7 Cara Mudah Membagi Waktu Antara Keluarga Dan Pekerjaan. Sudah Coba?

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 21 Mei 2019 10:10 WIB
Tips Membagi Waktu Antara Pekerjaan Dan Keluarga
Sumber: Unsplash

Sebagai orang tua yang bekerja, memang tidak mudah membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Seringkali Dads terlalu sibuk mengurusi pekerjaan kantor hingga melupakan urusan rumah termasuk mengurus anak. Malahan, terkadang Dads dihadapi pilihan berat antara menyelesaikan pekerjaan kantor atau memberikan waktu untuk keluarga. Padahal, anak-anak membutuhkan perhatian dan bimbingan dari orang tua baik dari sosok ibu maupun sosok ayah.

Memilih salah satu memang sulit. Maka, Dads perlu membagi waktu agar keduanya bisa berjalan lancar. Ketidakseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan keluarga bisa jadi membuat Dads menyesal di masa depan lho. Meski tidak mudah untuk dapat melakukan keduanya dengan baik, bukan berarti Dads tidak bisa membagi waktu untuk keluarga dan kerja. Dads masih bisa menyelesaikan semua peran dengan tepat, asalkan mengikuti cara orang sukses membagi waktu berikut ini!

1. Membuat To Do List Dapat Membuat Hidup Dads Lebih Terorganisir, Lho!

membuat to do list
Sumber: Hubspot

Dalam waktu 24 jam sehari, Dads harus melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan yang padat. Untuk dapat menikmati waktu bersama keluarga selepas pulang kantor, Dads perlu memikirkan strategi manajemen waktu kerja dan keluarga yang baik. Salah satu cara yang tepat untuk dapat melakukan manajemen waktu yang baik ialah dengan melakukan rencana kegiatan. Selanjutnya Dads bisa membagi kegiatan berdasarkan prioritas, sehingga Dads tidak akan melewatkan kegiatan yang penting dan tetap memiliki waktu luang untuk keluarga.

2. Biasa Mendisiplinkan Diri Membuat Hampir Semua Tujuan Bisa Tercapai

Membagi Waktu Keluarga Dan Pekerjaan Dengan Mendisiplinkan Diri
Sumber: Unsplash.com/Brad Neathery

Cara mudah atur waktu pekerjaan dan keluarga selanjutnya yaitu biasa mendisiplinkan diri. Kalau memang tidak perlu ditunda, jangan menunda-nunda hal yang harus dilakukan ya, Dads. Dads harus menyadari bahwa waktu yang Dads punya untuk melakukan berbagai kegiatan yang ingin dilakukan baik di kantor maupun di rumah. Untuk dapat melakukan semua kegiatan ini, maka Dads harus menetapkan waktu pelaksanaan rencana kegiatan dan mendisiplinkan diri untuk mengikuti perencanaan tersebut. Misalnya untuk mandi membutuhkan waktu 15 menit, memasak 20 menit dan siap siap ke kantor 20 menit. Dengan memiliki kedisiplinan yang baik terhadap waktu, Dads akan bisa menikmati waktu yang lebih longgar bersama keluarga.

3. Sengaja Luangkan Waktu Khusus Bersama Keluarga Agar Mudah Membagi Waktu Antara Keluarga dan Pekerjaan

meluangkan waktu khusus untuk keluarga
Sumber: Wuiling.id

Bekerja yang merupakan pekerjaan dan tanggung jawab Dads, sudah pasti Dads lakukan sehari-hari. Namun, bagaimana dengan mengurus keluarga ataupun memberikan beberapa waktu Dads untuk keluarga? Meskipun Dads tidak dapat menemani aktivitas anak di siang hari, tetapi sebaiknya Dads tetap meluangkan waktu untuk mendengarkan cerita mereka. Misalnya saja waktu makan malam bersama keluarga merupakan saat yang tepat untuk saling berbagi cerita bersama orang-orang terkasih. Dengan meluangkan diri untuk kegiatan ini, anak akan tetap merasa mendapatkan perhatian dari orang tuanya.

4. Istirahat yang Cukup Akan Mendukung Dads Lebih Berkonsentrasi Dalam Menjalani Aktivitas

ayah antar anak
Sumber: Liputanbanten.co.id

Apabila Dads memiliki kebiasaan begadang, sebaiknya dikurangi mulai dari sekarang ya. Sebab kondisi tubuh yang kurang istirahat, akan membuat Dads mudah letih ketika melakukan berbagai aktivitas. Lebih baik waktu luang atur waktu malam Dads untuk istirahat agar bisa beraktivitas dengan kondisi prima di siang harinya. Dengan bangun lebih pagi, Dads pun akan lebih banyak menyelesaikan pekerjaan dan to do list lebih awal. Bahkan, menyempatkan diri sarapan pagi bersama keluarga.

