7 Hobi Ayah Dan Anak Lelaki Kekinian Yang Bikin Kompak. Wajib Tahu Nih

Selasa, 27 Agustus 2019 11:00 WIB
Hobi Ayah Dan Anak Kekinian
Sumber: Yandex.com

Happinest.id - Satu momen yang menyenangkan bersama keluarga adalah ketika melakukan hobi bersama ya, Dads. Apalagi jika melakukannya di akhir pekan, suasana di hari kerja yang sumpek seakan sirna saat melihat tawa bahagia anak-anak. Tahukah Dads, jika anak lelaki cenderung punya minat dan kegemaran yang sama dengan ayahnya? Anak laki-laki pasti akan lebih menikmati momen kebersamaan dengan Dads saat lakukan hobi yang sama. Dads bisa juga memanfaatkan momen bonding menjadi momen belajar bagi anak lelaki terkait figur ayah. 

Aktivitas sehari-hari yang menyita waktu Dads sangat mungkin menyebabkan kurangnya komunikasi dengan anak. Dengan melakukan hobi yang sama, Dads bisa lebih dekat dengan anak bahkan disela-sela kegiatan Dads dapat menyisipkan pesan-pesan moral yang lebih berkesan baginya. Dads masih bingung mau berkegiatan apa? Nah, 7 hobi ayah dan hobi anak anak lelaki ini dijamin bikin kompak karena melibatkan team work dan komunikasi bersama anak lho. Penasaran dengan 7 hobi ayah dan anak lelakinya? Yuk, simak pemaparannya!

1. Akrab Dengan Mesin Dan Kelistrikan? Jangan Lupa Ajak Si Ganteng Ya, Dads!

Hobi Ayah Dan Anak Lelaki Akrab Dengan Mesin Dan Kelistrikan
Sumber: Thepeninsulaqatar.com

Dads punya ketertarikan yang besar terhadap otomotif, robotika, atau berbagai jenis mesin? Inilah saat yang tepat untuk melibatkan anak laki-laki dalam kegiatan Dads. Agar ia tidak bosan, Dads bisa mulai dengan menjelaskan mekanisme kerja mesin dengan bahasa sederhana. Gunakan intonasi dan gestur yang mengundang perhatiannya ketika menjelaskan hal tersebut. Dads, anak biasanya akan takjub dengan hal-hal yang baru ditemuinya. Kenalkan secara perlahan peralatan mekanik dan kelistrikan. Jika anak semakin tertarik, jelaskan pula fungsi setiap elemen yang terdapat dalam mesin tersebut. 

2. Mencintai Alam Banyak Caranya, Yuk Lakukan Bersama Si Ganteng!

Hobi Ayah Dan Anak Lelaki Mencintai Alam Banyak Caranya
Sumber: Pexels.com/Yogendra Singh

Ada banyak cara mencintai alam mulai dari menjelajahi alam, melakukan penelitian biologi kecil-kecilan, bercocoktanam, hingga mengolah limbah. Dads dapat melakukan hal-hal tersebut sembari mengajarkan filosofi kehidupan pada si ganteng. Hobi anak milenial, seperti naik gunung atau traveling ke suatu tempat bisa jadi aktivitas outdoor yang menyenangkan untuk Dads dan anak lelakinya, lho. Libatkan anak mulai dari melakukan persiapan sampai survival lifehacks saat bertahan hidup di alam terbuka. Aktivitas naik gunung ataupun hiking dijamin akan lebih menyenangkan dengan melibatkan anak-anak.

Jika Dads adalah penggemar tanaman hias atau kegiatan kebun, Dads dapat mengajaknya dalam aktivitas ini. Berikan ia tugas untuk merapikan tanaman, menanam bibit, atau mengolah pupuk. Hobi berkebun ini turut mengajarkan anak tentang kesabaran dan ketekunan sebelum mendapatkan hasil yang melipah saat masa panen. Anak belajar bagaimana menikmati proses sebelum mendapatkan hasilnya. Peluang hobi jadi bisnis dari berkebun sangat memungkinkan lho, Dads. Hal paling utama adalah anak menikmati kegiatan ini dengan bahagia.

3. Hobi Literasi Yang Mencerdaskan Dads Dan Anak Itu Keren

Hobi Literasi Yang Mencerdaskan Dads Dan Anak Itu Keren
Sumber: Yandex.com

Kegiatan membacakan buku untuk anak menjadi momen yang tidak kalah menyenangkan. Apalagi bagi Dads yang meyukai kegiatan ini, pasti akan menikmati kedekatan yang terjalin bersama anak. Kebiasaan membaca akan melekat kuat dalam diri anak saat dibiasakan sejak dini. Luangkan waktu Dads untuk melakukan hobi ini sambil mengajak anak berdiskusi tentang cerita dari buku-buku favoritnya. Sekali-kali Dads boleh juga membelikannya buku cerita baru dan membacanya bersama-sama. Bukankah sangat menyenangkan, Dads?

