7 Kegiatan Seru Bersama Keluarga Di Dapur Pengisi Hari Libur Si Kecil

Waktu Baca: 5 menitSenin, 05 Agustus 2019 11:00 WIB
Kegiatan Seru Bersama Keluarga Di Dapur
Sumber: Blog.alfamartku.com

Mengabiskan waktu senggang dan hari libur dengan mengajak si kecil pergi ke mal atau pusat hiburan dan keramaian mungkin sudah terlalu umum ya, Moms. Namun, pernahkah terpikirkan untuk mengajak si kecil dan juga Dads menghabiskan waktu bersama di dapur saat hari libur? Terkadang kehangatan keluarga bermula dari dapur juga lho, Moms. Bila Moms masih bingung dengan kegiatan apa saja yang harus dilakukan di dapur bersama Dads dan si kecil, tentunya pilih yang aman dan bisa membuat si kecil senang ya!

Tahukah Moms bahwa kegiatan di dapur juga bisa mengasah kreativitas si kecil? Bahkan sekaligus bisa menambah keharmonisan Happyfams dan kehangatan dapur keluarga lho, Moms. Tidak perlu menghabiskan waktu seharian di dapur, satu atau dua jam saja sudah cukup untuk menciptakan momen seru bersama keluarga tercinta. Penasaran? Yuk Moms, lakukan 7 kegiatan seru bersama keluarga di dapur ini untuk mengisi hari libur di akhir pekan.

1. Bersama-Sama Mengeksplorasi Dan Memperkenalkan Isi Lemari Dapur

Kegiatan Seru Bersama Keluarga Di Dapur Bersama-sama Mengeksplorasi Dan Memperkenalkan Isi Lemari Dapur
Sumber: Amerisbank.com

Kegiatan seru bagi si kecil di dapur yang pertama adalah Moms bisa mengajak si kecil untuk sibuk mengekspolrasi lemari dapur. Mengenalkan kepada si kecil dimana panci, penggorengan dan peralatan dapur lainnya tersimpan. Biarkan si kecil membongkar-bongkar lemari untuk mengetahui peralatan dapur apa saja yang Moms gunakan. Selanjutnya, Moms juga bisa mengajak si kecil untuk “berkenalan” dengan peralatan makan di rumah. Tapi, pastikan untuk selalu mengawasi si kecil ya, Moms. Sembunyikan dulu peralatan dapur yang berbahaya, seperti pisau dan gunting dan dampingi si kecil saat mengenal perlatan yang mudah pecah.

2. Mengenalkan Si Kecil Dengan Bahan Makanan

Kegiatan Seru Bersama Keluarga Di Dapur Mengenalkan Si Kecil Dengan Bahan Makanan
Sumber: Republika.co.id

Membiarkan si kecil belajar mengenal sayur dan buah serta aneka bahan masakan lainnya juga bisa menjadi ide menarik untuk mengisi waktu liburan, Moms. Moms bisa meletakkan beberapa jenis buah maupun sayur di dekatnya, lalu buatlah permainan kecil seperti category games. Moms bisa menantangnya untuk mengelompokkan sayuran dan buah yang sesuai dengan warna atau jenisnya. Jangan lupa juga ya Moms untuk memberikan pujian saat sang buah hati berhasil memenangkan permainannya.

3. Ajaklah Membuat Kue Kering Dengan Berbagai Toping Menarik

Kegiatan Seru Bersama Keluarga Di Dapur Ajaklah Membuat Kue Kering Dengan Berbagai Toping Menarik
Sumber: Hugmammy.com

Membuat kue kering jelas perlu waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Nah, Moms manfaatkan saja hobi makan kue kering Happyfams dengan membuat sendiri kue kering favorit mereka. Ajak Dads dan buah hati membuat cemilan yang disukai bersama-sama. Pastinya kegiatan ini akan terasa seru dan menyenangkan. Tak perlu tugas yang terlalu berat atau susah untuk si kecil, percayakan saja tugas mencetak kue kepada mereka. Atau, Moms juga bisa memberikan tugas menghias toping kue pada si kecil dan biarkan mereka berkreasi sesuai dengan keinginannya.

