7 Cara Terapkan Work Life Balance Di Kantor Agar Kinerja Optimal

Waktu Baca: 6 menitMinggu, 04 Agustus 2019 11:00 WIB
Cara Terapkan Work Life Balance Di Kantor
Sumber: Yandex.com

Apakah Dads pernah mendengar istilah work life balance? Maksud dari istilah tersebut adalah ‘keseimbangan dalam kehidupan kerja’ yang menunjukkan kondisi seimbang antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Biasanya seseorang yang menyadari pentingnya manajemen waktu sangat menyadari hal ini. Di mana ia tetap bisa memenuhi kebutuhan pribadi seperti istirahat dan bersosialisi tanpa mengganggu kewajibannya dalam bekerja.

Sayangnya, tidak semua orang menyadari hal ini karena kantor biasanya cenderung menutut terlalu berlebihan. Salah satu contohnya adalah kerja lembur. Jika Dads juga termasuk salah satu orang yang kurang menyadari pentingnya work life balance dalam hidup, tidak perlu khawatir! Dads masih bisa menerapkannya mulai dari sekarang dengan mengetahui 7 cara terapkan work life balance di kantor. Yuk simak penjabarannya berikut!

1. Menyelesaikan Sisa Pekerjaan Kantor Esok Hari

Cara Terapkan Work Life Balance Di Kantor Menyelesaikan Sisa Pekerjaan Kantor Esok Hari
Sumber: Tr.toluna.com

Banyak orang yang menganggap bahwa pekerjaan kantor yang diberikan harus selesai ketika meninggalkan kantor. Alasannya juga mudah diterima, karena pulang ke rumah dalam kondisi masih ada pekerjaan di kantor hanya memberi beban pikiran. Apakah Dads juga berpikir demikian? Anggapan seperti ini harus diubah, Dads.

Ketika waktu bekerja telah habis, maka itulah saatnya waktu untuk diri sendiri dan keluarga, dan jangan sekali-kali membawa pekerjaan pulang ke rumah ya, Dads. Bagaimanapun juga Dads mempunyai kewajiban untuk memenuhi hak diri sendiri dan juga hak keluarga, seperti beristirahat, bermain dan berkumpul dengan keluarga. Jadi kalau ada sisa pekerjaan di kantor, sebaiknya selesaikan esok hari saat kembali ke kantor ya, Dads.

2. Meninggalkan Kantor Ketika Jam Pulang

Cara Terapkan Work Life Balance Di Kantor Meninggalkan Kantor Ketika Jam Pulang
Sumber: Hdfootagestock.com

Pekerjaan sejatinya tidak pernah ada habisnya, Dads. Hari ini ada pekerjaan, besok ada lagi, dan begitu seterusnya. Oleh sebab itu cobalah untuk mengubah pandangan jika setiap pekerjaan yang dibebankan harus selesai pada saat itu juga. Apalagi kalau sampai merelakan untuk lembur. Sebaiknya hentikan kebiasaan ini jika Dads termasuk tipe orang yang seperti ini.

Cobalah terapkan sistem ‘teng-go’ yang artinya ketika waktu kerja sudah berakhir, segeralah bersiap untuk pulang. Dengan begitu Dads dapat meraih work life balance di dunia kerja tanpa menyiakan waktu untuk diri sendiri dan keluarga. Akan tetapi, pastikan juga kalau Dads selalu datang tepat waktu dan menggunakan jam kerja dengan efektif ya. Jadi Dads dapat berpedoman pada durasi jam kerja dan bisa menyelesaikan pekerjaan kantor sesuai jadwalnya.

3. Memanfaatkan Waktu Luang Dengan Baik

Cara Terapkan Work Life Balance Di Kantor Memanfaatkan Waktu Luang Dengan Baik
Sumber: Axa.com.sg

Salah satu cara penting mendapatkan work life balance, yaitu dengan menikmati waktu luang dengan optimal. Misalnya ketika Dads memiliki waktu luang saat hari libur kerja, maka manfaatkanlah waktu tersebut dengan baik, entah itu untuk beristirahat dan melakukan me time dirumah, berkumpul dengan keluarga, atau mengajak keluarga untuk travelling.

Sebisa mungkin lupakanlah pekerjaan kantor dan Dads fokus saja untuk menikmati waktu luang tersebut. Rileks! Semua memiliki waktunya masing-masing termasuk istirahat dan kerja. Porsinya juga harus seimbang, Dads. Kalau tidak begitu bisa-bisa Dads stress sendiri akibat selalu memikirkan dan terbebani pekerjaan kantor.

