7 Manfaat Berpelukan Dengan Anak, Penting Untuk Tumbuh Kembangnya Lho!

Waktu Baca: 5 menitSabtu, 14 September 2019 11:00 WIB
7 Manfaat Berpelukan Dengan Anak, Penting Untuk Tumbuh Kembangnya Lho Cover
Sumber: Yandex.com

Tahukah HappyFams kalau sesuatu yang besar biasanya berawal dari hal sederhana? Contoh kecilnya adalah mengisi waktu dengan memeluk buah hati. Meski terkesan sederhana dan simpel, tetapi sebenarnya hal ini mempunyai peran besar terhadap tumbuh kembang anak lho. Apalagi untuk berbagai hal yang berkaitan dengan aspek psikologis si kecil.

Sikap serta emosi anak yang tidak terkontrol, seringkali sebenarnya merupakan akibat dari kelalaian orang tua dalam memperhatikan mereka, lho! Lantas, apa saja manfaat berpelukan dengan anak yang bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya? Tidak perlu menunggu lama HappyFams, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Membuat Anak Merasa Lebih Dicintai

manfaat berpelukan dengan anak merasa lebih dicintai
Sumber: Yandex.com

Manfaat quality time dengan anak satu ini sudah tidak dapat diragukan lagi lho, HappyFams. Sering memeluk anak akan membuatnya merasa lebih dicintai, diperhatikan, dan dihargai oleh orang tuanya. Dengan begitu, secara perlahan akan timbul di dalam benaknya sebuah keyakinan bahwa orang tua benar-benar mencintainya dengan sepenuh hati.

Perasaan seperti itu juga akan membuat anak lebih mudah untuk memercayai orang tua. Anak akan lebih mudah untuk mengungkapkan kegiatan yang ia lakukan selama seharian, seperti apa perasaannya, dan berbagai hal lainnya, HappyFams. Hal ini juga berdampak bagus untuk perkembangan buah hati dalam membentuk kepercayaan dalam dirinya.

2. Hubungan Antara Anak Dengan Orang Tua Lebih Dekat

Manfaat Berpelukan Dengan Anak Menguatkan Hubungan
Sumber: Yandex.com

Pernah tidak sih HappyFams merasa kalau buah hati cenderung tertutup dan enggan untuk bercerita? Bisa saja ini adalah akibat dari anak yang merasa kurang diperhatikan dan dimengerti oleh orang tuanya, lho. Anak menjadi malas untuk bercerita kesehariannya. Coba deh ingat-ingat kapan terakhir kali HappyFams menunjukkan perhatian dan kasih sayang kepada anak.

Oleh sebab itu cobalah untuk meluangkan waktu bersama si kecil. Tidak harus aktivitas yang berat dan sulit, HappyFams. Beberapa contoh aktifitas quality time dengan anak sederhana yaitu dengan membacakan buku cerita atau dongeng sebelum tidur, bermain bersama anak, dan jangan lupa sering-sering memberikan pelukan hangat untuk si kecil!

3. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Manfaat Berpelukan Dengan Anak Meningkatkan Kecerdasan
Sumber: Yandex.com

HappyFams mungkin bertanya mengapa berpelukan dengan buah hati dapat meningkatkan kecerdasan anak? Salah satu manfaat kedekatan orang tua dengan anak ini tercipta melalui sentuhan fisik yang diberikan, sehingga pengaruhnya juga berdampak pada otak. Anak yang sering mendapat pelukan dari orang tuanya akan memiliki otak yang berkembang lebih cepat.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa sentuhan yang diberikan kepada anak melalui pelukan misalnya, dapat memberikan stimulasi yang bersifat positif terhadap perkembangan otak buah hati. Bukan dalam artian IQ yang meningkat, tetapi otak dapat bekerja lebih maksimal. Wah semakin menjelaskan pentingnya quality time dengan anak ya, HappyFams!

