7 Alasan Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meraih Sukses. Sudah Coba?

Waktu Baca: 5 menitMinggu, 11 Agustus 2019 00:00 WIB
Alasan Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meraih Sukses
´╗┐Sumber: Blog.ijugaad.com

Dads pernah mendengar istilah bahwa waktu lebih berharga daripada uang? Pepatah bijak tersebut memang ada benarnya karena waktu tidak dapat dikembalikan sedangkan uang bisa dicari. Kehidupan terus berjalan seiring dengan bergeraknya waktu sehingga sangat penting untuk membuat pengelolaan waktu yang baik. Mengelola waktu juga disebut dengan manajemen waktu, Dads.

Proses manajemen ini melibatkan perencanaan, pengorganisasian, serta pengawasan terhadap waktu agar menjadi lebih bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia. Dengan begitu target yang ingin dicapai dapat lebih mudah untuk terealisasikan. Agar lebih paham dan bisa mengatur waktu dengan baik, maka Dads perlu tahu alasan pentingnya manajemen waktu dalam hidup. Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Melatih Diri Menjadi Pribadi Yang Disiplin

Alasan Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meraih Sukses Melatih Diri Menjadi Pribadi Yang Disiplin
Sumber: Mystudyworld.com

Salah satu manfaat membuat manajemen waktu yang baik yaitu dapat membantu Dads untuk lebih pandai dalam mengelola dan memanfaatkan waktu. Dengan begitu berbagai pekerjaan yang harus Dads lakukan lebih terarah karena sudah ada manajemen yang menjadi patokannya. Hasilnya sudah tentu pekerjaan Dads dapat telaksana sesuai dengan yang seharusnya. Secara perlahan, Dads sebenarnya sudah melatih diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih disiplin. Jelas saja karena mengelola waktu membuat segala jadwal lebih terperinci sehingga Dads terhindar dari sikap suka menunda-nunda.

2. Membuat Pekerjaan Lebih Terstruktur

Alasan Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meraih Sukses Membuat Pekerjaan Lebih Terstruktur
Sumber: Christiancoaches.com

Pernah tidak Dads kewalahan menyelesaikan pekerjaan yang datang hingga pusing sendiri karena sudah bertumpuk? Kalau iya, maka inilah alasan mengapa pentingnya mengatur waktu, Dads. Cara paling sederhana mengatasinya yaitu mulai menyusun daftar pekerjaan yang paling urgen ke yang tidak begitu mendesak. Dengan begitu Dads sudah mempunyai acuan mengenai pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Jadi tidak ada lagi istilah pekerjaan yang terbengkalai karena semua dapat selesai sesuai waktu yang seharusnya. Meskipun begitu Dads juga harus memastikan untuk mengikuti aturan manajemen yang sudah dibuat, ya.

3. Membantu Untuk Memiliki Sikap Tanggung Jawab

Alasan Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meraih Sukses Membantu Untuk Memiliki Sikap Tanggung Jawab
Sumber: Careerfirstinstitute.com

Biasanya seseorang dicap sebagai pribadi yang tidak bertanggung jawab ketika diberi kepercayaan untuk mengemban suatu tugas, namun tidak selesai sebagaimana mestinya. Hal ini bisa berdampak buruk bagi kelanjutan karir Dads lho. Oleh sebab itu, penting untuk menunjukkan bahwa Dads adalah seseorang yang memiliki sikap bertanggung jawab.

Bila Dads ternyata memang kesulitan untuk bertanggung jawab terhadap suatu amanah yang dibebankan, maka sudah saatnya Dads membuat manajemen waktu. Caranya seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu dengan membuat aturan pekerjaan. Lagi pula salah satu tujuan manajemen waktu, yaitu untuk membantu Dads agar menjadi sosok bertanggung jawab.

