumpulkan dalam kurun waktu 1 tahun HappyFams bisa membeli sepasang cincin pernikahan.

4. Buat Konsep Pernikahan Sesuai Budget

Membuat konsep pernikahan juga menjadi pertimbangan yang harus diperhatikan oleh HappyFams dan pasangan. Hal ini untuk memprediksi besarnya biaya yang akan dikeluarkan. Di Indonesia umumnya terdapat 2 konsep pernikahan yang sangat terkenal di masyarakat yakni konsep tradisional dan internasional. Masing-masing tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Pertimbangkan dengan baik-baik masalah ini bersama pasangan. Jika HappyFams menginginkan pernikahan yang mewah dan dengan mengundang banyak tamu, tentu saja budget yang harus dikumpulkan tidaklah sedikit. Untuk itu tidak ada salahnya meminta rekomendasi dari keluarga, teman, atau kerabat yang pernah menikah dengan konsep yang sama dengan HappyFams.

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Bisa dibilang cara ini merupakan tips menabung untuk menikah dengan gaji 2 juta jika HappyFams memiliki keinginan menikah dalam kurun waktu 1 tahun. Meskipun demikian mencari penghasilan tambahan tidaklah mudah. Setidaknya HappyFams harus mencari waktu luang yang tepat agar tidak mengganggu pekerjaan lain yang lebih penting.

Agar tidak membebankan salah satu pihak saja, sebaiknya mencari penghasilan tambahan ini dilakukan bersama dengan pasangan. Jika HappyFams mau berusaha mencari penghasilan tambahan sebenarnya hal ini tidaklah sulit. Ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan HappFams mulai dari berbisnis, pekerjaan sampingan, dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah adanya kemauan dan tekad dari, HappyFams.

6. Berkencan Tidak Perlu Pergi Ke Restoran Mewah, Cukup Di Rumah Saja

Tips menabung untuk menikah dalam 1 tahun yakni mengurangi frekuensi berkencan dengan pasangan misalnya dengan makan ke restoran mewah. Sebenarnya menyenangkan pasangan tidak perlu pergi ke tempat-tempat mahal dan berkelas. Menjadi romantis tidak sulit kok. Membuat makan malam bersama, menonton film favorit di rumah, atau sekedar duduk berdua dengan pasangan bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bahkan romantis.

Selain itu, untuk HappyFams yang sedang menabung harian untuk menikah, cara ini juga bisa dilakukan saat perayaan ulang tahun pasangan ataupun anniversary. Sebagai ganti biaya dekorasi pesta, uang tersebut dapat ditabung untuk keperluan pesta pernikahan nanti.

Mungkin terdengar membosankan, namun hal yang terpenting adalah tentang bagaimana meningkatkan hubungan HappyFams dan pasangan agar terus bertambah kuat hingga waktu pernikahan tiba.

7. Melakukan Investasi Dana Untuk Meningkatkan Nilai

tips menabung untuk menikah dalam 2 tahun
Sumber: xframe.io

Perayaan pesta pernikahan memang berlangsung dalam sehari, namun perjalanan rumah tangga baru saja dimulai. Ada baiknya untuk tidak menghabiskan seluruh tabungan hanya untuk pernikahan saja. Sisa dana yang ada bisa diinvestasikan ke dalam bentuk raksa dana, investasi emas, saham, dan lainnya.

Cara ini juga bisa menjadi tips menabung untuk menikah dalam 2 tahun yang akan datang. Misal di tahun ini HappyFams membeli emas dengan harga 5 juta rupiah. Dalam kurung waktu 1-2 tahun ke depan, kemungkinan besar harga emas akan mengalami kenaikkan dan tentu saja memberikan keuntungan bagi HappyFams.

Lain halnya jika HappyFams menyimpan uang di bank. Nilai uang akan terus berkurang oleh potongan biaya administrasi ataupun inflasi.

Itu tadi beberapa tips menabung untuk HappyFams yang ingin menikah dalam waktu 1 tahun. Jika HappyFams dan pasangan memiliki keinginan kuat serta saling mendukung, bukan tidak mungkin pernikahan impian bisa terwujud. Satu lagi yang tidak boleh terlupakan yakni berdoa agar segala urusan pernikah berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Tips Menabung Untuk Menikah Dalam 1 Tahun, Biar Cepat Ke Pelaminan"