7 Aplikasi Belajar Anak Usia Dini Untuk Bantu Si Kecil Belajar Membaca

Rabu, 11 September 2019 11:00 WIB
Aplikasi Belajar Anak Usia Dini
Sumber: Yandex.com

Happinest.id - Tahukah Moms dan Dads kalau mengajari anak membaca bukan hanya kewajiban dari pendidikan formal, melainkan juga tanggung jawab orangtua? Artinya, belajar membaca tidak hanya diperoleh dari bangku sekolah, tetapi harus dimulai juga dari rumah. Selain itu, sebaiknya juga dilakukan sejak anak masih berusia dini dimana mereka sedang berada dalam fase emasnya. Salah satu metode pembelajaran yang cukup efektif untuk membantu buah hati belajar membaca adalah menggunakan aplikasi. Meskipun begitu, HappyFams juga tetap harus memantau perkembangan anak agar tidak sampai kecanduan dengan gadget, ya! Berikut adalah 7 aplikasi belajar anak usia dini yang dapat membantu si kecil belajar membaca.

1. Edunet Indonesia

Aplikasi Belajar Anak Usia Dini Edunet Indonesia
Sumber: Yandex.com

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang disediakan oleh Edunet Indonesia untuk membantu buah hati dalam belajar, HappyFams. Salah satunya adalah aplikasi untuk belajar membaca. Aplikasi Edunet ini akan membantu anak untuk mengenali huruf disertai dengan suara. Terdapat fitur menyusun huruf menjadi kata dan menyusun 3 sampai 5 kosakata menjadi kalimat. 

2. ABC Gurus

Aplikasi Belajar Anak Usia Dini ABC Gurus
Sumber: Yandex.com

ABC Gurus merupakan permainan belajar membaca yang didesain untuk membantu si kecil yang berusia 2 sampai 5 tahun belajar membaca. Aplikasi ini dapat diunduh dan dioperasikan pada iOS versi 7.0 ke atas namun merupakan aplikasi berbayar. HappyFams dapat menggunakan aplikasi ini jika ingin mengajarkan anak membaca sekaligus belajar Bahasa Inggris. Aplikasi ini bahkan tersedia dalam lima bahasa yaitu Inggris, Spanyol, Prancis, Italia, dan juga Portugis.

Melalui ABC Gurus, buah hati akan belajar mengenal berbagai huruf dengan mudah. Metode pembelajarannya pun cukup unik yaitu menghias ragam huruf agar menjadi karakter yang menarik sesuai keinginan. Misalnya mewarnai, memberi mata, mulut, atau stiker pada huruf tersebut. Pada aplikasi sudah tersedia keterangan penggunaan huruf dalam kata dan cara membacanya, sehingga anak tidak akan kesulitan mengikuti pembelajaran yang ada.

3. Interactive Alphabet ABC’s

Aplikasi Belajar Anak Usia Dini Alphabet ABC
Sumber: Yandex.com

Aplikasi belajar membaca ini cukup mudah untuk dioperasikan, karena dapat digunakan untuk sistem operasi iOS versi 5.0 ke atas. Sasaran dari aplikasi berbayar ini adalah anak usia antara 1 sampai 5 tahun. Uniknya, HappyFams bisa menambahkan kosakata serta gambar sesuai dengan keinginan. Aplikasi Interactive Alphabet ABCs memiliki banyak pilihan belajar yang menarik untuk anak. Terdapat lima metode belajar yang disediakan oleh aplikasi ini.

Kelima metode tersebut yaitu Baby berupa pengenalan dasar abjad dari A sampai Z, Explore berupa permainan interaktif untuk mengenal huruf, Sing dengan berbagai jenis lagu, Type berupa permainan untuk mencocokkan lagu dengan huruf, serta Trace berupa pengajaran untuk menulis huruf dan kosakata yang sederhana. Dengan banyaknya jenis pembelajaran, tentunya aplikasi ini dapat digunakan sebagai cara efektif menghadapi anak yang malas belajar.

4. Endless Alphabet

Aplikasi Belajar Anak Usia Dini Endless Alphabet
Sumber: Yandex.com

Endless Alphabet adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk android dengan sistem operasi versi 7.0 ke atas. Kelebihan dari aplikasi yang diproduksi oleh Studio Originator dan Sesame Street ini adalah metode pembelajarannya yang sangat mengasyikkan, sehingga si kecil dijamin tidak akan merasa bosan dengan banyaknya fitur yang disediakan. Tetapi, HappyFams harus sedikit mengeluarkan budget karena aplikasi ini berbayar.

