7 Dekorasi Ruang Keluarga Yang Bikin Rumah Makin Terasa Cozy

Waktu Baca: 4 menitKamis, 09 April 2020 11:35 WIB
dekorasi-ruang-keluarga-3951
Sumber: Yandex.com

Happinest.id - Tinggal di rumah idaman adalah impian bagi sebagian besar orang, apalagi jika rumah tersebut dibangun dan didesain sesuai keinginan. Seperti yang kita ketahui bahwa rumah tidak hanya sebagai tempat tinggal saja, namun juga menjadi tempat berkumpul, serta memberikan rasa nyaman setelah lelah beraktivitas seharian. Tidak heran, jika saat ini pengaturan tata letak ruangan pada rumah menjadi hal yang harus diperhatikan demi menambah kenyamanan bagi setiap penghuninya.

Salah satu tempat di dalam rumah yang paling bisa dijadikan tempat berkumpul semua anggota keluarga apalagi jika bukan ruang keluarga. Di ruang keluarga inilah tempat di mana keluarga berbagi cerita, mengobrol, bercengkrama, menonton televisi, bermain, dan berdiskusi. Penataan ruang keluarga yang tepat akan membuat suasana ruang keluarga menjadi cozy. Berikut beberapa inspirasi dekorasi ruang keluarga yang bisa ditiru untuk ruang keluarga HappyFams!

1. Dekorasi Ruang Keluarga Dengan Gaya Minimalis

dekorasi ruang keluarga minimalis
Sumber: Pinterest.com

Sebagian besar keluarga di Indonesia mengusung tema minimalis untuk rumah yang pertama kali ditempati, khususnya untuk pasangan baru menikah. Tidak heran, jika interior rumah pun juga disesuaikan dengan gaya minimalis, tidak terkecuali ruang keluarga. Dekorasi ruang keluarga minimalis memang menonjolkan kesederhanaan, namun tetap kekinian, tidak menggunakan barang berukuran besar, tanpa ukiran atau bentuk rumit sekalipun pada furniturnya. Selain itu, pemilihan warna juga harus diperhatikan, biasanya rumah gaya minimalis cenderung menggunakan warna putih, hitam, abu-abu, cream atau coklat. Sangat cocok untuk keluarga kecil yang baru menikah.

2. Dekorasi Ruang Keluarga Dengan Gaya Sederhana

dekorasi ruang keluarga sederhana
Sumber: Roomclip.com

Bagi keluarga yang ingin acara berkumpul terasa lebih akrab dan hangat, dekorasi ruang keluarga sederhana bisa menjadi pilihan. Pemilihan furnitur juga biasanya hanya mengutamakan perabot utama saja, seperti sofa yang empuk dan nyaman, sebuah meja kecil, serta hiasan kecil dengan bentuk simpel untuk membuat ruang keluarga tampak semakin cantik dan nyaman untuk ditempati. Untuk warna pada umumya tidak terlalu diperhatikan, namun beberapa orang lebih mengutamakan warna putih sebagai pilihan. Dekorasi ruang keluarga seperti ini umumnya diperuntukan untuk keluarga yang mengutamakan kebersamaan.

3. Dekorasi Ruang Keluarga Pada Ruangan Kecil

dekorasi ruang keluarga kecil
Sumber: Livingroominterior.top

Jika rumah HappyFams tidak terlalu besar, namun tetap ingin memiliki sebuah ruang keluarga, inilah inspirasi dekor rumah yang sesuai. Dekorasi ruang keluarga kecil tetap bisa diwujudkan kok, HappyFams! Cukup lengkapi ruang keluarga dengan perabot penting saja, seperti meja kecil dan televisi. Kemudian, untuk membuat ruang keluarga yang kecil menjadi lebih luas sebaiknya ganti tempat duduk atau sofa menggunakan karpet lembut sebagai alas duduk, serta posisikan juga televisi dengan cara ditempel pada dinding. Ruang keluarga model ini sangat cocok bagi keluarga yang baru memiliki anak kecil dan membutuhkan ruang gerak luas terutama bagi anak baru belajar merangkak dan berjalan.