4. Mengoptimalkan Potensi Dan Bakat Anak

Manfaat Berpelukan Dengan Anak Mengembangkan Potensi dan Bakat
Sumber: Yandex.com

Tahukah HappyFams bahwa tidak semua orang tua mengetahui secara pasti bakat dari buah hatinya? Padahal bakat sebenarnya merupakan salah satu hal penting yang perlu dikelola dengan baik dalam tumbuh kembang anak. Tetapi tenang saja, HappyFams! Ada cara sederhana untuk mengetahui potensi anak yaitu dengan menunjukkan kasih sayang kepada mereka.

Melalui buku The Miracle of Hug yang ditulis oleh Melly Puspita Sari, S.Psi, seorang psikolog menyebutkan bahwa orang tua perlu memberi pelukan kepada anak sekurang-kurangnya 8 kali dalam sehari. Hal ini dipercaya dapat memberikan energi positif kepada buah hati. Energi positif akan mendorong aktivitas dan potensi yang dimiliki untuk berkembang lebih optimal.

5. Menciptakan Rasa Aman Dalam Diri Anak

Manfaat Berpelukan Dengan Anak Memberikan Rasa Aman
Sumber: Yandex.com

Percaya deh HappyFams kalau sering memeluk buah hati maka rasa aman akan tercipta dalam dirinya. Agar lebih maksimal, HappyFams dapat mencoba beberapa ide quality time bersama anak seperti bermain bersama, jalan-jalan, makan di luar, bahkan membereskan rumah bersama juga bisa menjadi ajang mendekatkan diri dengan anak lho!

6. Anak Menjadi Pribadi Yang Penyayang

Manfaat Berpelukan Dengan Anak Menjadikan Anak Pribadi Penyayang
Sumber: Yandex.com

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar orang memiliki kecenderungan memperlakukan orang lain dengan cara sama seperti ia diperlakukan. Dengan memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak, maka anak akan terbiasa untuk berperilaku lemah lembut dan penuh kasih kepada lingkungannya. Hal itu akan tergambar dalam perilaku sehari-harinya.

Di samping itu, HappyFams juga dapat menerapkan nilai-nilai manfaat ke dalam diri anak yang berkaitan dengan rasa sayang. Misalnya saling menghargai antar sesama manusia, rajin bersedekah, menghormati yang lebih tua dan menyangi yang lebih muda, serta masih banyak lagi. Poin ini juga berkaitan dengan membuat anak merasa lebih dicintai dan disayangi oleh orang tuanya, HappyFams.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat Berpelukan Dengan Anak Meningkatkan Imunitas
Sumber: Yandex.com

Salah satu manfaat dari akitivitas quality time dengan buah hati yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas anak. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Alasannya adalah kegiatan memeluk anak ternyata dapat memicu terjadinya pelepasan oksitosin atau dalam bahasa sederhananya dikenal sebagai hormon cinta, HappyFams!

Hormon oksitosin atau hormon cinta diketahui mempunyai peran dan efek yang begitu besar untuk anak. Jika kadar hormon ini naik, maka sistem kekebalan tubuh anak menjadi lebih kuat dan sistem saraf anak akan menjadi lebih seimbang juga lho, HappyFams. Tentunya, perasaan bahagia karena merasa dicintai juga mendukung kesehatan anak.

Itulah 7 manfaat berpelukan dengan anak yang wajib HappyFams tahu dan coba untuk terapkan di rumah. Sebuah hal sederhana namun memiliki dampak yang besar, bukan? Bagaimana nih dengan pengalaman HappyFams dalam mendekatkan diri dengan anak? Yuk share!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Manfaat Berpelukan Dengan Anak, Penting Untuk Tumbuh Kembangnya Lho!"
related post
9 Tips Cara Menghentikan Bayi Menangis Yang Efektif, Dijamin Bisa!

Menghentikan bayi menangis memang gampang-gampang susah, terlebih lagi untuk Moms yang baru saja memiliki momongan. ... Lanjut Baca

Membantu Orang Tua Merupakan Contoh Kebiasaan Anak Hebat Indonesia

Membantu orang tua adalah salah satu kewajiban bagi anak yang dapat bermanfaat terhadap tumbuh kembangnya ... Lanjut Baca

Bagaimana Cara Menghadapi Orang Tua Toxic Yang Selalu Marah?

Orang tua toxic menjadi hal yang paling dihindari anak di dalam sebuah keluarga. Hubungan yang ... Lanjut Baca