7 Cara Mengatur Keuangan Bulanan Rumah Tangga Saat Ramadan

Waktu Baca: 5 menitSelasa, 21 Mei 2019 13:00 WIB
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Saat Ramadan
Sumber: Pixabay.com/Annca

Moms, banyak sekali nih yang mengeluh karena pengeluaran membengkak saat bulan Ramadan. Kondisi ini pastinya sangat di luar rencana dan akan membuat keuangan bulanan rumah tangga merasakan imbas negatifnya. Itulah sebabnya selama bulan Ramadan sebaiknya Moms memiliki pengaturan keuangan khusus nih. Sudah pernah coba menyusun strategi pengeluaran keuangan selama bulan Ramadan belum, Moms?

Jika belum pernah mencoba memang pasti akan terasa asing. Tetapi dengan memanfaatkan panduan informasi cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga saat Ramadan, pastinya pembengkakan pengeluaran bisa dihindari semaksimal mungkin. Nah, sekarang Moms bisa mengetahui beberapa cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga di bulan Ramadan ini. Yuk simak penjelasannya sekarang!

1. Sejak Awal Ramadan, Segera Buat Rencana Pengeluaran Keuangan

Catat Pengeluaran Ramadan
Sumber: Pxhere.com/CCO Public Domain

Cara mengatur keuangan dalam rumah tangga di bulan Ramadan harus diawali dengan membuat rencana pengeluaran keuangan nih, Moms. Jadi rencana ini bisa Moms buat sebelum bulan Ramadan atau di awal bulan Ramadan. Buat hitungan berapa perkiraan pendapatan yang Moms miliki di bulan Ramadan dan bagilah pendapatan tersebut untuk mencukupi rencana pengeluaran yang sudah disusun. Sehingga Moms bisa melalui bulan Ramadan dengan mudah tanpa kebingungan karena kesulitan keuangan yang tidak diperkirakan sejak awal.

2. Selalu Pertahankan Rencana Keuangan Yang Sudah Dibuat Sebelumnya

Selalu Pertahankan Rencana Keuangan Yang Sudah Dibuat Sebelumnya
Sumber: Pixabay.com/Deraza

Sebelumnya, Moms sudah membuat rencana keuangan, bukan? Nah selama melalui bulan Ramadan Moms harus memiliki tekad yang kuat. Pastikan bahwa rencana keuangan tersebut bisa dipertahankan dan dilaksanakan. Walaupun ada perbedaan harga dan biaya yang dikeluarkan, tips mengelola keuangan yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya tidak terlalu berbeda jauh dari rencana budget yang sudah disusun jauh-jauh hari. Moms harus memiliki tekad yang kuat dan tidak mudah tergoda penawaran yang hanya akan mengacaukan rencana keuangan yang sudah susah-susah disusun ya.

3. Moms, Bisa Buat Daftar Menu Sahur Dan Buka Puasa Lalu Belanja Sesuai Daftar Tersebut!

Buat Daftar Menu Sahur Dan Buka Puasa Lalu Belanja Sesuai Daftar Tersebut!
Sumber: Pxhere.com/Rawpixel

Pengeluaran untuk biaya makan selama bulan Ramadan adalah pengeluaran yang sangat mudah membengkak jika tidak diperhatikan, Moms. Jadi cara mengelola keuangan dalam rumah tangga sebaiknya Moms bisa buat daftar menu sahur dan berbuka yang sudah disusun dengan budget yang sesuai. Jadi Moms bisa menargetkan berapa kali buka puasa di luar dan sisanya berarti harus masak untuk sahur dan berbuka. Siapkan daftar bahan belanjaan untuk memasak dan segera siapkan bahan masakan untuk satu bulan selama Ramadan ini. Jadi Moms telah menerapkan cara mengatur uang bulanan dengan benar.

4. Moms Harus Punya Catatan Pengeluaran Harian Ya!

Moms Harus Punya Catatan Pengeluaran Harian Ya!
Sumber: Pixabay.com/Stevepb

Terkadang pengeluaran yang dilakukan tanpa disadari di bulan Ramadan adalah pengeluaran harian. Jadi pastinya para Moms juga sudah merasakan bagaimana setiap hari selama bulan Ramadan selalu saja ada keinginan membeli sesuatu. Entah membeli makanan tambahan, membeli cemilan, membeli peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya. Pengeluaran harian ini harus selalu dicatat ya Moms. Jadi Moms tahu bedasarkan rincian pengeluaran bulanan rumah tangga yang dihabiskan apakah sesuai dengan rencana pengeluaran yang sebelumnya dibuat. Jika sudah hampir melampaui batas, maka Moms bisa segera batasi pengeluaran harian ya.