4. Hobi Merawat Binatang Peliharaan Asyik Lho!

Hobi Merawat Binatang Peliharaan Asyik Lho
Sumber: Yandex.com

Binatang adalah sarana belajar yang tidak akan pernah habis bagi si kecil. Jika Dads memiliki binatang peliharaan di rumah, libatkan anak untuk berinteraksi dengan binatang tersebut. Izinkan pula jika anak ingin memelihara binatang dengan syarat ia mau merawatnya dengan baik. Anak akan belajar disiplin dan bertanggungjawab dari aktivitas ini. Tentunya, Dads punya kewajiban untuk mengajarkan bagaimana merawat binatang tersebut dengan benar. 

5. Menjadi Sporty Bersama Si Kecil Melalui Hobi Olahraga

Menjadi Sporty Bersama Si Kecil Melalui Hobi Olahraga
Sumber: Yandex.com

Hobi yang satu ini memiliki banyak ragam, mulai dari lari pagi, olahraga atletik, hingga olahraga ekstrem. Dads yang punya hobi olahraga mungkin terbiasa melakukan aktivitas ini sendiri, bersama komunitas, atau rekan bisnis. Nah, kali ini coba sertakan anak dalam aktivitas olahraga Dads. Olahraga biasanya adalah hobi anak muda yang banyak digandrugi karena kegiatan ini mengandung nilai sportivitas dan kebanggaan bagi laki-laki. Dengan berolahraga bersama anak, Dads dapat mengenalkannya dengan sikap sportif dalam situasi apa pun. Selain itu, membiasakan berolahraga sejak kecil membuat tubuhnya semakin sehat dan kuat.

6. Memasak Bersama Si Ganteng, Why Not?

Memasak Bersama Si Ganteng
Sumber: Yandex.com

Mungkin kegiatan memasak kurang populer sebagai hobi anak remaja, apalagi remaja laki-laki, ya? Padahal ada banyak chef berbakat dan tampan yang lihai menyajikan makanan seperti Chef Arnold ataupun Chef Juna. Di zaman milenial ini, memasak adalah bagian dari survival lifeskill yang harus dimiliki baik oleh anak perempuan maupun laki-laki. Terlebih lagi bagi anak laki-laki yang akan merantau untuk mencari ilmu ataupun bekerja saat dewasa nanti, memasak sendiri justru lebih sehat dan menghemat pengeluaran. Jangan ragu mengajarkannya memasak, ya!

7. Suka Bertukang, DIY, dan Crafting? Libatkan Si Kecil Dalam Kegiatan Ini, Dads

Suka Bertukang, DIY, dan Crafting? Libatkan Si Kecil Dalam Kegiatan Ini, Dads
Sumber: Yandex.com

Dads lebih suka pertukangan dan kerajinan? Tidak masalah! Lakukanlah bersama anak laki-laki dengan memberinya beberapa tugas yang bisa ia lakukan. Pertukangan dan kerajinan adalah dua skill kehidupan yang dapat memudahkannya saat dewasa nanti. Tidak hanya itu, dua kegiatan ini mengajarkan anak arti gotong royong dan keteraturan dalam sistem. Selain itu, kegiatan membuat barang-barang atau DIY (Do-It-Yourself) juga mengajarkan anak untuk menggunakan semaksimal mungkin barang di sekitarnya dalam menciptakan dan memperbaiki sesuatu. Menarik, bukan?

Tujuh hal di atas adalah hobi Dads dan anak lelaki kekinian yang bisa dilakukan dan bisa bikin kompak. Jika Dads sudah memiliki salah satu hobi di atas, ajak anak untuk mencintainya. Namun jangan sampai dipaksakan jika ia memiliki kegemaran lain. Ikut serta dalam hobinya dan nyatakan dukungan penuh padanya adalah hal terbaik yang bisa Dads lakukan. Dengan begitu, ikatan antara anak lelaki dan ayahnya akan semakin kuat. Jadi, akhir pekan ini Dads sudah punya ide berkegiatan bersama anak lelakinya dong?

Dads punya pengalaman seru saat berkegiatan bersama anak laki-laki? Yuk, bagikan pengalaman Dads saat melakukan hobi bersama anak lelakinya. Tuliskan di kolom komentar dan bagikan kepada seluruh Dads di penjuru Indonesia.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Hobi Ayah Dan Anak Lelaki Kekinian Yang Bikin Kompak. Wajib Tahu Nih"