5. Sesekali Berangkat Bersama Si Kecil Untuk Pantau Perkembangannya

ayah antar anak
Sumber: Kidskunst.info

Untuk meningkatkan waktu yang berkualitas bersama keluarga, Dads bisa saja pergi ke kantor sekaligus mengantar si kecil ke sekolah lho. Walaupun cuma sebentar, hal ini dapat memperkuat hubungan keluarga yaitu antar anak dan ayah. Memiliki waktu berdua dengan si kecil dapat mendorong ia untuk lebih percaya kepada Dads dan menceritakan apapun hal yang ia temui dan ingin pertanyakan. Cerita si kecil bisa jadi sederhana dan tidak jelas, tapi jangan ragu untuk mendengarkan dan mencoba memahami si kecil ya, Dads. Hal ini untuk membangun hubungan ayah-anak dan lebih kompak dalam mengurus sesuatu ke depannya.

6. Melibatkan Anak dalam Urusan Rumah Bisa Membantu Dads, Lho!

melibatkan anak dalam urusan rumah
Sumber: Apple Tree BSD

Bagi orangtua yang bekerja, mengurus rumah mungkin menjadi salah satu hal yang sulit dilakukan. Untuk membuat rumah yang ditinggali bersama oleh keluarga bersih dan nyaman, libatkan langsung anak untuk mengurus rumah. Tanamkan rasa tanggung jawab kepada mereka sedini mungkin. Diantaranya bisa dilakukan dari cara yang termudah yaitu mengajarkan anak merapikan kasur tak lama setelah ia bangun tidur, dan juga dengan meletakkan pakaian kotor ke dalam tempat cucian pakaian kotor. Melalui hal ini, anak sedari kecil akan tanggap untuk membantu orangtuanya mengurusi pekerjaan rumah termasuk lebih peka terhadap kebutuhan anggota keluarga.

7. Menghubungi Anggota Keluarga Secara Rutin Saat Istirahat Bekerja, Untuk Sekadar Memastikan Keadaan Keluarga Baik-Baik Saja

menghubungi keluarga secara rutin
Sumber: Media Apa Kabar

Beruntung saat ini teknologi sudah semakin canggih, sehingga saat ini jarak bukanlah suatu penghalang untuk berkomunikasi dengan keluarga. Hidup bahagia dapat Dads dapatkan dengan rajin berkomunikasi dengan istri dan anak, simak tips hidup bahagia ini. Ketika waktu istirahat saat melakukan pekerjaan atau sedang tidak bisa pulang ke rumah, Dads bisa hubungi keluarga tanyakan kabar beserta bagaimana hari mereka. Dengan menjalin komunikasi yang baik dalam suatu keluarga, hubungan yang harmonis akan terbangun, si kecil pun tetap bisa mendapatkan perhatian dari ayahnya.

Seorang ayah memang memiliki tanggung jawab yang besar. Selain Dads bertanggung jawab terhadap pembiayaan dan keperluan keluarga, Dads juga harus memerhatikan kebahagiaan keluarga dengan memberi perhatian. Untuk itu, Dads perlu melakukan manajemen waktu keluarga dan karir yang baik untuk menciptakan keluarga kecil yang bahagia. Jadi, jangan ragu untuk menolak hal-hal yang hanya membuang waktu Dads. Yuk, share artikel ini dan beri komentar mengenai bagaimana hal-hal yang sudah Dads lakukan untuk membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Cara Mudah Membagi Waktu Antara Keluarga Dan Pekerjaan. Sudah Coba?"
related post
5 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda Sampai Hamil Tua

Memperhatikan posisi tidur ibu hamil sangat penting ketika Moms sedang mengandung. Menjalani masa kehamilan adalah ... Lanjut Baca

Cara Menghadapi Istri Suka Ngambekan Berhari-hari Menurut Islam

Dalam berumah tangga tentu wajar apabila terjadi perselisihan hingga menyebabkan istri ngambek. Ada banyak penyebab ... Lanjut Baca

7 Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui Ini, Dapat Berpengaruh Pada Gizi Bayi

Untuk Moms setelah melahirkan adalah saat yang paling tepat untuk memberikan ASI kepada sang buah ... Lanjut Baca