4. Menjaga Kesehatan Jiwa Dan Raga

Cara Terapkan Work Life Balance Di Kantor Menjaga Kesehatan Jiwa Dan Raga
Sumber: Cheatsheet.com

Menyeimbangkan antara kesehatan jiwa dan raga juga merupakan salah satu cara menjaga work life balance untuk hidup produktif lho, Dads. Cukup dengan rutin melakukan olahraga, maka keseimbangan antara keduanya bisa terjaga. Olahraga dipercaya dapat membuat tubuh lebih sehat, yang juga berimplikasi terhadap kinerja yang bisa dihasilkan oleh tubuh.

Bukankah kalau tubuh sehat, maka Dads dapat bekerja lebih optimal? Jangan lupa juga untuk memperhatikan asupan gizi untuk tubuh. Kalau sudah waktunya makan, segeralah makan. Jelas karena makanan adalah sumber energi utama untuk manusia. Apa gunanya kerja terlalu keras sampai melewatkan waktu makan kalau hanya berujung sakit?

5. Menyadari Bahwa Setiap Pekerjaan Tidak Harus Sempurna

Cara Terapkan Work Life Balance Di Kantor Menyadari Bahwa Setiap Pekerjaan Tidak Harus Sempurna
Sumber: Hellosehat.com

Apakah Dads salah satu orang yang memiliki sikap perfeksionis dalam pekerjaan? Kalau iya, sebaiknya segeralah untuk menata ulang sikap tersebut, Dads. Ingat, tidak ada yang sempurna di dunia ini, kecuali Tuhan. Sesekali menuntut pekerjaan dengan hasil sempurna mungkin baik, tetapi kalau semua harus sempurna sepertinya juga terkesan berlebihan ya. Jadi, kenalilah bahasa tubuh Dads sendiri, kalau sudah menunjukkan gejala lelah maka berikan hak tubuh untuk beristirahat. Tidak perlu terlalu memaksakan diri ya, Dads!

6. Mengunjungi Tempat Baru Di Sekitar Rumah Dan Kantor

Cara Terapkan Work Life Balance Mengunjungi Tempat Baru
Sumber: Yandex.com

Kadangkala rutinitas yang telah berjalan dalam kurun waktu lama dapat menciptakan rasa jenuh ya, Dads. Bahkan sekedar melalui perjalanan antara kantor dan rumah juga terasa membosankan. Kalau Dads tipe orang yang mempunyai hidup lurus-lurus saja tanpa perubahan, cobalah untuk melakukan sesuatu di luar kebiasaan.

Contohnya mencari tahu tempat yang sedang hits di dekat kantor atau rumah. Jadi setelah pulang kerja, dibanding langsung ke rumah tidak ada salahnya untuk mampir terlebih dahulu di tempat tersebut bersama teman. Atau Dads juga bisa mengajak keluarga tercinta yang pastinya akan membuat mereka senang.

7. Menciptakan Suasana Menyenangkan di Kantor

Cara Terapkan Work Life Balance Menciptakan Suasana Menyenangkan
Sumber: Yandex.com

Meskipun kantor identik dengan tempat untuk bekerja dan mencari penghasilan, bukan berarti keseharian Dads harus fokus di situ saja. Coba bayangkan kalau seharian di kantor dan yang dilakukan hanya bekerja terus menerus. Kira-kira dampaknya bagus tidak, Dads? Tentu saja jawabannya tidak. Oleh sebab itu cobalah untuk menciptakan suasana yang menyenangkan di kantor. Hal ini juga menjadi cara penting mendapatkan work life balance di kantor lho, Dads.

Misalnya membahas topik ringan ketika berjalan menuju pantry atau mampir ke meja rekan kerja Dads sambil menanyakan pertanyaan ringan. Tidak perlu lama-lama juga, cukup tiga sampai lima menit, karena tujuannya memang hanya untuk menetralkan pikiran sejenak. Dan ingatlah untuk tidak kebablasan sampai lupa waktu.

Itulah 7 cara terapkan work life balance di kantor yang dapat Dads terapkan agar kinerja yang dihasilkan lebih optimal. Kalau Dads memiliki pertanyaan ataupun tips dan saran lainnya jangan lupa untuk meninggalkan komentar di bawah ya, Dads. Semoga bermanfaat!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Cara Terapkan Work Life Balance Di Kantor Agar Kinerja Optimal"
related post
5 Tips Membina Keluarga Bahagia Dan Harmonis, Dunia Akhirat

Keluarga bahagia adalah dambaan setiap orang, Moms bisa mengikuti tips membina keluarga bahagia yang cocok ... Lanjut Baca

Pekerjaan Rumah Tangga Merupakan Kewajiban Siapa Ketika Berkeluarga

Pekerjaan rumah terkadang memang cukup berat untuk dilakukan. Walaupun sebenarnya tidak juga, namun rasa lelah ... Lanjut Baca