7 Cara Anak Belajar Dari Rumah Yang Umum Terjadi Di Kondisi Pandemi

Waktu Baca: 3 menitRabu, 01 Juli 2020 08:25 WIB
Cara Belajar Di Rumah
Sumber: pexels.com/Agung Pandit Wiguna

happinest.id - Pandemi corona yang mewabah saat ini tidak hanya berimbas pada hilangnya bidang pekerjaan tertentu, akan tetapi juga dirasakan oleh anak yang masih bersekolah. Alhasil mau tidak mau anak harus mulai membiasakan diri untuk belajar di rumah saja, HAPPYfams.

Kondisi ini tentu saja menuntut adaptasi yang cukup berat bukan, HAPPYfams. Mau tidak mau HAPPYfams harus mengerahkan berbagai metode agar buah hati tetap bisa belajar dengan efektif meski hanya di rumah. Nah, berikut ini adalah 7 cara anak belajar di rumah saat pandemi yang bisa menjadi inspirasi.

1. Belajar Tatap Muka Via Aplikasi

Belajar Di Rumah Aja
Sumber: pexels.com/August de Richelieu

Cara satu ini adalah yang paling umum diterapkan terhadap anak untuk tetap belajar meski hanya di rumah. Apalagi kalau anak berstatus sebagai murid sekolah, tentu agar kurikulum pembelajaran tetap berjalan maka guru pasti akan menerapkan sistem belajar jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi, HAPPYfams.

Beberapa jenis aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan proses pembelajaran ini adalah Zoom dan Google Meet. Melalui kedua aplikasi tersebut anak tetap dapat belajar tatap muka bersama guru. Hal ini juga memudahkan antara murid dan guru untuk saling berinteraksi, HAPPYfams.

2. Belajar Via Group Chat

Belajar Di Rumah
Sumber: Gizmologi.id

Kekurangan dari cara pertama adalah koneksi jaringan yang diperlukan harus stabil. Sementara tidak semua wilayah memiliki akses interntet yang lancar terutama di kawasan desa, HAPPYfams. Maka dari itu cara belajar efektif di rumah adalah dengan memanfaatkan group chat seperti Whatsapp dan Line.

Hanya saja metode satu ini belum mendukung untuk melakukan panggilan video tatap muka. Jadi memang hanya sebatas interaksi berkirim pesan via chat saja, HAPPYfams. Meski begitu sudah cukup efektif, karena guru bisa membagikan materi berupa dokumen dan tugas untuk dikerjakan oleh anak.

3. Mengasah Kemampuan dengan Project Based Learning

Cara Belajar Kemendikbud
Sumber: Mandira.id

Metode pembelajaran yang juga umum dilakukan anak selama masa pandemi di rumah yaitu mengerjakan project based learning. Cara ini dipercaya lebih mampu mengasah kemampuan anak secara optimal dibanding dengan memberi ceramah dan tugas pada saat di sekolah.

Semakin lebih baik lagi jika project yang diberikan bersifat kelompok, sehingga anak juga terlatih kemampuan bekerjasamanya. Jadi HAPPYfams sebagai orang tua jangan bosan mendampingi buah hati mengerjakan project yang mungkin lebih banyak dan berat dibanding saat sekolah seperti biasa ya.

4. Membentuk Kelompok Belajar dengan Jumlah Anggota Sedikit

Belajar Kemendikbud
Sumber: Singaporeschild.com.sg

Salah satu cara belajar yang juga cukup banyak diterapkan di rumah untuk anak adalah membentuk kelompok belajar. Metode ini juga merupakan salah satu dari tujuh tips belajar kemendikbud yang disampaikan sendiri oleh Menteri Pendidikan, Bapak Nadiem Makarim, dalam suatu kesempatan.

