7 Ide Dekorasi Meriah Khas Imlek Yang Bikin Rumah Tampil Lebih Menarik

Waktu Baca: 5 menitJum'at, 24 Januari 2020 10:00 WIB
Dekorasi Meriah Khas Imlek
Sumber: Unsplash.com/John Looy

Menyambut perayaan Imlek sebagai Tahun Baru China tentu ada banyak hal yang harus Dads persiapkan. Salah satu yang paling utama adalah dekorasi rumah untuk imlek. Pasalnya, pada hari raya Imlek sudah dipastikan bahwa akan ada banyak keluarga dan kerabat yang berkunjung ke rumah untuk merayakannya.

Oleh sebab itu, Dads harus memastikan kalau rumah sudah didekorasi sebaik mungkin agar kesannya lebih meriah. Nah, khusus untuk Dads yang merayakan Imlek, berikut ini ada 7 ide dekorasi meriah yang dapat menambah semarak perayaan Imlek pada tahun ini. Yuk intip ketujuh ide tersebut dan temukan inspirasinya di bawah ini!

1. Memasang Dekorasi Bergambar Monyet atau Naga

dekorasi meriah khas imlek di rumah
Sumber: Pexels.com

Perayaan Imlek juga identik dengan ramalan shio, dimana setiap tahunnya akan ada shio berbeda yang keluar. Khusus untuk tahun 2020 ini, ramalan shio-nya adalah tahun tikus logam. Dads juga bisa menjadikan ramalan tahun tersebut sebagai ide untuk dekorasi imlek di rumah.

Meski begitu perlu Dads ketahui bahwa di antara semua shio dalam kepercayaan China, ada dua yang paling menggambarkan Imlek yaitu monyet dan naga. Jadi, Dads bisa memasang dekorasi seperti lukisan bergambar monyet, naga, atau juga tikus pada dinding rumah sebagai dekorasi untuk merayakan Imlek tahun ini.

2. Jangan Sampai Lupa dengan Pohon Uang

dekorasi untuk tahun baru imlek
Sumber: Vogue.com

Pohon uang yang dimaksud disini adalah perpaduan antara pohon yang digantung angpao berisi uang. Angpao ini sendiri menjadi salah satu hal yang paling dinantikan pada perayaan Imlek. Apalagi, membuat pohon uang sebagai dekorasi Imlek tidaklah sulit.

Dads bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan pohon atau bunga dengan batang berukuran kecil, seperti bunga Mei Hwa. Selanjutnya, Dads tinggal memasang angpao serta kartu ucapan pada pohon tersebut. Dekorasi pada pohon uang juga bisa dibuat sesuai kreativitas Dads. Contohnya adalah dengan memberikan cokelat atau permen sebagai variasi antara angpao dan kartu.

3. Inspirasi Imlek Paling Ikonik Berupa Lantern

dekorasi imlek di rumah
Sumber: Unsplash.com/Daniel Von Appen

Lattern atau lampion adalah salah satu jenis dekorasi untuk tahun baru imlek yang juga sangat ikonik. Makanya, setiap malam perayaan Imlek biasanya akan diadakan kegiatan melepas lampion. Oleh sebab itu, Dads jangan mau ketinggalan untuk memasang lampion di rumah ya!

Penggunaan lampion ini tidak lepas dari budaya tradisional China yang memakai lampion sebagai sumber pencahayaan. Meski begitu Dads tidak harus sampai mengganti semua lampu di rumah dengan lampion agar makin meriah dan semarak. Beberapa lampion saja sudah cukup dan tidak harus menggantikan lampu.

Dads bisa menggantung lampion pada langit-langit rumah di dekat lampu, meletakkan di meja sebagai hiasan, atau memasangnya di bagian luar lampu. Selain itu ada baiknya Dads memilih lattern yang berwarna transparan agar pantulan cahaya yang dihasilkan tidak terlalu kuat dan menyakiti mata.

4. Gunakan Dekorasi Warna Merah

dekorasi tahun baru imlek di rumah
Sumber: Petterymwid.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Tahun Baru China atau lebih dikenal sebagai Imlek sangat identik dengan konsep merah. Apalagi, warna ini memang menggambarkan budaya China secara umum. Maka dari itu, agar perayaan Imlek Dads semakin meriah, gunakan dekorasi yang didominasi oleh warna merah.

