7 Game Anak Edukasi Untuk Melatih Bahasa Inggris Si Kecil, Wajib Coba!

Waktu Baca: 6 menitSelasa, 10 September 2019 11:00 WIB
7 Game Anak Edukasi Untuk Melatih Bahasa Inggris Si Kecil, Wajib Coba Cover Happinest
Sumber: Yandex.com

Happinest.id - Di tengah era globalisasi, kebutuhan untuk menguasai bahasa inggris manjadi suatu hal yang wajib saat ini. Tak hanya sebagai tuntutan perkembangan zaman saja, namun sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang agar tetap relevan dan menyesuaikan dengan kompetensi yang kian dibutuhkan di masa depan. Tak heran, kini semakin banyak orangtua yang wajib membiasakan bahasa inggris sejak kecil pada anak. Lantas, bagaimana cara untuk mengajarkan anak bahasa Inggris dengan menyenangkan? Tenang saja, HappyFams! Salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan edukasi melalui game! Apa saja game yang bagus untuk melatih kemampuan bahasa inggris anak? Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Belajar Bahasa Inggris Sambil Mengasah Kreativitas Menggambar Dengan Aplikasi Game Drawing for Kids and Toddlers

Game Anak Edukasi Drawing for Kids and Toddlers
Sumber: Yandex.com

Moms dan Dads tidak bisa memungkiri bahwa anak-anak cenderung lebih tertarik untuk bermain dibanding belajar. Maka dari itu, dibutuhkan keahlian untuk mengelola aktivitas si kecil agar memiliki nilai edukasi di dalamnya. Nah, Drawing for Kids and Toddlers merupakan aplikasi gratis di Play Store berupa game bernilai edukasi yang bisa diberikan kepada anak.

Drawing for Kids and Toddler sendiri merupakan game anak yang besar kemungkinan untuk disukai anak-anak lho, HappyFams. Ketika mewarnai dan menggambar karakter, anak dapat diajarkan mengenai nama warna serta karakter yang digambarnya dalam bahasa Inggris. Hal ini akan membantu si kecil menghafal lebih cepat. Tentu saja didampingi bersama orang tua, ya!

2. Mengasah Kemampuan Bahasa Inggris Dari Berbagai Karakter Unik Melalui Aplikasi Game Duolingo

Game Anak Edukasi Duolingo
Sumber: Yandex.com

Game belajar bahasa Inggris untuk anak selanjutnya adalah Duolingo. HappyFams harus tahu kalau game ini memang dirancang khusus untuk mengajarkan bahasa asing kepada anak-anak. Jadi, tidak hanya bahasa Inggris saja yang diajarkan, melainkan berbagai bahasa asing lainnya seperti Jepang, Jerman, Prancis, Spanyol, Korea, dan Mandarin.

Tampilan dari Duolingo juga didesain sedemikian rupa agar dapat menarik perhatian si kecil dengan bentuk berbagai karakter yang unik. Pelajaran yang diperoleh dari game ini juga sangat bervariasi, mulai dari membaca, menulis, mendengarkan, dan juga berlatih berbicara, yang mana semua merupakan poin penting dalam mempelajari bahasa.

3. Crossword Puzzle for Kids, Asah Otak Sekaligus Belajar Bahasa Inggris

Game Anak Edukasi Crossword Puzzle for Kids
Sumber: Yandex.com

Sama seperti kedua game sebelumnya, Crossword Puzzle for Kids juga dapat diunduh di Play Store secara gratis. Tetapi sebelum itu, HappyFams sebaiknya tahu dulu apakah anak suka mengisi teka-teki silang (TTS) atau tidak, ya! Karena apabila si kecil tidak menikmati permainan yang dilakukan, maka hasil pembelajaran tidak akan maksimal.

Nah, Crossword Puzzle for Kids sendiri adalah game pendidikan untuk anak SD yang memang didesain dengan sasaran anak hingga usia sampai 10 tahun. Tampilan TTS-nya juga sangat friendly, sehingga tidak membosankan. Selain bermain, anak juga akan memperoleh pengetahuan bahasa Inggris dari jawaban teka teki silang yang dikerjakannya.

4. Animal Sounds, Mengenali Berbagai Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris

Game Anak Edukasi Animal Sounds
Sumber: Yandex.com

Salah satu poin utama dalam belajar bahasa Inggris adalah melatih pendengaran. Meskipun game satu ini tidak memperdengarkan bahasa Inggris, tetapi si kecil dapat melatih hubungan antara kemampuan pendengaran dan penglihatannya. Kedua hal tersebut memang perlu diselaraskan agar ingatan yang tercipta dapat bertahan dalam jangka waktu lama.

