7 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Dengan Pola Hidup Seimbang

Waktu Baca: 5 menitSabtu, 04 Juli 2020 07:25 WIB
Meningkatkan Imunitas
Sumber: Pexels.com

Kian hari jumlah positif virus corona terus bertambah. Bahkan pemerintah sudah memberikan aturan untuk selalu di rumah dan membatasi segala bentuk kegiatan atau aktivitas terutama yang banyak dikunjungi oleh banyak orang. Walaupun sudah melakukan pembatasan dengan melakukan karantina atau tinggal di rumah, hal ini belumlah cukup untuk menghindari terpaparnya kuman penyakit.

Ada salah satu cara untuk mencegah tubuh agar tidak mudah terserang penyakit terutama saat masa pandemi virus corona yakni dengan meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh. Memiliki imunitas yang baik dapat melindungi tubuh dari virus corona atau bakteri penyabab beragam jenis penyakit. Meningkatkan imunitas tubuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan menerapkan pola hidup seimbang. Lalu bagaimana cara melakukannya? Yuk Moms kita simak cara meningkatkan imunitas tubuh di bawah ini!

1. Jangan Lupa Untuk Selalu Mengkonsumsi Sayur Dan Buah

meningkatkan imunitas anak
Sumber: Pexels.com

Kita tahu jika sayur dan buah memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di keduanya terbukti dapat memperkuat sistem imunitas, sehingga tubuh tidak mudah terserang virus atau bakteri penyebab beragam jenis penyakit. Bahkan para ahli menyarankan untuk selalu mengkonsuminya setiap hari.

Ada baiknya pilih buah dan sayuran berwarna terutama yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, kaya vitamin A, C dan E, serta tinggi serat seperti anggur, sayuran hijau, kacang-kacangan, keluarga beri, apel, bawang putih, wortel, jeruk, dan aneka jenis jamur.

Bagi Moms yang memiliki masalah buah hati sulit untuk makan buah dan sayur jangan cemas. Moms bisa meningkatkan imunitas anak dengan mengkreasikan buah dan sayur menjadi makanan favoritnya seperti puding buah, jus, nugget sayur dan lainnya. Dijamin anak-anak pasti akan suka dan Moms tidak perlu khawatir lagi.

2. Usahakan Untuk Tidur Dan Beristirahat Yang Cukup

imunitas tubuh yang kuat
Sumber: Freepik.com

Saat ini pemerintah memang mengajurkan untuk selalu berada di rumah, bahkan beberapa perusahan sudah menerapkan WFH (Work From Home). Tidak heran jika banyak orang merasa kesulitan mengatur jadwal kerja dengan urusan rumah, termasuk waktu istirahat. Namun ada juga yang memanfaatkan waktu luang di rumah dengan tidur atau beristirahat melebihi batas.

Perlu diketahui jika kurang tidur atau terlalu berlebihan justru memberikan dampak negatif bagi tubuh, bahkan meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit dan sakit kepala. Untuk mendapatkan manfaatnya terutama mempertahankan imunitas tubuh yang kuat sangat dianjurkan bagi orang dewasa tidur dengan durasi waktu antara 7-8 jam setiap malam.

3. Perlu Pertimbangan Dalam Mengkonsumsi Suplemen dan Herbal

meningkatkan imunitas saat corona
Sumber: Pexels.com

Saat ini ada beragam cara untuk meningkatkan imunitas saat corona. Beberapa di antaranya yakni dengan mengkonsumsi suplemen dan beberapa jenis herbal tertentu guna melengkapi asupan vitamin dan mineral di dalam tubuh. Meskipun keduanya dianggap baik bagi tubuh, namun ada baiknya cari tahu terlebih dahulu kandungan yang ada di dalamnya.

Sebab ada beberapa jenis suplemen atau herbal dapat berinteraksi atau mempunyai cara kerja yang bertolak belakang dengan obat tertentu. Itulah sebabnya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsinya.

4. Rajin Berolahraga Setiap Hari

meningkatkan imunitas tubuh melalui olahraga
Sumber: Pexels.com

Sesibuk apapun kegiatan Moms di rumah, usahakan untuk rutin berolahraga. Menurut para ahli dengan berolahraga dapat merangsang sel-sel darah putih dan antibodi yang berfungsi sebagai agen pembunuh bakteri dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan imunitas tubuh melalui olahraga dapat dilakukan di dalam rumah dengan melakukan aerobik atau melakukan gerakan ringan seperti berjalan atau berlari di sekitar lingkungan tempat tinggal. Moms hanya cukup berolahraga sekitar 30 hingga 45 menit setiap hari dengan intensitas rendah. Moms bisa ajak suami dan anak untuk melakukannya bersama-sama agar olahraga semakin menyenangkan dan tidak membosankan.

5. Jangan Takut Untuk Berjemur

meningkatkan imunitas tubuh kuat
Sumber: Pexels.com

Jika selama ini Moms menghindari sinar matahari karena takut kulit menjadi gelap, coba pikirkan sekali lagi. Ternyata sinar matahari terbukti memberikan banyak manfaat terutama dalam meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D.

Berjemur juga tidak dapat dilakukan sembarangan ya, Moms. Menurut para ahli sinar matahari yang baik adalah antara pukul 08.00 hingga 10.00 pagi. Untuk durasi cukup dilakukan selama 10 – 20 menit setiap kali berjemur dengan intensitas 2 – 3 kali dalam seminggu. Agar lebih maksimal usahakan menggunakan pakaian terbuka agar bagian kulit yang terkena sinar matahari luas. Selain itu jangan lupa gunakan topi untuk melindungi bagian wajah dari sinar matahari saat berjemur, ya Moms.

6. Biasakan Untuk Rutin Minum Air Putih

meningkatkan imunitas tubuh
Sumber: Pexels.com

Seperti yang kita tahu air mempunyai peran amat penting bagi tubuh. Sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumi air sebanyak 8 gelas atau 2 liter setiap harinya. Air dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan sistem metabolisme yang nantinya akan berdampak pada peningkatan daya tahun tubuh.

Tidak hanya itu saja, air juga dapat memperbaiki selaput lendir yang berfungsi melapisi dinding saluran pernafasan. Saluran pernafasan yang kering menjadi media yang cocok untuk perkembangan virus atau bakteri. Jadi jangan malas untuk minum air putih.

7. Usahakan Untuk Menghindari Stress Dan Selalu Berpikiran Positif

meningkatkan imunitas tubuh anak
Sumber: Pexels.com

Jika selama ini Moms merasa stres akibat karena terlalu lama berada di dalam rumah, sebaiknya segera redakan. Stres ternyata dapat menjadi salah satu sumber penyakit karena sel darah putih dan antibodi yang ada di dalam tubuh menjadi tergangggu.

Bisa dikatakan jika stres merupakan tahap awal munculnya suatu penyakit. Saat stres tubuh akan menghasilkan hormon kostisol yang dapat menurunkan fungsi imunitas tubuh. Untuk menghindarinya Moms bisa dimulai untuk selalu berpikiran positif ataupun melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti menonton, olahraga, bersosialisasi via media sosial dan masih banyak lainnya.

Pada dasarnya meningkatkan imunitas tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat tidaklah sulit. Yang terpenting yakni adanya kemauan serta konsistensi diri untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari beragam jenis penyakit. Selamat mencoba ya, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Dengan Pola Hidup Seimbang"
related post
5 Permainan Di Rumah Yang Menyenangkan & Tidak Bosan Bersama Keluarga

Rasa jenuh dan bosan pasti akan dirasakan oleh semua orang. Mencari kegiatan atau suasana baru ... Lanjut Baca