7 Kata Bijak, Nasehat Ibu Untuk Anak Yang Beranjak Remaja

Waktu Baca: 5 menitKamis, 25 Juni 2020 09:35 WIB
Nasehat Ibu
Sumber: pexels.com/Ketut Subiyanto

Menghadapi anak yang beranjak remaja merupakan momen paling rentan untuk para orang tua, Moms. Pasalnya pada usia remaja buah hati akan melalui fase pencarian jati diri. Maka dari itu sosok ibu mesti memberi beberapa petuah pada buah hati. Nah berikut ini adalah 7 kata bijak yang berisi nasehat ibu untuk anak yang beranjak remaja.

1. Suka pada Lawan Jenis Adalah Fitrah, Tetapi Perasaan Harus Dikendalikan

Nasehat Ibu Bagi Anaknya
Sumber: pexels.com/Valeriia Miller

Fase remaja biasanya ditandai dengan munculnya rasa ketertarikan terhadap lawan jenis. Moms tentu pernah muda dan berada di posisi seperti ini, sehingga tidak sulit untuk memahaminya bukan? Jatuh cinta bahkan dalam agama pada dasarnya merupakan fitrah semua manusia yang pasti dirasakan.

Meski begitu 'fitrah' inilah yang sering merusak masa remaja anak jika tidak dikendalikan dengan baik. Maka dari itu tugas Moms adalah mengarahkan mereka tentang rasa suka yang dirasakan dan bagaimana cara mengendalikannya. Sampaikan dengan cara yang menyenangkan agar anak tidak merasa tertekan ya, Moms.

2. Cari Kegiatan Positif untuk Menyalurkan Hobi

Kata Bijak Ibu Rumah Tangga
Sumber: pixabay.com/Shutterbug75

Usia remaja kerap diartikan sebagai masa pencarian jati dirinya yang ditunjukkan dengan keinginan untuk terus menghadapi tantangan. Sayangnya hal ini juga bisa menjadi bumerang jika Moms tidak mengarahkan dengan baik. Oleh sebab itu nasehat ibu kepada anaknya juga harus mencakup hal ini.

Biasanya hasrat untuk melakukan tantangan dapat dikendalikan dengan menyalurkan hobi. Nah, Moms dapat menasehati buah hati dengan mendukung mereka untuk terus mengeksplor hobi tetapi melalui cara yang positif. Hal ini juga cukup penting sebab dapat membentuk kepribadian anak agar lebih berkarakter dan berani.

3. Setiap Perempuan Cantik, Tidak Perlu Membandingkan Dirimu

Nasehat Ibu Rumah Tangga
Sumber: pexels.com/Polina Zimmerman

Benar bahwa di luar sana ada banyak sekali survei tentang anak perempuan tercantik atau remaja laki-laki terganteng. Akan tetapi kecantikan atau kegantengan yang sesungguhnya adalah dari dalam diri. Pahamkan kepada sang buah hati bahwa inner beauty jauh lebih mampu untuk memancarkan pesona dari keindahan fisik, Moms.

Nasehat ini sangatlah penting untuk ditanamkan pada anak, khususnya perempuan. Sebab biasanya saat memasuki fase remaja mereka akan mulai berkeinginan untuk tampil cantik. Hal ini sebenarnya tidak masalah Moms, selama anak tidak sampai membandingkan dirinya dengan orang lain seperti, "Dia lebih cantik.".

4. Jadilah Dirimu Sendiri, Jangan Takut Mengatakannya

Kata Bijak Ibu Untuk Anak
Sumber: pixabay.com/Sasin Tipchai

Percaya tidak sih Moms kalau remaja Indonesia mempunyai kecenderungan meniru kebiasaan lingkungan sosial untuk bisa diterima? Ketika teman dekatnya ingin menjadi seorang perawat, maka anak juga akan memiliki cita-cita yang sama. Padahal bisa saja anak memiliki mimpi sendiri bukan, Moms.

Sebagai orang tua kata bijak ibu untuk anak satu ini juga sangat penting terhadap kepercayaan diri mereka Moms. Sampaikan kepada buah hati bahwa tidak perlu malu atau takut untuk menyatakan keinginan mereka. Menjadi diri sendiri jauh lebih baik dibanding dengan berpura-pura menjadi seperti orang lain.

5. Membacalah Agar Pengetahuan Lebih Terbuka dan Semakin Luas

Nasehat Ibu Untuk Anaknya
Sumber: pixabay.com/MorningbirdPhoto

Masa remaja bukan hanya tentang pengendalian emosi belaka, Moms. Juga penting untuk menanamkan dalam diri buah hati mengenai pentingnya pengetahuan pada fase ini. Mengapa? Karena usia anak sudah cukup matang untuk memahami arti penting dari memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

Dan salah satu cara untuk mewujudkan hal itu adalah dengan rajin membaca. Sampaikan hal ini baik pada anak laki-laki maupun perempuan, Moms. Dunia saat ini sudah tidak begitu memberikan sekat yang jelas antara perempuan dan laki-laki. Jadi jangan ragu untuk terus membangun pengetahuan buah hati meski seorang perempuan.

6. Dunia Bukan Tentang Kamu Seorang, Ada Lingkungan Sosial yang Menunggu di Luar

Nasehat Ibu Kepada Anaknya
Sumber: pixabay.com/Sasin Tipchai

Kata bijak ibu untuk anak berikutnya adalah menyampaikan bahwa dunia bukan hanya tentang diri anak seorang, melainkan lebih dari itu. Pasalnya di luar sana ada lingkungan sosial yang jauh lebih luas dan beragam untuk dihadapi. Cakupan tentang nasehat ini sebenarnya sangat luas sekali Moms.

Pertama mengajarkan pada anak untuk bersyukur atas apa yang dimiliki. Ketika anak merasa hidupnya penuh masalah, maka percaya bahwa di luar ada orang yang lebih sulit lagi. Kedua menghindarkan anak dari perilaku egois karena hanya berpusat pada dirinya sendiri. Anak bisa belajar berbagi dan menerima dari lingkungan sosialnya.

7. Jangan Ragu untuk Menceritakan Masalah Agar Kamu Bisa Belajar Mengendalikan Emosi

Nasehat Ibu Kepada Anak Perempuan
Sumber: pexels.com/Ketut Subiyanto

Menasehati anak untuk tidak ragu menceritakan setiap masalah yang mereka hadapi pada Moms juga merupakan salah satu kata bijak untuk buah hati lho. Perlu Moms ketahui bahwa anak biasanya akan memiliki rasa sungkan dan canggung untuk curhat kepada orang tua dibanding kepada teman sebayanya.

Maka dari itu arahkan dan buat anak merasa nyaman untuk bisa menyampaikan apa yang mereka hadapi. Dengan begitu Moms bisa mempelajari karakter anak dan mengarahkan mereka untuk mengelola emosinya sendiri. Apalagi dalam usia remaja emosi benar-benar sangat mudah untuk berubah sewaktu-waktu.

Nah itulah tujuh nasehat ibu untuk buah hati yang sudah beranjak memasuki tahap remaja. Penting bagi Moms untuk menyampaikan hal ini kepada anak sebagai bekal menghadapi masa pencarian identitas.

Kalau Moms mempunyai saran, kritik, atau ingin berbagi maka jangan ragu untuk meninggalkan di kolom komentar.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Kata Bijak, Nasehat Ibu Untuk Anak Yang Beranjak Remaja"