7 Manfaat Memeluk Anak Setiap Hari, Kunci Mendidik Mental Anak Sehat

Waktu Baca: 4 menitSelasa, 12 Oktober 2021 10:31 WIB
manfaat memeluk anak
Sumber: bestlifeonline

Memeluk anak merupakan kesempatan yang bahagaia bagi semua orang tua. Ketika sang buah hati baru lahir atau masih balita, biasanya orang tua sering memeluk anak mereka. Meskipun demikian, ada juga orang tua yang kurang memberikan pelukan kepada si kecil.

Pada kenyataannya, menurut banyak penelitian memberikan pelukan hangat kepada anak akan mendatangkan sederet manfaat positif bagi mereka, lho. Sayangnya, tidak semua orang tua memiliki kesadaran akan kenyataan tersebut. Walaupun saat ini sudah ada peluk online juga masih tidak dapat menggantikan pelukan secara langsung.

Oleh karena itu, kali ini HappiNest akan berbagi apa saja dampak positif memeluk anak setiap hari kepada Moms and Dads. Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut penjelasan selengkapnya.

7 Manfaat Memeluk Anak Setiap Hari

Manfaat Memeluk Anak bagi Kesehatannya

BACA JUGA:

Pelukan adalah bentuk keintiman fisik dengan cara memegang atau menyentuh bagian badan orang lain erat-erat. Pelukan bisa HappyFams berikan kepada sang buah hati baik ketika masih anak-anak atau sudah dewasa. Berikut ini manfaatnya.

1. Menciptakan Rasa Aman

Memeluk anak merupakan sebuah bahasa tubuh yang dapat memberikan rasa aman serta nyaman bagi buah hati. Ada kalanya si kecil mengalami rasa takut, cemas, atau gelisah sehingga terdapat rasa tidak aman.

Namun bahasa tubuh berupa pelukan dari orang terdekat khususnya orang tua akan membuat mereka merasa aman. Dengan rasa aman tersebut, buah hati tercinta memiliki keberanian untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya.

2. Meningkatkan Kecerdasan Kognitif

Kebaikan memeluk anak selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kecerdasan kognitif anak. Hal tersebut merupakan temuan sebuah penelitian. Yakni anak yang diberi stimulasi berupa pelukan 20 menit lebih banyak cenderung menunjukkan tumbuh kembang lebih baik.

Sedangkan apabila Moms and Dads tidak memberikan stimulasi sentuhan fisik tersebut, maka ada kemungkinan buah hati mengalami perkembangan kognitif yang kurang baik. Tentunya stimulasi yang diberikan adalah penuh kasih sayang dan kelembutan. Yang mana untuk meningkatkan kecerdasan anak juga dapat dipersiapkan sejak dalam kandungan ibunya.

3. Anak Lebih Bahagia

manfaat memeluk anak
Sumber: yandex

Ingin membuat buah hati Moms and Dads selalu bahagia hingga masa dewasanya? Biasakan memeluk anak mulai sekarang. Stimulasi berupa pelukan penuh kasih sayang dapat memicu pelepasan hormon oksitosin (hormon cinta).

Dampak dari pelepasan hormon oksitosin adalah si kecil menjadi lebih bahagia dan ceria. Moms and Dads juga akan merasakan kebahagiaan yang sama. Sentuhan dengan buah hati tersayang mampu meredakan rasa lelah dan stress.

4. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Salah satu cara efektif untuk menumbuhkan rasa percaya diri adalah dengan cara ayah memeluk anak perempuannya maupun anak laki-lakinya. Sentuhan erat dengan penuh kasih sayang merupakan bahasa cinta orang tua kepada anaknya.

Dengan bahasa cinta secara tulus, buah hati HappyFams akan merasa bahwa mereka dicintai, disayangi, dan dikasihi. Hal tersebut akan membuat mereka lebih percaya diri dalam melakukan berbagai hal maupun menghadapi situasi apa saja.

5. Meningkatkan Resiliensi

Resiliensi adalah ketahanan psikologis atau kemampuan emosional dan mental seseorang ketika menghadapi suatu krisis sehingga dapat segera kembali ke kondisi stabilnya. Dengan memeluk anak, resiliensi mereka akan meningkat.

Sentuhan fisik tersebut mengandung ikatan emosional yang dapat membuah buah hati lebih tenang. Pelukan menumbuhkan kemampuan untuk mengelola emosinya sejak dini. Dengan begitu, ia akan menjadi pribadi yang resilien ketika dewasa.

6. Meningkatkan Hubungan Emosional

Memeluk anak perempuan dan laki-laki juga dapat membuat hubungan atau ikatan emosional Moms and Dads dengan si kecil semakin kuat. Sering memberikan pelukan hangat dapat membangun rasa percaya anak terhadap orang tua melalui kecerdasan emosional anak.

Adanya rasa percaya dari buah hati kepada Moms and Dads membuat mereka memiliki sikap terbuka. Lain halnya jika buah hati tidak memiliki rasa percaya, maka hubungan emosional tidak dapat terjalin secara kuat.

7. Meningkatkan Imunitas Buah Hati

Memberikan pelukan setiap hari kepada buah hati bukan hanya meningkatkan kesehatan mental mereka. Lebih dari itu, stimulus berupa sentuhan ini juga dapat membuat si kecil lebih sehat berkat imunitas yang lebih baik.

Ketika masih kecil, ketahanan tubuh anak biasanya masih belum terbentuk kuat. Nah, salah satu cara terbaik untuk melindungi buah hati dari penyakit seperti flu atau demam yaitu sering memeluknya.

Peningkatan kadar hormon oksitosin yang dilepaskan ketika seseorang mendapat pelukan juga berpengaruh terhadap imunitas tubuh. Semakin tinggi hormon oksitosin, maka buah hati tidak mudah jatuh sakit karena kekebalan tubuhnya kuat.

Setelah mempelajari artikel ini, ada baiknya Moms and Dads lebih sering memberikan pelukan kepada buah hati tercinta. Selain untuk membentuk mental dan emosional yang lebih sehat, memeluk anak juga baik bagi tumbuh kembang secara fisik.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Manfaat Memeluk Anak Setiap Hari, Kunci Mendidik Mental Anak Sehat"
related post
Menjaga Pola Hidup Sehat Dan Bersih Anak Terlepas Dari Penyakit

Sebagai orang tua yang peduli terhadap pola hidup sehat, maka perlu pula untuk menerapkan pola ... Lanjut Baca

Hubungan Toxic Itu Gimana Sih & Bagaimana Cara Melepas Hubungan Toxic?

Hubungan toxic menjadi hubungan yang tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental pasangan. Bila HappyFams ... Lanjut Baca