7 Cara Mencuci Baju Baru Agar Tidak Luntur. Ikuti Tips Ini Ya, Moms!

Waktu Baca: 5 menitMinggu, 05 April 2020 10:00 WIB
Cara Mencuci Baju Baru Agar Tidak Luntur
Sumber: Freepik.com

Membeli baju terkesan sederhana, namun sebenarnya tidak boleh dilakukan sembarangan. Artinya, harus disesuaikan dengan bentuk tubuh, tidak menimbulkan rasa panas atau gerah, dapat menyerap keringat, dan apabila Moms harus menghadiri acara formal, baju tersebut harus sesuai dengan acara atau tempat yang akan dikunjungi. Selain itu, harus ditentukan juga tema yang akan ditonjolkan, apakah tampil dengan busana simpel dan sederhana ataukah glamour? Itu semua menjadi pilihan Moms.

Hampir sebagian orang senang memakai baju baru tanpa melewati tahapan pencucian terlebih dahulu. Biasanya, orang secara umum berasumsi bahwa baju tersebut masih bersih, dan belum ada yang memakainya, sebab masih tersegel plastik. Ada baiknya mulai ubah kebiasaan tersebut ya, Moms. Kita tidak pernah tahu bagaimana proses baju yang dibuat, apakah kain yang digunakan sudah dicuci terlebih dahulu, hingga cara penyimpanan baju sebelum akhirnya dibeli Moms. Apakah hal ini pernah terpikirkan oleh Moms sebelumnya?

Oleh karena itu, mencuci baju baru penting dilakukan. Selain menghilangkan kotoran yang menempel pada baju, berbagai bahan kimia berbahaya sisa pencelupan pewarna kain dan jamur pada kain pun bisa hilang. Mencuci baju baru tidak bisa sembarangan juga, karena beberapa jenis kain biasanya mudah luntur saat pertama kali pencucian. Untuk menghindarinya, Moms bisa ikuti cara mencuci baju baru agar tidak mudah luntur berikut ini!

1. Perhatikan Instruksi Label Yang Tertera Pada Baju

cara mencuci baju agar warna tidak pudar
Sumber: Freepik.com

Biasanya setiap baju bermerek akan dilengkapi dengan label yang berisi tentang tata cara mencuci baju yang baik dan benar. Label tersebut berupa simbol atau gambar tertentu, seperti suhu air yang diperlukan, cara mencuci baju, penjemuran, hingga suhu setrika yang disarankan. Hal ini sangat penting diperhatikan, mengingat ini tahap pertama cara mencuci baju agar warna tidak pudar dengan cepat.

2. Tidak Ada Salahnya Dipisahkan Terlebih Dahulu

Selanjutnya, Moms juga harus memperhatikan apakah baju baru tersebut mudah luntur saat pertama kali pencucian atau tidak. Terutama untuk pakaian dengan warna-warna bold. Cara mengatasi baju baru yang luntur ini, Moms bisa pisahkan terlebih dahulu dari semua pakaian yang mempunyai warna cerah atau putih. Tidak hanya itu saja, pemisahan ini bisa juga membuat warna pakaian menjadi lebih awet dan tidak cepat pudar.

3. Selalu Cuci Dengan Menggunakan Air Dingin Bersuhu Normal

Saat mencuci baju baru, sebaiknya menggunakan air dingin atau memiliki suhu normal. Hal ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi baju luntur. Jika air yang digunakan bersuhu tinggi, biasanya pewarna kain yang melekat di dalam serat kain mudah hilang dan perlahan warna baju menjadi kehilangan kecerahan warnanya.

4. Sebaiknya Baju Dibalik Terlebih Dahulu Saat Dicuci

cara mengatasi baju luntur
Sumber: FacetoFeet.com

Meskipun terdengar sepele, ternyata membalik pakaian dengan memposisikan bagian dalam baju berada di luar merupakan cara yang tepat untuk mencegah warna baju menjadi pudar selama proses pencucian. Saat mencuci, bagian baju yang berada di luarlah yang sering mendapat perlakukan seperti dikucek atau digosok. Dengan membalik pakaian saat mencuci, bukan masalah jika bagian dalam baju lebih cepat memudar karena tidak terlihat.

5. Hindari Mesin Pengering Yang Terdapat Pada Mesin Cuci

Jika sudah selesai mencuci, biasanya baju-baju tersebut akan melewati tahapan pengeringan. Untuk Moms yang mencuci menggunakan mesin cuci, sebaiknya lewati tahapan pengeringan tersebut. Mesin cuci yang sedang memeras pakaian bisanya akan membuat permukaan baju menjadi terasa kasar dan terlihat kusam. Lebih baik, angkat pakaian lalu langsung jemur di tempat penjemuran saja ya, Moms.

6. Baju Batik Agar Tidak Mudah Luntur

cara mencuci baju batik agar tidak luntur
Sumber: Pinterest.com

Mencuci baju batik berbeda dengan mencuci baju pada umumnya. Butuh perawatan dan perlakukan khusus agar warna batik tetap terjaga dan tidak cepat pudar. Berikut cara mencuci baju batik agar tidak luntur:

• Baju batik sebaiknya dicuci dengan menggunakan tangan, tetapi Moms bisa juga mencuci baju batik di dalam mesin cuci dengan mengaktifkan fitur delicate atau handwash.

• Apabila baju batik terlalu kotor atau terdapat noda yang sulit dibersihkan, cukup rendam baju batik menggunakan air hangat. Atau cara lain yakni dengan mengoleskan sabun cuci khusus batik pada bagian yang terdapat noda.

• Untuk menghindari warna batik semakin luntur ketika dicuci, usahakan untuk tidak langsung memeras baju batik bahkan memasukkannya ke dalam mesin pengering. Cara yang tepat untuk mengeringkan baju batik, yakni dengan cara dikibas agar air yang terdapat pada baju sedikit berkurang kemudian jemur.

• Proses penjemuran juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk baju batik. Jangan pernah menjemur baju batik tepat di bawah sinar matahari. Sangat disarankan untuk menjemur baju batik di tempat teduh, namun cukup untuk mengeringkan baju batik.

7. Solusi Mengembalikan Warna Baju Kesayangan

Baju yang pudar warnanya tentu sudah tidak menarik lagi. Padahal, baju tersebut adalah baju favorit Moms. Tidak perlu khawatir, Moms bisa ikuti cara mengembalikan warna pakaian yang sudah pudar dengan memberikan tambahan air lemon, yodium atau baking soda saat proses pencucian. Bahan-bahan tersebut dapat mengembalikan warna pakaian dan menjaganya agar tidak mudah luntur. Namun ada pula cara lain yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan pewarna pakaian yang sesuai dengan warna baju.

Itulah tadi beberapa tips mencuci baju agar tidak mudah luntur saat dicuci. Semoga dengan mengikuti cara-cara di atas, semua pakaian Moms tetap terjaga warnanya serta tidak mudah pudar. Selamat mencobanya di rumah, Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Cara Mencuci Baju Baru Agar Tidak Luntur. Ikuti Tips Ini Ya, Moms!"
related post
5 Ide Kegiatan Merayakan Hari Natal Seru Di Rumah Saja

Ho Ho Ho, Natal telah tiba, namun ada hal yang berbeda di Hari Natal tahun ... Lanjut Baca