5. Jangan Terlalu Sering Berbuka Puasa Di Luar Lho, Moms

Jangan Terlalu Sering Berbuka Puasa Di Luar Lho, Moms
Sumber: Pixabay.com/Stokpic

Penyebab pengeluaran rumah tangga membengkak lainnya adalah terlalu sering berbuka puasa di luar lho, Moms. Tips mengelola keuangan selama bulan Ramadan adalah dengan membatasi buka puasa di luar ini. Sebelumnya Moms sudah melakukan cara mengatur uang bulanan dengan membeli bahan masakan selama satu bulan. Jadi maksimalkan bahan yang sudah dibeli tersebut untuk dimasak sebagai makanan berbuka dan sahur. Tidak usah terlalu sering berbuka di luar dan menyebabkan keuangan rumah tangga memiliki pengeluaran yang tidak terkendali.

6. Moms, Kendalikan Keinginan Untuk Berbelanja Barang Yang Belum Diperlukan

Moms, Kendalikan Keinginan Untuk Berbelanja Barang Yang Belum Diperlukan
Sumber: Pexel.com/Rawpixel

Cara mengelola keuangan dalam rumah tangga selama bulan Ramadan juga berkaitan dengan bagaimana Moms harus mengendalikan keinginan berbelanja. Pastinya Moms ingin bisa membeli banyak pakaian baru hari raya untuk keluarga. Namun pastinya hanya membeli barang yang diperlukan ya, Moms. Kendalikan keinginan membeli barang yang belum diperlukan yang hanya akan menyebabkan rincian pengeluaran bulanan rumah tangga menjadi membengkak. Bicarakan juga apa yang harus dibeli dan tidak dengan anak dan suami ya, Moms.

7. Siapkan Keuangan Terpisah Khusus Pengeluaran Hari Raya Ya, Moms!

Siapkan Keuangan Terpisah Khusus Pengeluaran Hari Raya Ya, Moms!
Sumber:
Pxhere.com/CCO Public Domain

Tidak kalah penting, cara mengatur uang bulanan rumah tangga selama bulan Ramadan juga berkaitan dengan pengeluaran di Hari Raya. Hari Raya pastinya membutuhkan biaya untuk memasak, membagikan uang lebaran, dan banyak lagi yang lainnya. Itulah Moms harus sejak awal memisahkan dan menyiapkan keuangan khusus Hari Raya ini. Jadi Moms tidak akan keteteran nantinya menyiapkan sejumlah uang tersebut karena keuangan selama bulan Ramadan yang tidak terkendali. Biasanya cara mengatur keuangan dalam rumah tangga soal Hari Raya ini bisa disusun sejak awal bulan Ramadan juga.

Itulah 7 cara mengatur keuangan bulanan rumah tangga sepanjang bulan Ramadan ini. Menggunakan tips mengelola keuangan yang diberikan di atas, pastinya Moms bisa menggunakan uang seefisien mungkin dan bisa melalui bulan Ramadan tanpa menghabiskan uang secara sia-sia. Tentunya dengan cara ini juga Moms bisa terbiasa untuk mengelola keuangan selanjutnya. Jadi mengelola keuangan rumah tangga tidak membingungkan lagi kan, Moms?

Bagi para Moms yang punya tips menarik dan pengalaman bermanfaat dalam mengatur keuangan rumah tangga selama bulan Ramadan, share di kolom komentar yuk! Jadi kita bisa sama-sama belajar mengelola keuangan di bulan Ramadan nih.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Cara Mengatur Keuangan Bulanan Rumah Tangga Saat Ramadan"
related post
Istilah Dalam Saham Yang Wajib Dipahami Sebelum Berinvestasi Di Saham

Terdapat berbagai istilah dalam saham penting untuk dikenal dan dipahami. Khususnya, bagi HappyFams yang baru ... Lanjut Baca

Belajar Investasi Saham Pemula Untuk Jangka Panjang Aman Dan Mapan

Saat ini banyak kaum milenial melakukan pengelolaan keuangan dengan berinvestasi. Pasar saham menjadi tempat yang ... Lanjut Baca