7 Tips Interior Rumah Yang Ramah Banjir, Rumah Aman Hati Tenang

Waktu Baca: 5 menitRabu, 03 Februari 2021 06:20 WIB
Tips Interior Rumah Yang Ramah Banjir
Sumber: file.army

Musim penghujan sudah mulai kembali, bagi sebagian warga mungkin ada yang deg-degan karena tinggal di wilayah banjir. Meskipun bencana banjir tidak bisa diprediksi, bukan berarti Dads bisa pasrah begitu saja. Apalagi kalau Dads tinggal di kawasan yang menjadi langganan banjir setiap musim hujan. Sedini mungkin Dads harus mulai menemukan langkah antisipasi jika banjir terjadi. Paling tidak melakukan hal yang bisa meminimalisir kerusakan akibat banjir.

Salah satu hal yang dapat Dads lakukan agar kerusakan pada rumah tidak terlalu parah setelah banjir adalah memperhatikan interior rumah. Karena, pemilihan bahan untuk interior juga sangat mempengaruhi tingkat kerusakan jika terjadi banjir. Nah, berikut ini adalah 7 tips interior rumah yang ramah banjir yang bisa menjadi pertimbangan Dads.

1. Gunakan Perabotan Berbahan Plastik, Stainless, Dan Kayu Solid

Tips Rumah Tahan Banjir
Sumber: boopalinaandbebe.com

Pemilihan jenis bahan perabotan di dalam rumah adalah hal yang wajib Dads perhatikan apabila tinggal di kawasan langganan banjir. Pasalnya, setiap bahan furniture mempunyai tingkat ketahanan yang berbeda terhadap air. Beberapa diantaranya ada yang tetap awet meski sudah terendam banjir dan sebagian lagi justru bisa langsung rusak setelah terkena air.

Adapun jenis bahan perabotan yang sifat ketahanannya terhadap air cukup lemah adalah kain, busa, kayu, dan material lainnya yang mudah menyerap air. Terkecuali untuk kayu jati yang memiliki ketahanan terhadap air. Sementara material perabotan yang tahan banjir adalah yang terbuat dari bahan plastik dan stainless.

2. Letakkan Stop Kontak Minimal 1.5 Meter Dari Lantai

Desain Rumah Tahan Banjir
Sumber: res.tinkleo.com

Contoh desain rumah tahan banjir berikutnya adalah letak pemasangan stop kontak yang harus ditinggikan. Setidaknya stop kontak terletak pada ketinggian 1.5 meter dari permukaan lantai untuk mencegah stop kontak terendam air saat banjir terjadi. Perlu Dads ketahui bahwa salah satu masalah yang bisa timbul pada saat banjir adalah korslet arus listrik. Dan air termasuk salah satu media penghantar arus listrik lho, Dads. Memang, mengubah posisi stop kontak ini cukup sulit karena Dads harus melakukan sedikit renovasi yang tentunya juga membutuhkan biaya.

3. Pilih Furniture Yang Memiliki Celah Di Bawahnya ...

Halaman: 123

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Tips Interior Rumah Yang Ramah Banjir, Rumah Aman Hati Tenang"
related post
Perlukah Melakukan Perjanjian Pra Nikah Dengan Calon Suami Atau Istri?

Pernikahan adalah momentum sakral dalam perjalanan hidup percintaan antar sepasang kekasih yang saling mencintai. Di ... Lanjut Baca

Ini Lho Ujian Rumah Tangga 1 Tahun Pertama Dari Suami Sampai Mertua

Kehidupan dalam suatu pernikahan tidak selamanya indah. Dapat dikatakan hal tersulit yang dialami oleh setiap ... Lanjut Baca

4 Rahasia Rumah Tangga Yang Sederhana Supaya Bahagia Sampai Tua

Setiap orang pasti memiliki rahasia rumah tangga masing-masing untuk menjaga hubungan agar tetap harmonis dan ... Lanjut Baca