4. Semua Pekerjaan Selesai Lebih Cepat

Alasan Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meraih Sukses Semua Pekerjaan Selesai Lebih Cepat
Sumber: Picfair.com

Salah satu manfaat dari manajemen waktu yang baik, yaitu menjadikan semua pekerjaan selesai lebih cepat. Dads mungkin beranggapan bahwa mau diapakan pun, setiap pekerjaan pada akhirnya akan selesai dengan cara yang sama. Tunggu dulu Dads, coba renungkan kembali lebih jauh. Faktanya, manajemen waktu dapat membantu Dads untuk mengelola jadwal sehari-hari. Seperti kapan waktu untuk beristirahat dan bekerja. Kalau Dads benar-benar serius dan mau mengikuti apa yang telah disusun, maka percayalah segala pekerjaan dapat selesai dengan lebih baik dan tentunya lebih cepat karena tidak ada lagi kata ‘tunda’ di dalam kamus Dads.

5. Kesempatan Untuk Mencapai Tujuan Hidup Lebih Besar

Alasan Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meraih Sukses Kesempatan Untuk Mencapai Tujuan Hidup Lebih Besar
Sumber: Acli.it

Setiap orang di dunia ini pasti memiliki tujuan hidup. Sayangnya, tidak semua orang berhasil untuk mencapai tujuan tersebut lho, Dads. Dan kebanyakan yang menjadi penyebab dari kegagalan tersebut adalah kelalaian dalam me-manage waktu dengan baik. Jadi tanpa disadari waktu terus bergerak, sementara upaya mencapai tujuan masih belum terlaksana. Itulah salah satu tujuan manajemen waktu yang akan sangat membantu Dads meraih tujuan hidup yang telah lama diimpikan. Jadi, sebaiknya Dads atur kembali ya prioritas Dads mulai sekarang!

6. Menjadi Pribadi Yang Profesional

Alasan Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meraih Sukses Menjadi Pribadi Yang Profesional
Sumber: Growinc.net

Mengapa menyusun manajemen waktu dapat membuat Dads menjadi pribadi yang profesional? Alasannya selain beberapa yang telah disebutkan di atas, seperti melatih kedisiplinan dan tanggung jawab, juga mampu membantu untuk memetakan setiap kegiatan yang akan dilaksanakan. Manajemen waktu tidak hanya sebatas pada menyusun rencana kegiatan berdasarkan prioritas, tetapi bisa lebih dari itu, Dads.

Dads juga dapat memetakan kegiatan dengan membedakan antara pekerjaan kantor, keluarga, dan pribadi. Jadi sudah ada waktu yang jelas kapan pikiran dan tenaga fokus untuk kantor atau keluarga. Dengan begitu Dads dapat lebih mudah mengambil sikap sehingga terciptalah pribadi yang profesional dan tidak mencampuradukkan berbagai urusan.

7. Mampu Mengurangi Tingkat Stres

Alasan Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meraih Sukses Mampu Mengurangi Tingkat Stres
Sumber: Medicineh.com

Alasan pentingnya mengatur waktu juga berkaitan dengan kondisi psikologis. Ketidakmampuan mengelola kegiatan atau tugas dengan baik dapat membuat Dads menjadi bingung, pusing, keteteran, dan menjadi stres sendiri. Kalau sudah begitu cobalah untuk mengelola waktu dengan benar, membuat daftar kegiatan misalnya. Kalau Dads bisa bertahan dengan mengikuti manajemen waktu tersebut, percayalah secara pelan-pelan gejala stres yang dialami bisa berkurang dan Dads akan bisa hidup lebih teratur tanpa keteteran dalam mengurus banyak hal.

Nah, itulah 7 alasan pentingnya manajemen waktu dalam meraih sukses, Dads. Kalau Dads memiliki pertanyaan, saran, atau tips lainnya seputar langkah-langkah manajemen waktu, jangan ragu untuk meninggalkannya di komentar ya, Dads. Semoga bermanfaat, Dads!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "7 Alasan Pentingnya Manajemen Waktu Dalam Meraih Sukses. Sudah Coba?"
related post
Olahraga Saat Puasa Untuk Menurunkan Berat Badan Sebaiknya Kapan?

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat mengkonsumsi makanan bergizi menjadi syarat utama. Meskipun begitu kesehatan ... Lanjut Baca

Daftar Kota Di Negara Dengan Waktu Puasa Terlama Dan Tercepat Di Dunia

Puasa Ramadhan menjadi suatu kewajiban umat muslim di seluruh dunia, yang mana puasa merupakan saatnya ... Lanjut Baca