7 Keunikan Dan Fakta Anak Kembar, Calon Orangtua Millennials Sudah Tahu Belum Nih?

Waktu Baca: 4 menitJum'at, 01 Maret 2019 19:08 WIB
Anak Kembar Bahasa Khusus
Sumber: Unsplash.com/Duy Pham

Bagi sebagian orangtua millennials, memiliki anak kembar menjadi sebuah impian. Namun, ketahuilah juga ada banyak sekali rumor mengenai anak kembar yang beredar di masyarakat. Beberapa beranggapan bahwa anak kembar memiliki ikatan batin yang terpaut satu sama lain. Benarkah itu? Yuk mari kita simak 7 fakta mitos anak kembar yang wajib diketahui oleh para calon orangtua milennials berikut ini!

1. Penentuan Kakak dan Adik Pada Anak Kembar

kakak adik kembar
Unsplash.com/Felipe Bustilo

Salah satu fakta hamil anak kembar yang sungguh unik adalah penentuan siapa yang menjadi kakak dan siapa yang menjadi adik. Mitos yang beredar dalam masyarakat adalah bayi yang keluar terakhir seharusnya menjadi kakak karena ia membantu mendorong bayi lainnya untuk keluar terlebih dahulu. Dari sini muncul anggapan bahwa bayi yang keluar pertama sebaiknya menghormati saudara yang tekah membantunya dengan memanggil kakak. Faktanya, dunia medis mendasarkan kakak-adik pada anak kembar melalui urutan waktu kelahiran. Bagi bayi yang keluar terlebih dahulu akan disebut dengan kakak, dan bagi bayi yang keluar terakhir disebut dengan adik.

2. Anak Kembar Berinteraksi Sejak Dalam Kandungan

interaksi anak kembar
Sumber: Unsplash.com/John Looy

Sudah banyak yang mengetahui fakta mengenai komunikasi serta interaksi sang buah hati dengan para Moms sejak dalam kandungan. Cara berkomunikasi Moms yang mengajak berbicara, sekaligus mendengarkan musik dipercaya bisa didengar oleh sang buah hati. Hasil penelitian oleh University of Padova pada tahun 2011 menunjukan bahwa anak kembar sudah melakukan interaksi sejak di kandungan. Interaksi ini berupa gerakan dan sentuhan terhadap kembarannya. Menarik sekali ya, HappyFams?

3. Kembar Merupakan Suatu Hal Yang Bersifat Genetik

kembar genetik
Sumber: Unsplash.com/Keisha Montfleury

Pahamilah terlebih dahulu bahwa Gen adalah bagian dari kromosom manusia yang mengandung DNA. Melalui gen, sifat herediter (turunan) diwariskan oleh induk. Tidak hanya sifat, perawakan tubuh, dan potensi bayi lahir kembar juga didapatkan dari orangtua. Jika dalam garis keturunan terdapat riwayat lahir anak kembar walaupun tidak secara langsung, gen tersebut akan terus menurun pada generasi-generasi berikutnya. Perlu diketahui juga bahwa hal ini hanya berlaku pada kembar fraternal, bukan pada kembar identik. Kembar fraternal terjadi bila ada 2 sperma berhasil membuahi 2 sel telur, sedangkan kembar identik terbentuk bila sperma berhasil membuahi 1 sel telur dan terjadi pembelahan berlebih selama perkembangan janin.

4. Anak Kembar Memiliki Bahasa Khusus

anak kembar bahasa khusus
Sumber: Unsplash.com/Duy Pham

Fakta yang jarang diketahui adalah beberapa anak kembar pada kenyataannya memiliki bahasa khusus tersendiri yang hanya mereka pahami berdua. Seringkali kita menemui anak kembar yang asyik berkomunikasi satu sama lain tanpa kita mengerti maksud dan bahasa yang digunakan. Bahasa yang digunakan anak kembar ini biasa disebut idioglossia (bahasa otonom di antara anak kembar). Biasanya bahasa unik buatan mereka akan hilang seiring mengenal kosakata di masa pertumbuhannya.

5. Wajah Identik Bukan Berarti Sidik Jari Identik

wajah identik
Sumber: Unsplash.com/Charles PH

Pola sidik jari yang dimiliki seseorang tidak semata-mata berasal dari hasil DNA. Faktanya, pada kembar identik, mereka memiliki sidik jari yang sama hingga kehamilan usia minggu 13 saja. Seiring perkembangan janin, bayi akan mulai bergerak dan terpisah ke kantung ketuban yang berbeda. Tentu saja kejadian ini akan mempengaruhi perubahan bentuk alur dan pola sidik jari setiap anak sehingga menghasilkan sidik jari yang unik dan berbeda.

6. Tidak Semua Anak Kembar Bisa Telepati

kembar telepati
Sumber: Unsplash.com/Daiga Ellaby

Fakta mitos anak kembar yang beredar di masyarakat umum juga termasuk seputar kemampuan anak kembar yang semuanya dianggap bisa berkomunikasi melalui telepati. Juga beberapa kisah kemampuan merasakan sakit dari saudara kembar lainnya. Di lain kesempatan, ditemukan bahwa saudara kembaran mereka melakukan tindakan yang sama di waktu yang terpisah. Dari sini kita bisa menganggap bahwa anak kembar memiliki isi pikiran yang sama. Bahkan, Dr. Nancy L. Segal, penulis buku Twins Mythconceptions, mengungkapkan bahwa tidak ada bukti ilmiah atas kekuatan psikis secara umum maupun spesifik pada anak kembar. Walau tidak ada bukti ilmiah secara tertulis, pengalaman pribadi yang diungkapkan beberapa anak kembar tidak dapat dipungkiri. ‘Telepati’ pada anak kembar ini dipercaya dianggap berupa insting alami antara kakak dan adik.

7. Anak Kembar Tidak Boleh Berada di Satu Kelas

anak kembar satu kelas
Sumber: Unsplash.com/Peter Hershey

Beberapa sekolah menerapkan peraturan standar dimana anak kembar tidak boleh ditempatkan dalam kelas yang sama. Alasannya, dengan menempatkan mereka di kelas yang sama dipercaya akan mengganggu perkembangan identitas independen. Pada kenyataannya, anak kembar yang selalu bersama akan mengalami keterkaitan emosi dan pertumbuhan. Ketika salah satu dari mereka menghadapi suatu masalah, entah itu mengenai sekolah atau pertemanan, maka saudara kembar akan memberikan dukungan dengan lebih mudah. Hal ini dapat mendukung tumbuhnya rasa kasih sayang dan saling melindungi antarbersaudara.

Nah, fakta mitos anak kembar di atas cukup menarik, kan? Apakah HappyFams tertarik untuk memiliki anak kembar? Share di kolom komentar ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Keunikan Dan Fakta Anak Kembar, Calon Orangtua Millennials Sudah Tahu Belum Nih?"