7 Cara Meningkatkan Work Life Balance Untuk Orangtua Milennial

Waktu Baca: 6 menitSenin, 06 Mei 2019 09:15 WIB
Meningkatkan Work Life Balance Untuk Orangtua Milenial
Sumber: Unsplash.com/Drew Gilliam

Dalam kehidupan orangtua modern, seringkali Moms dan Dads harus menghadapi kenyataan bahwa selain mengurus rumah tangga dan anak, keduanya juga wajib bekerja. Tentu saja setiap keluarga ingin memiliki kehidupan yang mapan sehingga masa depan anak bisa terjamin. Namun, hidup bukan hanya tentang bekerja saja, bukan? Nah, agar mencapai work life balance untuk para orangtua millenials dalam kehidupan sehari-hari, berikut 7 cara dan tips yang bisa dilakukan untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi sebagai orangtua.

1. Ubah Mindset Moms Dan Dads Bahwa Work Life Balance Bukan Hal Mustahil Untuk Dicapai

Work life balance sebenarnya tidak sulit untuk diwujudkan. Asalkan Moms dan Dads mau menggunakan mindset yang benar terlebih dahulu. Tanamkan dalam pikiran, bahwa menjadikan work life balance mudah, asalkan memiliki pola pikir yang tepat. Berikan sugesti dalam pikiran Moms dan Dads untuk bisa mewujudkan work life balance sebaik-baiknya. Pahami bahwa Anda adalah apa yang Anda pikirkan. Positive mind will give you positive life.

2. Meningkatkan Manajemen Kelola Waktu Harian Agar Lebih Efisien

Setiap orang diberikan jatah waktu yang sama, yakni 24 jam. Jangan berpikir bahwa Moms dan Dads tidak memiliki waktu. Bisa jadi, waktu terasa tidak cukup karena selama ini ada beberapa waktu yang terbuang sia-sia tanpa dimanfaatkan secara maksimal. Pahami dulu bahwa membuang waktu sama dengan membuang banyak kesempatan dan peluang meraih kesuksesan dalam hidup. Jadi, meningkatkan manajemen kelola waktu harian menjadi salah satu cara yang wajib dilakukan Moms dan Dads bila ingin sukses mengimbangi waktu bekerja dan mengurus anak.

Tulislah daftar tugas harian yang ingin diselesaikan, rinci sesuai dengan prioritas, kemudian tulis jatuh temponya. Pahami juga tugas mana yang membutuhkan waktu lama untuk mengukur waktu yang perlu dialokasikan. Usahakan lakukan satu tugas pada satu waktu agar lebih efisien dan mengurangi stres. Jangan lupa juga berikan batas waktu, serta beristirahat sejenak dalam menyelesaikan berbagai tanggungjawab harian diantara pekerjaan dan urusan rumah.

3. Memaksimalkan Produktifitas Kerja Saat Berada Di Jam Kantor

Berada di kantor 9 to 5 tentu harus memaksimalkan waktu agar menjadi lebih produktif. Bekerjalah dengan penuh fokus dan konsentrasi agar pekerjaan yang ada tidak menumpuk di kantor. Bila Moms dan Dads bekerja sebagai pengusaha, pilihlah segera prioritas yang ingin dikerjakan. Dengan begitu, project yang dikerjakan pun akan lebih cepat selesai sehingga bisa mengerjakan tugas lain dan bisa membagi waktu dengan urusan keluarga. Lakukan tips ini dengan konsisten, maka work life balance pun akan bisa Moms dan Dads capai. Usahakan juga semua urusan rumah selesai dengan baik agar Moms dan Dads tidak terganggu konsentrasinya saat bekerja.

