7 Game Anak Yang Mendidik Untuk Si Kecil Yang Hobi Main Gadget!

Jum'at, 06 September 2019 11:00 WIB
7 game anak yang mendidik untuk si kecil yang hobi main gadget! cover happinest
Sumber: Yandex.com

Happinest.id - HappyFams, sudah tidak dapat dipungkiri lagi kalau perkembangan di era milenial seperti sekarang berdampak pada keadaan anak-anak yang sudah mengenal seluk beluk gadget. Persoalannya adalah si kecil hanya tahu cara menggunakan perangkat gadget tanpa bisa memilah apakah kegiatan yang dilakukannya bermanfaat atau tidak.

Disinilah peran HappyFams sebagai orang tua untuk membimbing dan mengarahkan si kecil agar tetap pada jalur yang benar dan bermanfaat. Salah satu kegiatan yang disenangi anak adalah bermain game menggunakan gadget. Jadi, ada baiknya kalau HappyFams memberikan game anak yang mendidik untuk si kecil. Yuk langsung simak ulasannya berikut!

1.  Raja Quiz

Game Anak Yang Mendidik Raja Kuis
Sumber: Yandex.com

Game mendidik anak yang pertama adalah Raja Kuis yang dapat HappyFams unduh di Play Store. Raja Kuis cocok digunakan untuk anak yang sudah berusia 9 tahun ke atas, karena konten yang dimiliki aplikasi ini juga cukup berat. Dimana isinya adalah berbagai jenis pertanyaan yang memang didesain untuk meningkatkan wawasan buah hati, HappyFams.

Aplikasi Raja Kuis juga menyediakan beberapa kategori yang dapat dipilih oleh anak. Kategori tersebut antara lain Umum, Kids, Sport, Musik, Film, Tebakan, Seru, dan masih banyak lagi yang juga tidak kalah menariknya. Jadi, kalau buah hati HappyFams suka main game di gadget, cobalah untuk menginstalkan aplikasi ini agar si kecil dapat membuka wawasan baru.

2. Duolingo

Game Anak Yang Mendidik Duolingo
Sumber: Yandex.com

Selanjutnya ada Duolingo yang merupakan game berbasis kecakapan berbahasa. Game ini secara khusus didesain untuk membantu buah hati HappyFams memahami berbagai bahasa asing. Ada banyak sekali bahasa yang dapat diajarkan kepada si kecil dari game ini diantaranya bahasa Jerman, Jepang, Spanyol, China, Korea, Inggris, dan masih banyak lagi.

Desain tampilan dari Duolingo juga dibuat menarik dengan berbagai karakter lucu. Terlebih, game ini memadukan semua komponen penting untuk melatih kemampuan berbahasa seperti membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Duoling tidak hanya merupakan game belajar menulis dalam bahasa asing, namun juga game belajar membaca untuk anak.

3. Cerita 25 Nabi

Game Anak Yang Mendidik Kisah 25 Nabi Dan Rasul
Sumber: Yandex.com

Pendidikan agama juga perlu diajarkan kepada si kecil dari usia dini lho, HappyFams. Cerita 25 Nabi merupakan salah satu game pintar untuk anak yang akan membantunya mengenal lebih banyak tentang berbagai tokoh penting dan bersejarah dalam Islam. Agar anak tidak salah menangkap informasi, dampingi si kecil ya HappyFams ketika menggunakan aplikasi ini!

Konten game berupa narasi yang menarik untuk disimak oleh anak-anak. Beberapa fitur yang dapat dipilih antara lain kisah 25 Nabi dan Rasul, Kisah Para Sahabat, Kisah Para Tabiin, Kisah Hikmah Islam, serta Kisah Wanita Sholehah. Nilai plus-nya, HappyFams dapat menikmati semua kisah tersebut tanpa perlu terkoneksi dengan internet alias offline. Menarik bukan?

4. Breathe, Think, Do with Sesame

Game Anak Yang Mendidik Breathe Think Do With Sesame
Sumber: Yandex.com

HappyFams tentu sudah mengenal karakter lucu dan unik dari Sesame Street, bukan? Nah salah satu game yang menampilkan karakter menggemaskan tersebut adalah Breathe, Think, Do with Sesame yang dapat diunduh secara gratis di Play Store. Aplikasi ini tentunya cocok untuk anak usia sekolah karena melatih cara berpikir agar anak menjadi pribadi yang mampu berpikir kritis. 

Aplikasi ini akan mengajarkan buah hati keterampilan dasar yang sangat penting untuk dimiliki berupa kemampuan untuk memecahkan masalah, proses pembuatan rencana, mengontrol diri, serta ketekunan dalam mengerjakan tugas. Meski terdengar berat, tetapi desain dan tampilan dari game ini cukup friendly dan mudah digunakan untuk si kecil kok, HappyFams!

5. Marbel Belajar Budaya Nusantaara

Game Anak Yang Mendidik Marbel Budaya Nusantara
Sumber: Yandex.com

Aplikasi berupa game mendidik anak selanjutnya adalah Marbel Belajar Budaya Nusantara. Marbel memang terkenal telah mengeluarkan begitu banyak game bermanfaat untuk usia anak-anak, tetapi yang satu ini terasa sedikit berbeda lho, HappyFams. Alasannya sudah jelas, karena temanya sangat unik yaitu budaya nusantara Indonesia.

Game ini akan mengenalkan rumah adat, tarian daerah, alat musik daerah, pakaian adat, senjata daerah, dan juga makanan daerah kepada sang buah hati. Pertanyaan yang diajukan pun sangat menarik, karena dilengkapi dengan gambar. Poin pentingnya, anak akan belajar mengenai keanekaragaman nusantara dan menghargai perbedaan.

6. Fiete Math Climber

Game Anak Yang Mendidik Fiete Math Cimber
Sumber: Yandex.com

Kalau belajar matematika seringkali cenderung dianggap monoton dan kurang menyenangkan, coba deh HappyFams berikan game ini pada buah hati. Fiete Math Climber dapat diunduh di Play Store dan merupakan aplikasi berbayar. Akan tetapi, dengan menggunakan aplikasi ini dijamin belajar matematika si kecil akan terasa seru dan tidak berat sama sekali deh!

Agar dapat bermain, HappyFams harus membuatkan profil untuk si kecil agar aplikasi dapat menyesuaikan konten permainan dengan usia sang buah hati. Desain tampilan dari aplikasi ini menarik dan cocok diberikan untuk anak usia pra sekolah sampai paling tidak kelas 5 Sekolah Dasar. Materi yang dikeluarkan oleh aplikasi ini juga dapat membantu anak saat di sekolah.

7. ABC Spelling – Spell & Phonics

Game Anak Yang Mendidik ABC Spellings
Sumber: Yandex.com

Game belajar anak anak selanjutnya ada ABC Spelling – Spell & Phonics. Game yang dapat diunduh secara gratis di Play Store ini akan mengajarkan buah hati untuk bejalar membaca, HappyFams. Metode yang digunakan pun sangat menarik dengan menyusun nama dari huruf acak, serta dilengkapi dengan bagaimana cara untuk mengeja dan membacanya.

Itulah 7 game anak yang mendidik untuk si kecil yang hobi bermain gadget, dan HappyFams wajib mencoba salah satunya untuk mengisi quality time bersama di kecil! Jangan lupa tetap monitor penggunaan gadget anak ya! Bagaimana dengan pengalaman Moms dan Dads? Share di kolom komentar yuk! Semoga bermanfaat.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Game Anak Yang Mendidik Untuk Si Kecil Yang Hobi Main Gadget!"