Sesuai dengan nama game-nya yaitu Animal Sounds, anak dapat mendengarkan berbagai suara binatang di sini HappyFams. Tidak hanya mendengarkan saja, di layar juga ditampilkan gambar dari suara tersebut serta namanya dalam bahasa Inggris. Jadi, ketika mendengar suara mengeong, anak akan mengingatnya sebagai ‘cat’ dan menghafal kata tersebut lebih cepat.

5. Serunya Belajar Bahasa Inggris Di Permainan Pinkfong Numbers Zoo

Game Anak Edukasi Pinkfong Number Zoo
Sumber: Yandex.com

Pinkfong Numbers Zoo merupakan game belajar bahasa Inggris untuk anak yang diluncurkan oleh produser Baby Shark. Game ini memadukan antara pengetahuan matematis dan bahasa untuk anak. Sambil belajar berhitung, anak juga dapat seligus belajar berbahasa Inggris. Tampilan game belajar bahasa Inggris untuk balita ini juga menarik dan mudah dimengerti.

Buah hati dapat belajar berhitung dari angka 1 sampai dengan 100 di sini. Nah, setiap kali anak berhasil menyelesaikan satu aktivitas, aplikasi game edukasi ini akan memberikan stiker binatang yang dikumpulkan. Selain itu game ini juga menawarkan tidak hanya satu namun lima pilihan bahasa, yaitu China, Korea, Jepang, Spanyol, dan tentu saja Inggris.

6. Mudahnya Belajar Membaca Bahasa Inggris Dengan ABC Spelling – Spell & Phonics

Game Anak Edukasi ABC Spellings
Sumber: Yandex.com

Tidak ada salahnya mulai mengajarkan buah hati membaca dengan bahasa Inggris, lho, HappyFams. Ini tentunya bukan berarti menganaktirikan bahasa Indonesia ya, karena sebagai bahasa ibu, pemahaman tentang bahasa tersebut akan lahir dengan sendirinya. Salah satu game edukasi yang dapat coba diberikan pada anak adalah ABC Spelling – Spell & Phonics.

Game edukasi yang dapat diunduh secara gratis di Play Store ini akan membantu mengajarkan alfabet serta membaca kepada anak. Tentunya dengan cara yang lebih seru dan asyik, Moms dan Dads! Mulai dari nama-nama huruf, cara mengeja, dan bacaan-bacaan yang menarik. Selain itu aplikasi ini juga bersuara, sehingga sangat bermanfaat untuk melatih kecakapan bahasa.

7. Menggunakan Flashcards Sebagai Media Belajar Bahasa Inggris Anak

Game Anak Edukasi Flashcards
Sumber: Yandex.com

Melatih kemampuan bahasa Inggris lewat media game tidak harus hanya berbasis aplikasi lho, HappyFams. Kalau punya waktu luang memang sebaiknya belajar dilakukan secara langsung, karena dapat menjadi ajang untuk membangun emosi antara orang tua dan anak. Belajar bahasa Inggris untuk anak juga dapat dicoba dengan menggunakan flashcards yang saat ini sudah banyak dijual atau diunduh melalui website.

Ada banyak sekali tema dari flashcards yang dapat HappyFams gunakan. Mulai dari binatang, luar angkasa, fenomena alam, dan masih banyak lagi. Bahkan HappyFams juga bisa bermain ular tangga dan menggunakan media lagu untuk menumbuhkan kemampuan bahasa Inggris si kecil, lho. Flashcards dapat ditemukan dengan mudah dengan harga yang terjangkau, sehingga Moms dan Dads tidak akan kesulitan untuk mencoba permainan ini.

Itulah 7 game anak edukasi untuk melatih bahasa Inggris buah hati yang dapat HappyFams coba terapkan di rumah. Game anak edukasi tersebut dapat Moms dan Dads coba ketika menghabiskan quality time bersama anak. Tentunya jangan lupa juga untuk memahami metode pendidikan anak di rumah untuk membantu si kecil. Bagaimana dengan HappyFams? Apakah punya metode khusus untuk mengajarkan si kecil agar lancar berbahasa inggris? Share yuk!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Game Anak Edukasi Untuk Melatih Bahasa Inggris Si Kecil, Wajib Coba!"
related post
Cara Komunikasi Yang Baik Antara Orang Tua Milenial Dengan Anak-anak

HappyFams, Komunikasi merupakan sebuah hal yang tidak bisa kita pisahkan dari kehidupan sehari-hari. Untuk bisa ... Lanjut Baca