7 Mainan Bayi Baru Lahir Ini Cocok Untuk Kado Lho, Moms!

Kamis, 12 September 2019 11:00 WIB
Mainan Bayi Baru Lahir
Sumber: Yandex.com

Happinest.id - Memilih kado untuk bayi memang tidak mudah ya, Moms. Apalagi kalau ingin yang bermanfaat untuk si bayi, maka diperlukan pemikiran yang cukup dalam. Sayangnya, alih-alih berpikir lebih dalam mengenai manfaat kado yang diberikan, sebagian orang justru mengambil alternatif simpel. Misalnya, hanya memberikan pakaian dan peralatan bayi.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa Moms hadiahkan kepada bayi lho. Salah satunya adalah mainan untuk bayi. Tetapi karena kondisi bayi baru lahir masih agak rentan, cobalah untuk teliti dalam memilihkan mainan. Hal ini penting untuk memastikan keamanan bayi saat bermain. Berikut adalah 7 mainan bayi baru lahir yang cocok untuk Moms jadikan kado.

1. Activity Mats

Mainan Bayi Baru Lahir Activity Mats
Sumber: Yandex.com

Activity Mats atau juga biasa disebut sebagai Mat merupakan alas tidur bayi yang memiliki berbagai jenis gantungan mainan di atasnya. Memberikan alas tidur serta mainan ini untuk bayi yang baru lahir dapat membantu untuk merangsang saraf penglihatannya. Bayi akan belajar untuk mengenal berbagai warna dari mainan yang dilihatnya.

2. Buku Khusus Bayi

Mainan Bayi Baru Lahir Buku Khusus
Sumber: Yandex.com

Siapa bilang buku hanya untuk anak yang sudah mulai belajar membaca, Moms? Bahkan sejak usia sangat dini, bayi sudah boleh untuk diberikan buku lho. Meski memang belum bisa membaca dan belum mengerti apa yang diberikan, setidaknya pada usia sekitar 5 bulan ke atas bayi sudah mulai penasaran dengan benda-benda yang dilihatnya.

Buku sebagai mainan edukatif bayi 6-12 bulan juga harus diperhatikan lebih teliti. Sebaiknya Moms memilih buku khusus untuk bayi yang berbahan dasar kain serta mempunyai tekstur yang beragam di dalam setiap halamannya. Hal tersebut akan merangsang sensorik bayi. Moms juga dapat membacakan cerita dari buku tersebut sebagai pengantar tidur untuk bayi.

3. Mainan Sensorik

mainan bayi baru lahir sensorik
Sumber: Yandex.com

Kado berupa mainan sensorik juga sangat bermanfaat jika diberikan kepada bayi, Moms. Sesuai dengan namanya mainan jenis ini berfungsi untuk merangsang saraf sensorik anak. Ketika sudah cukup besar hal ini akan merangsang sisi kognitif dari bayi. Melatih sensorik anak sejak dini sangat penting untuk tumbuh kembangnya di kemudian hari. 

Salah satu contoh mainan sensorik adalah buku khusus bayi dan berbagai jenis mainan yang bertekstur lembut dan kenyal. Mainan dengan tekstur seperti ini sangat mudah untuk ditekan atau dipegang oleh bayi, sehingga berfungsi sebagai pemberi rangsang untuk sensorik bayi. Mainan ini masih bisa digunakan sebagai mainan edukatif bayi usia 7 bulan.

4. Cermin

mainan bayi baru lahir cermin
Sumber: Yandex.com

Moms mungkin bertanya-tanya mengapa cermin dapat menjadi mainan yang bermanfaat untuk bayi. Sekilas memang terlihat kurang cocok digunakan bayi, karena ada kemungkinan dapat memicu cedera. Tetapi sebenarnya cermin memiliki nilai manfaat untuk bayi lho, Moms.

Cermin termasuk ke dalam satu dari sekian jenis mainan bayi 5 bulan. Pasalnya seperti yang diketahui, pada rentang usia antara 3 sampai 5 bulan, fungsi mata bayi sudah lebih baik karena sudah memiliki kemampuan untuk melihat warna pada jarak pandang yang cukup jauh. 