4. Dapur Terlalu Kotor? Ajak Saja Si Kecil Membersihkannya

Kegiatan Seru Bersama Keluarga Di Dapur Ajak Saja Si Kecil Membersihkannya
Sumber: Mrvitamins.com.au

Moms punya dapur yang berantakan atau lembab karena jarang dibersihkan? Saatnya nih untuk mengajak si kecil ke dapur untuk membersihkan dan menciptakan tampilan baru. Mulai saja dengan mengelap, menyapu, dan mengepel semua sudut ruangan atau peralatan dapur yang berdebu. Dengan melakukan aktifitas bersama keluarga di dapur seperti ini, Moms juga bisa sekalian mengajarkan kepada anak-anak untuk selalu menjaga kebersihan.

5. Mengeksplorasi Menu Baru Yang Sesuai Dengan Selera Happyfams

Kegiatan Seru Bersama Keluarga Di Dapur Mengeksplorasi Menu Baru Yang Sesuai Dengan Selera Happyfams
Sumber: Parcesta.gr8.com

Moms bisa mengajak Happyfams untuk membuat pancake, pastel lezat atau pun aneka masakan enak lainnya yang sesuai dengan selera mereka. Padukan masakan tersebut dengan sayuran atau daging agar rasanya terasa lebih spesial. Dengan mengajak anak membuat aneka jenis masakan seperti ini bisa menjadi ajang untuk mengasah kreativitas mereka lho, Moms.

6. Menu Sarapan Menjadi Lebih Spesial Dengan Hasil Kreativitas Si Kecil

Kegiatan Seru Bersama Keluarga Di Dapur Menu Sarapan Menjadi Lebih Spesial Dengan Hasil Kreativitas Si Kecil
Sumber: Yandex.com

Sarapan bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengajak si kecil beraktifitas di dapur. Ajaklah anak-anak menghias roti tawar yang akan disajikan kepada anggota keluarga. Moms bisa membantu menyiapkan selada, tomat, keju, atau meses warna-warni. Biarkan saja mereka berkreasi sesuai dengan imajinasinya. Sesekali, Moms juga bisa memberikan tantangan kepadanya untuk menghias roti tawar yang akan disantap oleh Dads. Jika si kecil mendapat apresiasi dari anggota keluarga lainnya, tentu hal tersebut akan baik untuk kepercayaan dirinya.

7. Berakting Layaknya Seorang Koki Dan Pelayan Restoran Bersama Buah Hati

Kegiatan Seru Bersama Keluarga Di Dapur Berakting Layaknya Seorang Koki Dan Pelayan Restoran Bersama Buah Hati
Sumber: Yandex.com

Serunya kegiatan dapur bersama keluarga bisa Moms rasakan dengan mengajak sang buah hati untuk berakting layaknya seorang koki dan pelayan restoran. Moms bisa memberikan tugas yang ringan, seperti mencuci sayuran atau menata buah. Moms bisa mengambil peran sebagai pelanggan restoran atau kepala koki. Biasanya anak-anak akan lebih bersemangat jika diberi tanggung jawab layaknya orang dewasa. Atau Moms juga bisa membelikannya replika peralatan dapur seperti kompor atau pisau mainan agar ia bisa meniru kegiatan memasak Moms di dapur.

Perlu diingat, Moms, rasa ingin tahunya yang tinggi bisa membuat anak-anak melakukan kegiatan di dapur di luar arahan yang diberikan. Pastikan Moms untuk selalu mengawasinya ketika beraktifitas di dapur ya agar tetap aman! Bagaimana Moms? Sudah siap memasak bersama Dads dan si kecil yang jadi asistennya? Yuk Moms, jadikan pengalaman si kecil di dapur jadi lebih menyenangkan! Pahami juga bahwa serunya kegiatan dapur bersama keluarga ini juga bisa menjadi alternatif liburan yang murah dan tentunya berkesan yang dapat merekatkan hubungan sesama anggota keluarga.

Nah, apakah Moms punya cerita atau pengalaman memasak di dapur bersama si kecil? Atau resep andalan yang selalu dibuat bersama mereka di rumah? Bagikan di kolom komentar yuk!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Kegiatan Seru Bersama Keluarga Di Dapur Pengisi Hari Libur Si Kecil"
related post
Hubungan Tahap Perkembangan Keluarga Dan Beberapa Jenis Tugasnya

Bagi HappyFams para calon Moms and Dads, sebelum masuk ke jenjang pernikahan HappyFams harus mengetahui ... Lanjut Baca