7 Manfaat Ayah Bermain Dengan Anak, Dads Wajib Tahu!

Waktu Baca: 5 menitSenin, 09 September 2019 11:00 WIB
Manfaat Ayah Bermain Dengan Anak
Sumber: Yandex.com

Masa kanak-kanak adalah yang paling menyenangkan. Pada usia inilah juga masa penting untuk membentuk karakter buah hati dimulai. Oleh sebab itu, sangat penting buat Dads untuk terus memantau tumbuh kembang anak tanpa harus mengganggu kesenangan mereka. Cara paling mudah yang dapat Dads terapkan yaitu ikut bermain dengan buah hati. Mungkin terkesan biasa saja, namun manfaat yang dapat diperoleh cukup besar lho, Dads. Ingin tahu apa saja manfaat ayah bermain dengan anak? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Manfaat Ayah Bermain Dengan Anak Meningkatkan Kecerdasan
Sumber: Yandex.com

Tahukah Dads kalau bermain dengan anak dapat membantu untuk meningkatkan kecerdasan buah hati? Tak hanya untuk refreshing, namun bermain juga bisa menjadi metode pendidikan anak. Anak yang dekat dengan orang tuanya akan memiliki tingkat IQ yang lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak dekat dengan orang tuanya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Alasannya sederhana saja, Dads. Sering bermain dengan anak akan membuat buah hati merasa mendapatkan kasih sayang dari orang tua. Rasa kasih sayang tersebut akan memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi anak, sehingga anak dapat lebih fokus dalam belajar. Motivasi belajar inilah yang akan membantu dalam meningkatkan kecerdasan si kecil.

2. Melatih Pengelolaan Emosi Agar Lebih Stabil

Manfaat Ayah Bermain Dengan Anak Mengelola Emosi
Sumber: Yandex.com

Manfaat orang tua bermain dengan anak selanjutnya adalah melatih pengelolaan emosi buah hati agar lebih stabil. Anak tentunya memiliki keinginan untuk bermain dengan orang tuanya. Apabila hal tersebut tidak terpenuhi, maka anak mungkin saja merasa terabaikan di dalam keluarga. Seperti misalnya saat Dads berada di rumah, namun asyik dengan aktivitas sendiri.

Perasaan terabaikan yang dirasakan oleh buah hati akan mendorongnya untuk melakukan sesuatu yang dapat menarik perhatian Dads. Sebut saja menangis, merusak perabotan, membangkang, atau mengganggu saudaranya. Kalau dibiarkan begitu saja, secara perlahan hal tersebut akan mempengaruhi kondisi emosi anak sampai ia besar nanti lho, Dads.

3. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Manfaat Ayah Bermain Dengan Anak Menumbuhkan Kepercayaan Diri
Sumber: Yandex.com

Kepercayaan diri anak juga dapat dipengaruhi oleh kehadiran Dads saat bermain dengan mereka. Apalagi ketika bermain di tempat yang ramai seperti taman bermain, mall, atau pantai. Biasanya anak yang memiliki rasa kurang percaya diri enggan untuk bermain di tempat seperti itu, tetapi kalau Dads ikut menemaninya pasti mereka akan merasa nyaman.

Rasa nyaman tersebut akan mendorong bibit kepercayaan diri dalam anak untuk terus berkembang. Sehingga suatu saat akan ada masa ia sudah berani untuk berada di tempat ramai meski tanpa didampingi oleh Dads lagi. Pengaruh menghabiskan waktu bersama ayah ini juga dapat membentuk karakter pribadi anak hingga dewasa lho, Dads.

4. Membantu Anak Mengembangkan Bakatnya

Manfaat Ayah Bermain Dengan Anak Mengembangkan Bakat
Sumber: Yandex.com

Tidak semua orang tua tahu apa bakat yang dimiliki anak lho, Dads! Penyebab utamanya adalah waktu yang dihabiskan orang tua bersama anak yang biasanya sangat kurang. Salah satu manfaat bermain dengan anak adalah membantu anak untuk mengembangkan bakatnya. Ternyata, bakat seorang anak tidak dapat diketahui hanya dengan melihat kesehariannya.

