7 Tips Menabung Harian Untuk Pelajar Sampai Ibu Rumah Tangga. Mudah!

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 24 Agustus 2021 08:25 WIB
Tips Menabung
Sumber: freepik

Dari dulu HappyFams pasti sudah mendengar kalimat "sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit". Betul kalimat tersebut sangat tepat untuk menggambarkan kegiatan menabung. Bahkan kebiasaan baik tersebut telah diajarkan kepada anak sejak usia dini.

Meskipun demikian ternyata masih banyak orang yang enggan atau kesulitan mengatur keuangannya terutama untuk disimpan sebagai tabungan. Jangan khawatir, kali ini Happinest.id akan memberikan beberapa tips menabung harian yang dapat dilakukan untuk pelajar dan ibu rumah tangga sekalipun.

Mau tahu caranya? Simak tipsnya di bawah ini!

7 Tips Menabung Harian Untuk Pelajar Sampai Ibu Rumah Tangga

BACA JUGA:

1. Tentukan Tujuan Menabung

Ada baiknya tentukan terlebih dahulu tujuan dari menabung. Misal untuk membeli barang kesukaan, berlibur dan lain sebagainya. Cara ini juga bisa menjadi tips menabung untuk pelajar terutama bagi yang ingin membeli sesuatu tanpa harus meminta uang kepada orang tua.

Bahkan untuk ibu rumah tangga sekalipun, menentukan tujuan dari menabung juga harus jelas. Ada banyak hal tidak terduga terjadi di dalam sebuah rumah tangga sehingga menabung merupakan pilihan yang tepat. Bisa juga belajar cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 Juta.

2. Budgeting atau Membuat Anggaran

tips menabung di rumah
Sumber: freepik

Membuat sebuah anggaran menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh sebuah rumah tangga bahkan pelajar sekalipun. Ternyata tidak sulit menentukan anggaran jika menggunakan metode budgeting 50-30-20. Artinya:

  • 50% dari total uang yang dimiliki dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pokok
  • 30% dari total uang yang dimiliki dapat digunakan untuk keinginan
  • 20% dari total uang yang dimiliki harus disimpan ke tabungan.

Meskipun pada suatu hari pendapatan dan pengeluaran mengalami kenaikan, tinggal sesuaikan lagi dengan metode budgeting ini. Cara ini sangat cocok dijadikan sebagai tips menabung ibu rumah tangga yang cukup mudah dilakukan.

3. Jangan Abaikan Uang Logam

tips menabung ibu rumah tangga
Sumber: freepik

Saat menerima uang kembalian setelah membeli sesuatu, tidak jarang selalu memperoleh uang dalam bentuk logam atau receh, mulai dari pecahan Rp 200, Rp 500, hingga Rp 1000. Meskipun nominalnya tidak besar, siapa sangka jika uang-uang logam tersebut terkumpul dalam jumlah banyak tentu menghasilkan nominal uang yang tidak sedikit.

Sebagai tips menabung di rumah agar berhasil yakni jangan menganggap remeh keberadaan uang logam. Mulailah dengan mengumpulkan uang-uang logam yang berasal dari kembalian belanja dan tempatkan pada celengan khusus. Jika kebiasaan ini terus dilakukan setiap hari, suatu saat HappyFams akan terkejut dengan hasil yang diperoleh nanti.

4. Selektif Dalam Membeli Barang

Memiliki uang yang banyak membuat siapapun menjadi gelap mata untuk berbelanja. Terkadang tanpa sadar membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu mendesak. Kebiasaan tersebut harus segera diubah jika ingin memiliki tabungan yang banyak.

Mulailah dengan selektif saat membeli barang. Apakah membutuhkannya atau hanya sekedar keinginan saja. Cara ini juga bisa menjadi tips menabung untuk menikah bagi yang sedang membutuhkan dana lebih untuk pernikahan nanti. Jangan tergiur dengan harga murah alih-alih barang yang dibutuhkan sebenarnya tidak terlalu penting. Begitupun untuk pasangan baru menikah, perlu memahami pengelolaan uang secara mendasar.

5. Tentukan Pengeluaran Maksimal Setiap Harinya

Bagi pelajar yang memperoleh uang saku setiap hari atau per minggu masih dapat menabung dengan menentukan sendiri maksimal pengeluaran setiap harinya. Hal ini untuk mencegah agar tidak boros serta dapat menabung uang yang tersisa dengan lebih baik.

Apabila target maksimal pengeluaran telah terpenuhi, jangan melakukan kegiatan membeli barang lagi yang dapat membuat pengeluaran semakin banyak. Tips menabung pelajar ini juga bisa diterapkan untuk pengeluaran rumah tangga sekalipun. Dengan begitu keuangan menjadi lebih tertata dan dapat menyimpang uang lebih baik.

6. Coba Mencari Diskon dan Promo Saat Berbelanja

Saat ini banyak minimarket atau supermarket yang memberikan penawaran berupa diskon atau promo pada barang-barang yang dijualnya. Hal ini sebagai salah satu bentuk marketing untuk menarik lebih banyak pembeli. Terkadang potongan diskon yang diberikan cukup besar. Jika ragu HappyFams bisa membandingkannya dengan produk serupa lainnya, apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas barang atau tidak.

Selain itu gunakan juga voucer belanja yang tersedia untuk memperoleh potongan harga tertentu. Bahkan saat ini banyak toko atau aplikasi berupa dompet digital yang menawarkan potongan harga untuk barang tertentu. Adanya diskon dan promo ini tentu lebih menghemat pengeluaran saat membeli barang, jadi tidak ada salahnya untuk sering mengecek diskon dan promo setiap harinya.

7. Bekerja Sambilan

tips menabung untuk beli rumah
Sumber: freepik

Jika memiliki waktu luang yang banyak, tidak ada salahnya untuk mencoba pekerjaan sambilan. Saat ini kerja sambilan dapat dilakukan di mana saja selama pekerjaan tersebut halal dan tidak melanggar hukum.

Di dunia digital ini banyak pekerjaan yang berhubungan dengan internet, seperti berjualan secara online, menjadi admin, penulis lepas dan lain sebagainya. Waktunya juga fleksibel dan penghasilan yang diperoleh cukup menjanjikan sehingga dapat menjadi tips menabung untuk membeli rumah bagi yang ingin segera memiliki tempat tinggal.

Bagi pelajar, sebaiknya pilih pekerjaan sambilan yang tidak mengganggu kegiatan sekolah dan sesuai dengan kemampuan. Tidak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu kepada orang tua agar mendapat arahan serta tidak terjebak terhadap penipuan. Karena untuk kerja remote dari rumah sekarang sudah ada aplikasi pendukungnya yang mempermudah HappyFams untuk bekerja dari rumah.

Demikian tadi beberapa tips menabung cepat harian yang bisa dilakukan oleh pelajar dan ibu rumah tangga. Tidak perlu terburu-buru, namun hal yang paling penting adalah niat dan konsisten untuk menabung. Selamat mencoba, HappyFams!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Tips Menabung Harian Untuk Pelajar Sampai Ibu Rumah Tangga. Mudah!"
related post
Yuk Pelajari 7 Cara Menghemat Uang Jajan Setiap Hari Untuk Remaja

Mengelola keuangan bukan lagi hal yang tabu untuk dibicarakan dengan buah hati, salah satunya adalah ... Lanjut Baca