4. Dekorasi Ruang Keluarga Dan Ruang Makan

dekorasi ruang keluarga dan ruang makan
Sumber: Floridadecor.top

Beberapa rumah dirancang tidak menggunakan partisi permanen untuk membagi ruang satu dengan ruangan lainnya. Biasanya, bagian ruangan yang tidak menggunakan batasan tersebut, yakni ruang keluarga dan ruang makan. Tidak heran jika dekorasi ruang keluarga dan ruang makan biasanya cenderung memiliki satu tema. Penempatan dua ruangan ini bertujuan agar kebersamaan setiap anggota keluarga tetap ada, meskipun berada di ruang yang berbeda. Sedangkan, fungsi lain dekorasi model ini membantu orangtua untuk dapat tetap bisa mengawasi buah hati. Pembagian kedua ruangan tersebut biasanya menggunakan sofa, meja makanan, atau karpet yang tidak telalu memakan banyak tempat.

5. Dekorasi Ruang Keluarga Gaya Modern Dan Mewah

dekorasi ruang keluarga mewah
Sumber: Decorhomesideas.com

Bila mempunyai budget lebih, serta ruangan yang cukup besar, maka inspirasi dekorasi ruang keluarga mewah ini sangat tepat untuk HappyFams! Mungkin, sebagian orang merasa ruang keluarga yang nyaman harus dilengkapi oleh fasilitas modern, mulai dari tempat duduk yang super empuk, televisi berukuran besar, sistem audio lengkap, serta dilengkapi pencahayaan, dan hiasan yang cantik. Meskipun begitu, pahamilah juga bahwa yang terpenting adalah kebersamaan, serta waktu berkumpul bersama keluarga tercinta.

6. Dekorasi Ruang Keluarga Dengan Nuansa Warna Pink

dekorasi ruang keluarga sederhana dan kecil
Sumber: Genesisstylemag.com

Bagi pecinta warna merah muda, inspirasi dekorasi ruang keluarga kekinian satu ini boleh ditiru. Warna pink yang lembut, dipadukan dengan warna abu-abu, dan warna pendukung lainnya membuat suasana ruang keluarga terasa cozy sehingga membuat penghuninya betah untuk berkumpul lebih lama di sini. Pemilihan hiasan untuk ruang keluarga juga harus diperhatikan, seperti menambahkan hiasan gantung dengan memanfaatkan ruang kosong pada dinding atau hiasan meja yang tidak telalu besar, serta dapat memakan banyak tempat.

7. Dekorasi Ruang Keluarga Dengan Warna Colourful

dekorasi ruang keluarga kecil dan minimalis
Sumber: Joybird.com

Ruang keluarga tidak harus menggunakan warna netral seperti putih, abu-abu, atau coklat saja untuk menujukan kebersamaan. HappyFams bisa juga memilih warna-warna cerah atau colorful untuk menunjukan keceriaan di dalam keluarga. HappyFams bisa memfokuskan pemilihan sofa yang nyaman dengan warna cerah seperti kuning atau merah sebagai fokus dari ruang keluarga. Sebagai tambahan, lengkapi pula sofa dengan bantal dengan warna yang tidak kalah cerah. Ada baiknya warna dinding berwarna putih untuk membuat suasana ruang keluarga lebih menyatu.

Itulah tadi beberapa inspirasi dekorasi ruang keluarga yang bisa HappyFams tiru. Apakah ada yang menjadi favorit? Hal terpenting yakni sesuaikan dengan budget serta ukuran ruangan yang tersedia serta utamakan pula kenyamanan setiap anggota keluarga. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Dekorasi Ruang Keluarga Yang Bikin Rumah Makin Terasa Cozy"
related post
Pengaruh Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Anak-Anak

happinest.id - Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) bukan sesuatu yang asing bagi sebagian besar masyarakat. ... Lanjut Baca

Tips Dan Trik Dekorasi Rumah Untuk Mencerahkan Kamar Yang Gelap

Apa jadinya ketika capek dan lelah melanda, kemudian sampai rumah menemukan sudut-sudut ruangan yang gelap. ... Lanjut Baca

Kamar Anak Tak Selalu Dominasi Pink Dan Biru, Warna Ini Juga Bagus

Menurut Dads, apa warna cat terbaik untuk kamar anak? Pasti kebanyakan memilih pink untuk kamar ... Lanjut Baca