Dads perlu untuk benar-benar terlibat dengan aktivitas anak, dengan begitu baru Dads bisa memastikan apa sebenarnya bakat dari si kecil. Caranya mudah saja, cukup bermain dengannya dan Dads bisa mengamati hal apa yang paling disenangi dan mudah dilakukan olehnya. Hal ini merupakan salah bentuk pendidikan anak dengan orangtua yang mudah untuk dilakukan.

5. Mempererat Ikatan Emosial Antara Orang Tua dan Anak

mempererat ikatan emosionalSumber: Yandex.com

Manfaat satu ini sudah tidak diragukan lagi, Dads. Anak yang sering bermain dengan orang tuanya pasti mempunyai ikatan emosional yang begitu kuat. Anak juga akan merasa bahwa orang tuanya selalu mendukung setiap langkah yang diambilnya, sehingga ia merasa nyaman dalam keluarga. Hal ini juga akan mempengaruhi hubungan sosial anak dengan lingkungan.

6. Hubungan dengan Lawan Jenis Terkontrol Baik

mengontrol hubungan dengan lawan jenis
Sumber: Yandex.com

Salah satu manfaat paling besar dari ayah dekat anak, terutama anak perempuan, adalah mengontrol hubungan dengan lawan jenis. Banyak anak perempuan yang terjerembab dalam pergaulan bebas dan anak laki-laki yang berakhir menjadi pengguna obat-obatan terlarang karena hubungan dengan ayahnya kurang baik, Dads. Sebagai seorang ayah, tentunya pendidikan anak usia dini dapat diberikan untuk menjamin masa depan yang baik.

Anak perempuan yang dekat dengan ayahnya akan merasa telah memperoleh kasih sayang yang berlimpah, sehingga tidak lagi membutuhkannya melalui hubungan dengan lawan jenis ataupun melalui hal lain yang dapat memenuhi kebutuhan kasih sayangnya. Begitupun dengan anak laki-laki yang dekat dengan ayahnya, mereka cenderung lebih memiliki kemampuan untuk menghadapi lawan jenis. Tentunya hal tersebut hasil belajar dari sang ayah, Dads.

7. Mengurangi Stres Pada Anak dan Orang Tua

mengurangi stres anak dan orang tua
Sumber: Yandex.com

Bermain dengan buah hati tentu akan memberikan perasaan damai dan kesenangan tersendiri bagi Dads. Rasa bahagia tersebut terlampiaskan dengan tertawa saat bercanda. Hal yang sama juga berlaku terhadap anak lho, Dads. Perasaan bahagia yang muncul dari kebersamaan tersebut dipercaya dapat mengurangi rasa stres, baik pada orang tua maupun anak.

Nah itulah 7 manfaat ayah bermain dengan anak yang wajib untuk Dads ketahui. Untuk alternatif, Dads juga bisa mengajak anak bermain di dalam ruangan dengan mencoba mainan anak kreatif lho! Kalau Dads memiliki pengalaman yang ingin dibagikan, pertanyaan, ataupun kritik, jangan lupa untuk meninggalkannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Manfaat Ayah Bermain Dengan Anak, Dads Wajib Tahu!"
related post
Cara Menghadapi Istri Suka Ngambekan Berhari-hari Menurut Islam

Dalam berumah tangga tentu wajar apabila terjadi perselisihan hingga menyebabkan istri ngambek. Ada banyak penyebab ... Lanjut Baca

Begini Lho Curhatan Anak Pertama, Anak Rantau Sampai Anak Broken Home

Curhatan anak menjadi salah satu hal yang sebaiknya mendapat perhatian khusus dari para orang tua. ... Lanjut Baca