Ada banyak monster lucu yang akan menemani sang buah hati belajar membaca di Endless Alphabet. Selain tampilan yang menarik, permainan puzzle interaktif, dan kapasitas 100 kata, aplikasi ini juga memiliki fitur seperti 3D Touch untuk pengguna iPhone 6s serta 6s Plus. Kata ‘endless’ pada aplikasi belajar membaca ini menggambarkan konsep permainan yang akan membuat buah hati ketagihan untuk membaca tanpa henti.

5. Marbel Lancar Belajar Membaca

Aplikasi Belajar Anak Usia Dini Marbel Belajar Membaca
Sumber: Yandex.com

Aplikasi untuk belajar membaca bagi anak-anak ini juga salah satu yang direkomendasikan, karena dapat diunduh secara gratis di Android, HappyFams. Aplikasi ini dapat membantu buah hati untuk mengenal huruf dengan mengeja dan membacanya mulai dari A sampai dengan Z. 

Kosakata yang digunakan pada flashcards di aplikasi ini adalah kosakata umum, sehingga terasa familiar dan mudah dimengerti. Metode pembelajarannya dikombinasikan antara gambar, suara, narasi, dan animasi. Dijamin buah hati tidak akan merasa bosan, HappyFams!

6. Elmo Loves ABC’s

elmo loves abcsSumber: Yandex.com

HappyFams mungkin sudah mengenal karakter dari Sesame Street seperti monster yang imut dan lucu-lucu. Belajar mengenai huruf menggunakan aplikasi Elmo Loves ABC’s juga akan ditemani dengan monster-monster yang menggemaskan tersebut. Aplikasi yang ditujukan untuk anak berusia 3 sampai 5 tahun ini hanya dapat digunakan untuk pengguna apple sistem operasi iOS versi 6.0 ke atas dan juga merupakan jenis aplikasi berbayar. 

Sesuai dengan namanya, ada Elmo si karakter monster dari Sesame Street yang akan menemani buah hati HappyFams belajar. Menariknya metode pembelajaran dari aplikasi ini menggunakan media lagu dan video yang berjumlah 80 klip. Tidak hanya itu, masih ada juga 75 halaman untuk diwarnai dan juga terdapat permainan petak umpet. Konten yang dimiliki sangat beragam dan HappyFams bahkan bisa memantau perkembangan anak via ABC’s Tracker.

7. Learn with Homer

Aplikasi Belajar Anak Usia Dini Learn With Homer
Sumber: Yandex.com

Learn with Homer merupakan aplikasi belajar membaca yang dibuat berdasarkan hasil riset Harvard dan Standford University. Aplikasi ini dapat diunduh di App Store namun diperlukan iOS versi 9.0 ke atas. Meskipun Learn With Homer merupakan aplikasi berbayar, namun 30 hari pertama gratis untuk digunakan. Tujuan dari aplikasi ini yaitu membantu buah hati untuk mempersiapkan kemampuan dasar membaca sebelum mengenyam pendidikan formal.

Tedapat lebih dari 1.000 kosakata yang akan diajarkan oleh aplikasi ini serta lebih dari 250 cerita bergambar. Tidak hanya itu saja, masih ada pelajaran dasar seperti musik, sejarah, seni, sains, dan  juga lebih dari 150 halaman latihan soal secara offline yang dapat diprint untuk kemudian dikerjakan. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai sarana belajar membaca anak sd yang mengasyikkan dan tidak membuat bosan si kecil!

Itulah tujuh aplikasi belajar anak usia dini yang dapat HappyFams gunakan untuk membantu si kecil belajar membaca. Tentunya seluruh pilihan aplikasi tersebut tidak akan terasa membosankan bagi buah hati apabila dimainkan bersama Moms dan Dads di tengah quality time. Bagaimana dengan HappyFams? Aplikasi edukatif apa yang biasa digunakan bagi HappyFams untuk membantu anak belajar membaca? Yuk share di kolom komentar di bawah ini!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Aplikasi Belajar Anak Usia Dini Untuk Bantu Si Kecil Belajar Membaca"