Belajar secara berkelompok meski hanya virtual dianggap cukup efektif, sebab guru dianjurkan untuk membagi murid dalam kelompok berdasarkan minat dan kemampuan mereka. Jadi anak yang memiliki kemampuan tidak begitu baik akan satu kelompok dengan sesamanya, sehingga lebih memudahkan pengarahan.

5. Mengikuti Kelas Privat Melalui Platform Online

Cara Belajar Di Rumah Aja
Sumber: Teknologi.id

Siapa yang tidak kenal dengan platform berbasis pendidikan online seperti ruangguru, HAPPYfams. Di sini ada banyak sekali mentor berkualitas yang siap memberi pelajaran bagi buah hati secara online. HAPPYfams bisa memilih sendiri mentor sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kecocokan.

Belajar secara privat meski hanya berbasis online setidaknya lumayan efektif sebab anak dapat lebih fokus dengan materinya. Selain itu HAPPYfams juga bisa memiliki privat berdasarkan kebutuhan buah hati. Misalnya privat untuk pelajaran sekolah hingga persiapan mengikuti ujian nasional.

6. Menonton Tayangan Edukasi di Televisi

Belajar Di Rumah Bersama TVRI
Sumber: Marketingweek.com

Televisi sering dilekatkan dengan konotasi negatif terhadap anak-anak, tetapi sebenarnya tidak selalu seperti itu lho. Kalau HAPPYfams cukup selektif tentu bisa jeli melihat bahwa ada beberapa saluran televisi yang menyajikan tayangan bermanfaat untuk pembelajaran anak di rumah.

Satu diantaranya adalah belajar di rumah bersama TVRI, HAPPYfams. Tentu tidak asing lagi kalau saluran ini memiliki tayangan khusus yang mengulas berbagai materi sekolah mulai dari sekolah dasar hingga menengah. Nah, saat ini banyak lho orang tua yang memanfaatkan tayangan ini sebagai sumber belajar anak saat di rumah saja.

7. Menonton Video Pelajaran yang Bisa Diperoleh dari Berbagai Situs

Belajar Di Rumah Sampai Akhir Tahun
Sumber: Thexplorion.com

Salah satu keuntungan hidup di era digital sekarang adalah segalanya menjadi lebih mudah canggih, HAPPYfams. Hal ini juga ikut memudahkan anak untuk mendapat pelajaran di rumah. Salah satu contoh yang paling banyak ditemukan adalah menonton video pelajaran melalui berbagai situs contohnya seperti media video Youtube.

Ya, HAPPYfams tentu sudah tidak asing lagi kalau saat ini ada banyak sekali situs yang menyediakan tayangan mendidik untuk anak-anak dalam bentuk video. Dan biasanya anak senang belajar dengan cara ini sebab kontennya menyenangkan, sehingga di luar sana banyak orang tua yang sudah menerapkannya, HAPPYfams.

Itulah 7 cara belajar di rumah aja yang umum diterapkan oleh anak selama masa pandemi. Apakah buah hati HAPPYfams sudah menerapkan satu diantaranya? Kalau HAPPYfams memiliki pertanyaan, kritik, saran, atau ingin sharing seputar artikel ini maka jangan ragu untuk menyampaikan melalui kolom komentar berikut.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Cara Anak Belajar Dari Rumah Yang Umum Terjadi Di Kondisi Pandemi"
related post
7 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Dengan Pola Hidup Seimbang

happinest.id - Kian hari jumlah positif virus corona terus bertambah. Bahkan pemerintah sudah memberikan aturan ... Lanjut Baca

Dads, Ini Hobi Baru Di Rumah Aja Saat Corona Sedang Menjangkit

happinest.id - Virus corona yang menyerang di seluruh dunia membuat sebagian besar masyarakat mau tidak ... Lanjut Baca

Cara Ibu Hamil Menghilangkan Rasa Bosan Di Rumah

happinest.id - Hamil merupakan salah satu momen penting yang ditunggu oleh para Moms. Pada trimester ... Lanjut Baca