4. Memanfaatkan Teknologi Untuk Membantu Memudahkan Hidup

Gaya hidup masyarakat modern saat ini sangat dipengaruhi oleh teknologi. Apalagi sekarang sudah tersedia berbagai aplikasi di dalam smartphone yang bisa membantu memudahkan kehidupan jadi lebih praktis. Tak salah jika memanfaatkan teknologi ini untuk mempercepat kinerja dalam menyelesaikan berbagai prioritas kehidupan, baik pekerjaan maupun urusan rumah tangga. Misalnya, ketika tidak sempat memasak karena pekerjaan begitu padat seharian, maka Moms atau Dads bisa memesan makanan lewat aplikasi online. Atau mengalihkan jadwal belanja pergi ke supermarket dengan berbelanja online sehingga bisa punya quality time dengan keluarga lebih banyak.

5. Membatasi Dan Mengelola Stres Agar Tidak Terbawa Sampai Di Rumah

Laporan yang menumpuk di kantor, ditambah lagi dengan berbagai deadline yang mendesak, terkadang bisa membuat Moms dan Dads menjadi merasa stres. Sehingga tak jarang sampai rumah pun hanya amarah dan mood negatif yang muncul. Dalam kondisi seperti ini, Moms dan Dads akan melihat segala sesuatu menjadi salah dan tidak ada benarnya. Untuk itu, sangat disarankan agar Moms dan Dads bisa mengelola stres dengan lebih baik. Memang, hal ini mungkin sulit untuk dilakukan karena sudah berasumsi segala hal sudah menjadi sulit sejak memiliki anak. Namun, bukan berarti tidak bisa diwujudkan lho, HappyFams!

Untuk mengubah rasa stres menjadi semangat, lakukanlah hal-hal positif yang bisa meningkatkan mood. Salah satu contoh kegiatan yang bisa dijadikan kegiatan agar tidak stres, yaitu berkebun. Memiliki kebun kecil di halaman belakang rumah akan membantu Moms dan Dads mengurangi stres. Menyiram tanaman, merawat tanaman pun juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan mental Moms dan Dads. Yuk coba tips ini mulai dari minggu ini! Sederhana dan mudah, kan?

6. Ada Saatnya Bekerja, Ada Saatnya Memberi Penghargaan Kepada Diri Sendiri

Sesekali Moms dan Dads juga butuh 'me time'. Contohnya, seperti melakukan hobi olahraga, perawatan ke salon dan spa, atau sekedar maskeran di rumah. Me time pada dasarnya sangatlah penting untuk meningkatkan mood positif dalam berbagai hal dalam kehidupan. Saat me time, ada bagian dari ruang di dalam diri sendiri akan merasa lebih rileks dan santai. Penat dan rasa jenuh pun akan berangsur hilang sehingga terjadi peningkatan kualitas hidup yang lebih baik. Jadi, usahakan rutin perawatan paling tidak dua kali sebulan ya! Bagi Dads, meluangkan waktu melakukan hobi futsal di akhir pekan atau berkumpul dengan komunitas otomotif favorit pun bisa jadi pilihan.

7. Bermain Dengan Anak Di Rumah Bisa Mengisi Jiwa Agar Lebih Rileks

Anak kecil merupakan makhluk hidup yang paling sederhana dan simpel tingkah lakunya. Bermain dengan si kecil pun bisa membuat Dads dan Moms sejenak melupakan semua rasa lelah saat bekerja. Tak hanya itu saja, bermain dengan si kecil dan bercengkrama dengannya secara rutin juga bisa salah satu cara meningkatkan kualitas hubungan orangtua dengan sang anak. Ajaklah si kecil bermain rubik atau kerajinan tangan yang bisa membangun saraf kognitifnya. Membaca buku bersama, berolahraga, dan belajar menanam serta merawat tanaman juga menjadi pilihan kegiatan seru dengan si kecil.

Itu dia 7 cara meningkatkan work life balance untuk orangtua milenial di sela-sela kesibukan bekerja serta mengurus rumah tangga. Bagaimana dengan Moms dan Dads? Apakah ada tips lain yang biasa dilakukan Moms dan Dads untuk mencapai work life balance? Share di komentar ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Cara Meningkatkan Work Life Balance Untuk Orangtua Milennial"
related post
Penyakit Serangan Jantung Ringan Dapat Terselamatkan Dengan Cara Ini

Serangan jantung menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Meskipun begitu banyak orang yang ... Lanjut Baca

5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca