7 Kriteria Rumah Sehat Untuk Keluarga. Sudahkah Dads Penuhi?

Waktu Baca: 5 menitSabtu, 03 Agustus 2019 11:00 WIB
Kriteria Rumah Sehat Untuk Keluarga
Sumber: Yandex.com

Siapapun pasti akan mendambakan rumah sehat layak huni yang bisa memberikan kenyamanan di dalamnya. Apalagi rumah tidak hanya sekedar tempat untuk berlindung dan bernaung saja, melainkan juga tempat pulang untuk berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga. Oleh karena itu, sudah sepantasnya rumah berada dalam kondisi yang sehat agar kesehatan penghuninya juga terjamin.

Dads mungkin juga bertanya-tanya seperti apakah rumah yang sehat bagi keluarga? Apakah cukup hanya sekedar bersih saja? Nah, agar Dads bisa menghadirkan rumah idaman keluarga yang masuk dalam kriteria rumah sehat menurut psikologi, Dads bisa simak beberapa pembahasan mengenai rumah sehat yang aman dan nyaman berikut ini! Simak ya, Dads.

1. Memenuhi Kebutuhan Fisik Hunian

Kriteria Rumah Sehat Untuk Keluarga Memenuhi Kebutuhan Fisik Hunian
Sumber: Trendir.com

Terkait keadaan fisik rumah, hal ini berhubungan dengan luas yang dimiliki. Apakah sebuah rumah dikatakan sehat jika luasnya tidak sebanding dengan jumlah penghuni? Tentu tidak ya, Dads. Selain itu rumah juga harus diatur sedemikian rupa agar bisa melindungi penghuninya dari ancaman cuaca ekstrim di luar rumah. Tidak kepanasaan saat cuaca terik dan tidak kedinginan saat badai datang.

Pencahayaan dalam rumah serta sirkulasi udara juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan, Dads. Rumah sehat layak huni harus mempunyai pengelolaan antara pencahayaan alami dan pencahayaan buatan yang baik, serta memiliki ventilasi agar udara segar dapat leluasa masuk ke dalam rumah. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi lingkungan yang sebaiknya jauh dari suara bising yang mengganggu.

2. Memenuhi Kebutuhan Psikologis

Kriteria Rumah Sehat Untuk Keluarga Memenuhi Kebutuhan Psikologis
Sumber: Myastrojax.com

Kebutuhan dasar psikologis suatu hunian berkaitan dengan bagaimana cara untuk menata dan mengelola ruangannya, Dads. Salah satu kriteria terkait kebutuhan psikologis, yaitu tersedianya kamar yang cukup untuk memberi privasi setiap penghuni. Artinya, anak-anak yang sudah dewasa sebaiknya memiliki kamar tidur sendiri. Selain itu, kamar dan wc juga harus berada di dalam rumah. Coba bayangkan kalau tengah malam ingin buang air dan harus keluar, pasti tidak nyaman bagi anggota keluarga yang lain kan, Dads?

Penataan perabotan seperti lemari, meja, dan sofa juga perlu diperhatikan dengan baik. Kalau semuanya tertata dengan apik, perasaannya juga akan damai dan tenang. Kalau perlu buatlah taman atau tata tumbuhan hias di dalam rumah dengan baik. Nah beberapa orang juga menyarankan agar rumah yang dibangun berada di antara tetangga dengan ekonomi yang setara. Hal ini bertujuan untuk menghindari rasa iri hati yang kerap timbul.

3. Kondisi Dan Lingkungannya Bersih

Kriteria Rumah Sehat Untuk Keluarga Kondisi Dan Lingkungannya Bersih
Sumber: Tokopedc.blogspot.com

Ketika Dads berencana membangun rumah, usahakan lokasinya berada di lingkungan yang bersih. Misalnya, tidak membangun dekat dari pinggir jalan, karena dapat menyebabkan rumah mudah terkontaminasi dari debu yang bertebaran. Apalagi kalau dekat dengan tempat pembakaran dan pembuangan sampah. Pasti tidak terasa nyaman, kan?

Meski begitu, terkadang beberapa hal dan kondisi menyebabkan kita tidak memiliki banyak pilihan ya, Dads. Maka, Dads juga harus memahami bentuk bangunan rumah yang cocok untuk dibangun di lokasi yang tersedia, seperti pada area persawahan atau dekat jalan raya. Dengan turut memperhatikan lingkungan, rumah sehat yang aman dan nyaman masih bisa terpenuhi.