Pada kisaran usia itu pula bayi sudah mulai menggapai-gapai benda yang cukup jauh darinya. Bahkan beberapa bayi sangat senang melihat refleksi dirinya di dalam cermin. Oleh sebab itu, mainan yang memiliki cermin dapat memberi manfaat untuk fungsi mata bayi.

5. Mainan Yang Gemerincing

Mainan Bayi Baru Lahir Mainan Gemerincing
Sumber: Yandex.com

Usia bayi memang menjadi masa untuk tertarik kepada berbagai hal. Mulai dari benda-benda yang dilihat sampai bunyi-bunyian yang tertangkap oleh telinga. Benda yang memiliki banyak warna dan mengeluarkan suara disukai oleh bayi. Maka dari itu, Moms dapat menjadikan hal ini sebagai langkah awal untuk memilihkan kado yang memiliki banyak manfaat untuk bayi.

Khusus untuk melatih pendengaran, berikan saja kado berupa mainan yang bergemerincing. Biasanya bayi cepat tertarik dan memberi perhatian terhadap benda yang mengeluarkan berbagai jenis bunyi-bunyian. Ada cukup banyak mainan gemerincing yang bisa Moms hadiahkan mulai dari boneka berkalung sampai dengan sepatu bayi yang memiliki lonceng.

6. Soft Toys 

Mainan Bayi Baru Lahir Soft Toys
Sumber: Yandex.com

Tahukah Moms kalau boneka Jerapah Sophie sudah sangat terkenal sejak 40 tahun lalu di Perancis? Produksinya nyaris menyamai tingkat kelahiran bayi di negara tersebut. Hal tersebut dikarenakan boneka Sophie dijadikan stimulus bayi baru lahir pada kisaran usia 4 bulan.

Pada usia tersebut bayi sudah mulai penasaran dengan benda-benda di sekitarnya, sehingga senang sekali menggigit apapun yang menarik perhatiannya. Dalam hal ini soft toys sangat cocok untuk diberikan pada bayi, karena tidak berbahaya jika tiba-tiba ia menggigit mainannya.

Meskipun begitu Moms harus memastikan bahwa soft toys yang dipilih terbuat dari bahan yang aman serta memiliki tekstur lunak. Selain itu Moms juga jangan lupa untuk memperhatikan ukuran mainan, sebaiknya pilihlah mainan yang mudah untuk digenggam dan tidak berat.

7. Kotak Musik

Mainan Bayi Baru Lahir Kotak Musik
Sumber: Yandex.com

Hampir sama dengan mainan yang gemerincing, kotak musik juga memiliki fungsi yang baik untuk pendengaran bayi, Moms. Terlebih apabila kotak musik diisi dengan musik yang lembut. Meskipun begitu efek dari kotak musik biasanya lebih kepada upaya untuk menenangkan bayi, tetapi tetap mempertahankan fungsi untuk merangsang pendengaran bayi.

Moms dapat memilih kotak musik dengan nada yang dapat difungsikan sebagai pengantar tidur untuk bayi. Jadi ketika mendengar suara kotak musik tersebut, bayi perlahan dapat merasa tenang sampai akhirnya terlelap. Hal ini tentunya membantu orang tua dalam menidurkan buah hati. Dalam memilih kado jangan lupa perhatikan tips berbelanja perlengkapan bayi ya Moms! 

Itulah 7 mainan bayi sesuai usia yang dapat Moms berikan sebagai kado untuk bayi baru lahir. Selain berfungsi sebagai kado, ketujuh mainan tersebut juga bermanfaat untuk perkembangan bayi lho, Moms. Bagaimana pengalaman Moms terkait kado bayi baru lahir? Jangan ragu untuk meninggalkannya pada kolom komentar berikut ya, Moms. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Mainan Bayi Baru Lahir Ini Cocok Untuk Kado Lho, Moms!"