7 Prinsip Pembelajaran Paud Untuk Maksimalkan Usia Emas Anak

Waktu Baca: 4 menitRabu, 11 November 2020 11:20 WIB
prinsip pembelajaran paud
Sumber: unsplash

Setiap tingkat pendidikan memiliki prinsip-prinsip pembelajaran di dalamnya. Dimana prinsip ini nantinya bisa menjadikan suatu tujuan yang harus dicapai. Bahkan dalam pendidikan anak usia dini juga memiliki sebuah prinsip pembelajaran yang harus diterapkan. Karena masa anak usia dini adalah usia masa emas anak (golden age) dimana otak anak menyerap maksimal dari apa yg diajarkan kepadanya.

Saat ini HappiNest Indonesia, akan membahas dalam terkait dengan prinsip pembelajaran (PAUD) pendidikan anak usia dini, disimak ya Moms!

Prinsip Pembelajaran Paud

Mungkin bagi orang awam tidak begitu mengetahui bagaimana prinsip pembelajaran yang ada di dalam lembaga pendidikan paud. Nah sebenarnya prinsip ini sangat penting sekali agar seorang mentor atau guru bahkan orangtua bisa mendorong anak untuk mencapai tujuan dari prinsip pembelajaran tersebut. Berikut ini merupakan beberapa prinsip pembelajaran paud.

1. Bermain Sambil Belajar

Prinsip yang pertama adalah bermain sambil belajar, dimana memang usia anak yang telah memasuki lembaga pendidikan paud ini memang masih aktif untuk bermain. Dengan cara pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan ini maka anak akan lebih dilatih dalam keterampilan berbahasa, bisa digunakan untuk sarana peningkatan pengetahuan yang dimiliki, bisa juga digunakan sebagai media untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi dalam hidupnya, anak akan lebih bisa mengelola emosi yang dimilikinya, berlatih bersosialisasi, dan berbagai hal lainnya. Dengan metode pembelajaran ini diharapkan anak lebih memiliki semangat dalam belajar dan senang akan sistem pembelajaran tersebut.

2. Berorientasi Pada Kebutuhan Anak

kebutuhan anak paud
Sumber: unsplash

Pada dasarnya anak merupakan suatu pusat pembelajaran. Dengan melihat hal tersebut maka tujuan diadakannya suatu lembaga paud adalah untuk bisa membantu mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak tersebut. Dan tentunya proses pembelajarannya pun haruslah menyenangkan dan juga sesuai dengan cara berfikir yang dimiliki oleh anak pada usianya.

Pembelajarannya juga disesuaikan dengan kebutuhan pada usianya, dimana anak pada usia ini lebih membutuhkan aktif motorik dan sensorik.

3. Stimulus Terpadu

Setiap anak pastinya memiliki suatu aspek moral, sosial, emosional, fisik, kognitif, bahasa, dan seni. Selain itu kebutuhan yang dibutuhkan oleh anak juga mencakup kesehatan, kenyamanan, pengasuhan, gizi, pendidikan, dan perlindungan.

Dengan melihat orientasi tersebut maka lembaga paud adalah suatu lembaga yang tepat sekali menjadi media pembelajaran yang pertama kali dilakukan. Hal ini didasarkan pada kelengkapan pembelajaran yang dilakukan di dalam lembaga tersebut. Dan tentunya untuk bisa memenuhi hal tersebut lembaga paud juga bekerjasama dengan layanan gizi, kesehatan, dan juga pendidikan orang tua.

4. Berorientasi Pada Perkembangan Anak

Perlu diketahui bahwa setiap anak memiliki laju perkembangan yang berbeda-beda. Akan tetapi tahapan untuk mengembangakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh setiap anak memang sama. Maka dari itu tugas dari lembaga paud adalah memberikan suatu dorongan atau kegiatan yang bisa membantu perkembangan anak secara umum. Tentunya tahapan yang disesuaikan dengan perkembangan anak-anak tersebut.

5. Lingkungan yang Kondusif

Lingkungan merupakan salah satu media pembelajaran yang ada didunia ini. Maka dengan melihat hal tersebut suatu lembaga paud memiliki prinsip membangun lingkungan yang kondusif dimana lingkungan tersebut bisa membuat anak betah untuk melakukan segala kegiatan pembelajaran di dalam dan di luar rumah.

Tidak hanya di sekolah di rumahpun harus demikian, lingkungan yang baik dan mendukung sang anak belajar sekaligus untuk bermain.

6. Menggunakan Suatu Pendekatan Tematik

Pendekatan tematik disini bisa diartikan bahwa tema yang diajarkan haruslah sesuai dengan cara untuk mengenal dirinya dan juga lingkungan sekitarnya.

Sesuaikan lingkungan dengan tematik yang diharapkan orangtua. Misalnya tematik di bidang seni, olahraga, maupun yang lainnya.

7. Menggunakan Berbagai Media

Hal berikutnya adalah dengan menggunakan berbagai media sebagai salah satu sumber belajarnya. Sebagai contoh media pembelajaran yang bisa digunakan dari lingkungan sekitar adalah seperti daun, tanah, batu, tanaman. Media yang mendukung gerak dan aktivitas tubuhnya akan sangat baik dalam perkembangan motorik sang Anak.

Dengan pemahaman prinsip pembelajaran paud ini, diharapkan orangtua dapat lebih peka dan turut serta mendukung perkembangan buah hatinya. Maka anak bisa lebih mudah dan lebih didukung dalam pengembangan dirinya.

Selain itu Moms & Dads wajib perhatikan juga 5 langkah persiapan dana pendidikan anak dari dini untuk merencanakan pendidikan anak sampai besar nanti.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Prinsip Pembelajaran Paud Untuk Maksimalkan Usia Emas Anak"
related post
Pola Asuh Anak Dan Remaja Yang Mulai Nampak Perilaku Tidak Terbuka

Moms, memiliki buah hati yang masih sangat belia tentunya menjadi sebuah tugas istimewa ya, karena ... Lanjut Baca

Memahami Pola Asuh Anak Yang Digemari Ibu Muda Dan Disukai Anak

Sebagai orangtua, khususnya orangtua baru atau ibu muda terkadang sering kali merasa bingung bagaimana sebenarnya ... Lanjut Baca

Pola Asuh Otoriter Pada Anak Di Zaman Now Apakah Masih Perlu?

Pola asuh untuk anak zaman now memang harus ada penyesuaian, ada yang bilang bahwa anak ... Lanjut Baca