4. Memberikan Rasa Aman

Kriteria Rumah Sehat Untuk Keluarga Memberikan Rasa Aman
Sumber: Whathappensnow.com

Keamanan juga masuk aspek yang sangat penting dalam menyatakan suatu rumah layak huni atau tidak. Oleh sebab itu ketika membangun rumah pastikan bahwa setiap unsur pembangunnya aman untuk seluruh penghuni, Dads. Hal ini memang membutuhkan pemikiran yang matang untuk menghindari kemungkinan terjadi kecelakaan. Salah satunya dengan memastikan konstruksi bangunan dalam kondisi yang kuat. Kalau rapuh dan tidak kokoh, apa Dads sanggup hidup dengan tenang di dalam rumah?

5. Memiliki Ventilasi Yang Cukup

Kriteria Rumah Sehat Untuk Keluarga Memiliki Ventilasi Yang Cukup
Sumber: Kingsleyoj.blogspot.com

Syarat dan kriteria rumah sehat yang selanjutnya adalah mempunyai ventilasi yang cukup. Karena selain menjadi celah agar cahaya dapat masuk, ventilasi juga menjadi tempat pertukaran udara. Bayangkan Dads kalau rumah tidak memiliki ventilasi yang memadai, kira-kira apa jadinya? Selain cahaya dan udara tidak memiliki ruang untuk masuk, kondisi di dalam rumah juga lebih pengap. Lingkungan yang pengap menyebabkan rumah menjadi lembab dan memicu hidupnya bakteri dan kuman yang mengganggu kesehatan.

6. Mampu Melindungi Dari Penyakit

Kriteria Rumah Sehat Untuk Keluarga Mampu Melindungi Dari Penyakit
Sumber: Tabloidbintang.com

Kriteria rumah yang sehat bagi keluarga adalah mampu melindungi dari penyakit. Agar hal ini dapat tercipta Dads perlu membangun rumah dengan memperhitungkannya sedemikian rupa agar penghuni dapat terlindungi dari berbagai zat-zat pemicu penyakit. Salah satunya adalah ketersediaan air bersih untuk dikonsumsi. Kebersihan juga menjadi hal yang wajib untuk melindungi dari penyakit. Agar semua dapat berjalan optimal, Dads harus kompak membersihkan rumah dengan penghuni lainnya secara rutin. Bagaimana pun juga kebersihan menjadi tanggung jawab bersama.

7. Bebas Dari Hewan Yang Mengganggu

Kriteria Rumah Sehat Untuk Keluarga Bebas Dari Hewan Yang Mengganggu
Sumber: Vice.com

Kriteria ini sebenarnya masih tidak lepas dari kebersihan rumah, Dads. Karena rumah yang memiliki lingkungan kotor akan menjadi sasaran empuk bagi hewan pengganggu. Sebut saja kecoak, tikus, cicak, nyamuk, bahkan ular. Jenis hewan pengganggu ini akan terus mencari cara agar bisa bersarang di rumah jika rumah terlihat kotor. Jadi, pastikan rumah bebas dari hewan-hewan tersebut dengan selalu menjaga kebersihan. Selain itu hewan pengganggu juga biasanya datang karena melihat ada makanan favorit mereka. Oleh sebab itu perhatikanlah letak makanan yang ada di rumah ya, Dads.

Itulah 7 kriteria rumah sehat untuk keluarga yang harus Dads pahami dengan baik. Jika Dads memiliki pengalaman mengenai rumah sehat atau ingin menambahkan kriteria lainnya terkait hal ini, jangan ragu untuk menyampaikannya lewat kolom komentar berikut ya, Dads!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Kriteria Rumah Sehat Untuk Keluarga. Sudahkah Dads Penuhi?"
related post
Jenis-jenis Makanan Untuk Ibu Hamil Muda Yang Baik Untuk Janin Bayi

Asupan nutrisi memang sangat dibutuhkan untuk Moms yang saat ini sedang berbadan dua, terlebih lagi ... Lanjut Baca

Cara Menjaga Hubungan Suami Istri Yang Baik Sampai Maut Memisahkan

Menjaga hubungan suami istri yang baik penting sekali untuk keharmonisan keluarga. Karena hubungan yang harmonis ... Lanjut Baca

10 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir Wajib Disiapkan Calon Ibu

Selain pakaian bayi, perlengkapan mandi bayi baru lahir juga harus disiapkan sejak awal dalam rangka ... Lanjut Baca