7 Persiapan Hari Pertama Kerja Untuk Fresh Graduate, Ngapain Aja Sih?

Waktu Baca: 5 menitJum'at, 06 Agustus 2021 09:30 WIB
Hari Pertama Kerja
Sumber: xframe.io

Bagi seorang yang baru saja lulus dari pendidikan atau fresh graduate, umumnya mencari pekerjaan merupakan tahapan yang biasa dilakukan. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang mau menerima pekerja meskipun tanpa pengalaman sama sekali. Jika HappyFams adalah salah satu orang yang beruntung memperoleh pekerjaan di perusahaan impian, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mengingat hari pertama sebagai karyawan baru haruslah memberikan kesan paling baik kepada para senior.

Pasti banyak pertanyaan yang muncul dibenak HappyFams seperti “hari pertama kerja ngapain aja?”. Datang tepat waktu dan berpakaian rapih memang suatu keharusan saat masuk semangat kerja di hari pertama. Namun ada juga persiapan lain yang harus HappyFams ketahui, apa sajakah tips-tips pertama kerja bagi fresh graduate? Langsung saja simak tipsnya di bawah ini!

Persiapan Hari Pertama Kerja Untuk Fresh Graduate, Ngapain Aja Sih?

BACA JUGA:

1. Tidur Cepat Dan Bangun Lebih Awal

Persiapkan fisik yang baik memang dibutuhkan untuk menghadapi hari pertama kerja. Tidur lebih cepat dan tidak larut malam menjadi kunci agar bangun lebih cepat keesokan harinya.

Seperti yang diketahui tidur larut dapat membuat seseorang bangun kesiangan sehingga resiko datang terlambat di hari pertama kerja sangat tinggi. Tidak hanya itu saja, jam tidur yang kurang membuat tubuh tidak segar sehingga terlihat tidak bersemangat saat masuk kerja di hari pertama. Usahakan untuk tidur sebelum jam 10 malam dan pasang alarm 30 menit lebih awal untuk berjaga-jaga apabila terjadi suatu hal yang tidak terduga.

2. Mempersiapkan Diri Jauh-Jauh Hari

Menjadi orang yang baru terjun ke dunia kerja, tentu ada banyak hal yang harus dilakukan salah satunya mempersiapkan pakaian kerja. Ada baiknya pilih pakaian kerja yang nyaman dan sesuai dengan kondisi lingkungan kerja. Pastikan juga jika pakaian yang dikenakan dapat meningkatkan kepercayaan diri, HappyFams.

Pilih warna pakaian yang tidak terlalu mencolok dan terkesan netral, seperti coklat, navy, atau abu-abu, serta hindari warna hitam atau putih agar tidak terlalu monoton. Membawa buku catatan dan pulpen juga penting untuk diperhatikan, terlebih ada banyak hal yang harus diketahui sebagai karyawan baru dan tak jarang butuh catatan untuk diingat.

Mempersiapkan hal-hal tersebut ada baiknya dilakukan jauh-jauh hari atau malam sebelum bekerja agar HappyFams tidak terburu-buru keesokan harinya.

3. Jangan Lupa Untuk Memperkenalkan Diri

persiapan hari pertama kerja
Sumber: xframe.io

Sebagai orang baru, wajib hukumnya untuk memperkenalkan diri kepada rekan kerjamu. Jika perlu perkenalkan diri juga kepada orang lain meskipun berbeda divisi atau kelompok kerja. Dengan begitu rekan kerja menjadi tahu serta menghindari kesan sombong pada hari pertama kerja.

Tidak ada salahnya menyebutkan hobi atau kegemaran saat perkenalan diri. Siapa tahu beberapa rekan kerja HappyFams mempunyai hobi yang sama dan dapat menciptakan hubungan pertemanan lain di luar pekerjaan nantinya.

4. Selalu Tersenyum

Persiapan hari pertama kerja harus diawali dengan kondisi hati yang baik. Jangan lupa untuk memberikan senyuman terbaik HappyFams saat memberikan salam kepada rekan kerja. Pada saat-saat tertentu jangan lupa untuk memberi sapa orang-orang yang berada di dekat, HappyFams.

Apabila suasana hari sedang sedih pada hari pertama kerja, usahakan jangan menunjukannya di hadapan rekan kerja. Latih diri untuk selalu bersikap ceria dan ramah, sebab ini merupakan langkah awal menjalin hubungan dengan sesama rekan kerja kedepannya.

5. Jangan Malu Untuk Bertanya

hari pertama kerja fresh graduate
Sumber: xframe.io

Hari pertama kerja fresh graduate memang tidaklah mudah. Sangat wajar jika HappyFams tidak mengetahui hal-hal mengenai dunia kerja, terutama bagi yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Sebagai anak baru tidak ada salahnya untuk bertanya kepada rekan kerja yang dianggap paling senior di tempat kerja, meskipun HappyFams cukup menguasai bidang pekerjaan dengan baik.

Menjadi pribadi yang aktif bertanya untuk memulai suatu percakapan memang baik, namun usahakan untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan pekerjaan saja jika tidak mau dicap sebagai “tukang kepo” oleh orang-orang. Dengan begitu hari pertama saat bekerja dapat berjalan dengan baik dan tentunya berkesan bagi rekan kerja lainnya.

6. Fokus Pada Pekerjaan

Jika pada saat hari pertama HappyFams memiliki masalah di luar pekerjaan, usahakan untuk selalu fokus pada tugas serta tanggung jawab yang diberikan oleh atasan. Jangan membawa masalah pribadi ke dalam lingkungan pekerjaan.

Apabila HappyFams mempunyai kebiasaan bermain sosial media, ada baiknya untuk mengabaikannya sejenak selama jam kerja. HappyFams dapat menggunakan waktu istirahat atau di luar jam kerja untuk mengurus masalah pribadi yang dimiliki. Dengan begitu HappyFams dapat tetap fokus dengan pekerjaan.

7. Tetap Semangat Di Hari Pertama Kerja

Tak jarang sebagai wanita bekerja beberapa perusahaan menerima karyawan baru sebelum atau setelah perayaan hari besar seperti Lebaran. Nah, sebagai "anak baru" usahakan untuk masuk 30 menit lebih awal dari jam operasional kerja. Manfaatkan waktu luang pada hari pertama kerja setelah lebaran dengan mempelajari dan cari tahu hal-hal yang belum dipahami dari perusahaan tempat HappyFams bekerja.

Hal yang mungkin bisa HappyFams lakukan pada hari pertama kerja yakni dengan merapikan meja atau ruangan kerja, membuka email, hingga membuat daftar pekerjaan yang perlu menjadi prioritas. Dan jangan lupa untuk memberikan ucapan Selamat Hari Raya kepada rekan kerja untuk menjalin silahturami.

Selain beberapa hal di atas, ada satu yang tidak boleh terlewatkan yakni doa hari pertama kerja. Dengan begitu diharapkan HappyFams mendapat kemudahan dan kelancaran selama bekerja pada hari pertama. Siap untuk memulai bekerja hari pertama, HappyFams?

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Persiapan Hari Pertama Kerja Untuk Fresh Graduate, Ngapain Aja Sih?"
related post
Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar, Dijamin Cepat Kerja

Bekerja di suatu perusahaan terkenal serta memperoleh gaji yang tinggi memang impian banyak orang. Namun ... Lanjut Baca

7 Tips Menabung Harian Untuk Pelajar Sampai Ibu Rumah Tangga. Mudah!

Dari dulu HappyFams pasti sudah mendengar kalimat "sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit". Betul kalimat tersebut sangat ... Lanjut Baca