Menonjolkan warna merah tidak harus mengganti cat dinding ya, Dads. Cara paling mudah, yaitu memberikan sentuhan merah pada perabot yang ada di rumah. Misalnya, Dads mengganti bantal sofa, taplak meja, tirai, atau karpet dengan yang berwarna merah. Bisa juga meletakkan beberapa perabot berwarna merah di dalam ruangan.

Akan tetapi, yang perlu Dads perhatikan agar jangan sampai warna merah yang digunakan terlalu berlebihan. Pasalnya menurut ahli psikologi warna merah yang berlebihan bisa berdampak buruk terhadap kondisi kejiwaan dan fisik anak, Dads. Jadi, berhati-hatilah.

5. Berikan Variasi dengan Warna Hijau

inspirasi dekorasi imlek
Sumber: Wellandgood.com

Ternyata ciri khas dekorasi tahun baru imlek tidak harus berwarna merah atau kuning lho. Dads juga bisa menggunakan warna hijau untuk menyempurkan dekorasi Imlek, sekaligus sebagai bentuk variasi. Warna hijau ini mampu memberi kesan lebih fresh di antara merah dan kuning.

Ada banyak ide yang bisa Dads jadikan sebagai media untuk memberi sentuhan hijau. Misalnya, dengan meletakkan pot berisi tumbuhan hijau di dalam ruangan di dekat lampion berwarna merah. Hal ini juga sudah dilakukan masyarakat China sejak lama pada saat merayakan Imlek.

6. Manfaatkan Perabot Antik

dekorasi tahun baru imlek
Sumber: Trendsmap.com

Ketika akan menyambut perayaan Imlek, terlebih dahulu Dads harus memutuskan konsep dekorasi yang digunakan. Misalnya, dekorasi modern atau dekorasi tradisional. Khusus untuk dekorasi tradisional, Dads bisa memanfaatkan perabotan antik untuk melengkapi suasana Imlek di rumah. Beragam barang antik ini sangatlah banyak dijumpai dan bervariasi.

Pada bagian ruang tamu dan keluarga Dads bisa menggunakan kursi, meja, dan vas bunga antik. Sedangkan, untuk bagian ruang makan dan dapur, gunakan saja peralatan makan seperti piring, mangkok, dan gelas yang antik sebagai pelengkap.

7. Tempelkan Sticker Imlek di Dinding

dekorasi rumah untuk imlek
Sumber: Cultureguru.my

Inspirasi dekorasi imlek selanjutnya untuk tahun ini bagi Dads adalah penggunaan wall sticker. Hal ini akan sangat membantu jika Dads mengalami kendala pada area dinding. Misalnya, dinding terlalu kelihatan polos, sehingga memerlukan sedikit sentuhan agar lebih meriah.

Ada banyak jenis sticker dinding khas Imlek yang bisa Dad jumpai di pasaran. Biasanya sticker ini berbentuk ikon khas Imlek seperti lampion, kembang api, hingga angpao. Warna yang Dads pilih juga sebaiknya khas Imlek seperti merah atau kuning agar terkesan lebih semarak.

Nah, itulah tujuh ide dekorasi untuk tahun baru imlek yang patut Dads coba terapkan di rumah. Kalau Dads mempunyai pertanyaan, saran, kritik, ataupun inspirasi tentang dekorasi imlek, jangan ragu untuk meninggalkan komentar! Atau Dads juga bisa lihat kriteria rumah sehat untuk keluarga sebagai inspirasi Dads!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Ide Dekorasi Meriah Khas Imlek Yang Bikin Rumah Tampil Lebih Menarik"
related post
Pekerjaan Rumah Tangga Merupakan Kewajiban Siapa Ketika Berkeluarga

Pekerjaan rumah terkadang memang cukup berat untuk dilakukan. Walaupun sebenarnya tidak juga, namun rasa lelah ... Lanjut Baca

5 Tips Membina Keluarga Bahagia Dan Harmonis, Dunia Akhirat

Keluarga bahagia adalah dambaan setiap orang, Moms bisa mengikuti tips membina keluarga bahagia yang cocok ... Lanjut Baca