6 Tips Sehat Setelah Tubuh Diserang Makanan Berlemak Saat Lebaran

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 16 Mei 2021 11:22 WIB
tips sehat makanan berlemak
Sumber: istock

Hari Raya Lebaran dirayakan dengan kemenangan dan biasanya dihiasai dengan makanan enak. Namun makanan enak di hari Lebaran umumnya penuh dengan makanan berlemak yang tidak sehat untuk tubuh kita bila dikonsumsi berlebihan. Tapi jangan khawatir, ada tips sehat yang HappyFams bisa tiru agar tubuh seluruh keluarga tetap fit walau banyak konsumsi makanan berlemak. Meskipun satu hari makan-makanan berlemak, namun kesehatan tidak bisa diabaikan, ya. Tetap harus prima walau sedikit dibuat terlena opor dan daging rendang.

Aneka kue kering juga kabarnya menjadi sumber kalori berlebihan apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak seharian penuh. Konon, dalam satu butir nastar saja sudah terdapat sekitar 100 gram kalori, itu artinya jika makan 20 nastar per hari, besar kemungkinan akan menumpuk lemak di dalam tubuh.

Tubuh sehat bukan hanya bagus secara visual, seperti memiliki tubuh langsing bagi Moms atau badan six pack bagi para Dads di luar sana. Namun, berpengaruh juga terhadap umur panjang supaya bisa lebih lama menikmati aneka makanan lezat dari seluruh penjuru di Nusantara tercinta.

Berikut 6 Tips Sehat Setelah Tubuh Diserang Makanan Berlemak Saat Lebaran

Untuk menjalani pola hidup sehat dari makanan berlemak itu tidak sulit asalkan niat dan praktiknya terlaksana secara baik. Moms and Dads, simak beberapa tips di bawah ini ya:

1. Minum Cukup Air

Normalnya orang dewasa membutuhkan 8 liter air per hari untuk memenuhi cairan tubuh mereka. Aturan minum per gelas sudah sering digalakan pada beberapa media iklan non-komersil. Air yang diminum tentunya air mineral, bukan air berwarna dan berperisa.

Gunanya banyak minum air ini bisa menyeimbangkan konsentrasi, memenuhi asupan cairan tubuh, menghindarkan panas dalam, dan banyak lagi. Kurang minum air bisa menyebabkan dehidrasi sehingga kulit rentan merasa kekeringan dan tumit bisa mengalami pecah-pecah.

2. Tidur yang Cukup

tidur yang cukup
Sumber: pixabay

Waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa biasanya 6 hingga 8 jam per hari, dengan catatan waktu tidurnya berkualitas. Jika dalam 8 jam itu sudah tidur pulas, namun merasa tubuh masih tidak prima maka bisa jadi pola tidurnya salah sehingga badan tidak fit.

Ada beberapa trik supaya waktu tidur, terutama di malam hari menjadi nyaman, diantaranya dapat memilih aromaterapi untuk dihirup. Membuat pencahayaan lampu kamar agak redup dan menambahkan musik menenangkan sebagai pengantar tidur juga penting dipertimbangkan.

BACA JUGA:

3. Kurangi Makanan Manis

Makanan dan minuman manis mungkin sangat menggiurkan, namun bahaya di balik kudapan tersebut tidak main-main. Salah satu penyebab tubuh terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman manis adalah kelebihan berat badan dan paling parahnya diabetes.

Sudah banyak contoh, orang dengan riwayat sakit diabetes mengalami amputasi atau lonjakan gula darah hingga menyerang otak sampai lumpuh dan meninggal. Untuk itu, asupan gula mesti diperhatikan, terutama bagi para orang tua yang sudah lanjut usia.

4. Banyak Makan Buah dan Sayur

makan buah buahan buang lemak
Sumber: sajiansedap.grid.id

Buah dan sayur adalah dua hal penting yang wajib ada dalam menu sehari-hari guna memenuhi kebutuhan serat harian. Tubuh yang sehat paling utamanya disebabkan oleh makanan apa yang dikonsumsi, semakin banyak serat maka semakin baik pencernaan.

Tips agar tidak memakan buah yang itu-itu saja adalah dengan melihat musim yang sedang berlangsung. Sebaiknya makan buah secara berubah-ubah, sesuai dengan musimnya. Karena sejatinya tubuh kita membutuhkan banyak asupan gizi dari berbagai macam buah tersebut.

5. Olahraga Ringan

Moms sebenarnya ketika membereskan rumah, seperti menyapu dan mengepel, serta menyetrika juga sudah termasuk olahraga. Yang perlu diperhatikan adalah berbagai gerakan tersebut mesti dilakukan secara benar supaya otot dan persendian tidak kaku.

Untuk Dads dengan kesibukan super di luar rumah, jangan lupa menyempatkan peregangan di sela-sela kesibukan saat bekerja. Gerakan sederhana saja untuk meregangkan otot dan juga relaksasi otak supaya tidak terlalu tegang menghadapi berbagai jenis pekerjaan.

6. Hindari Begadang

Sebisa mungkin jangan pernah begadang apabila tidak ada sesuatu penting untuk dilakukan. Apalagi bagi Moms, begadang tidak penting bisa membuat kulit nampak lebih tua dan membuat wajah kusam serta deretan penyakit yang muncul karena begadang. Jadi, jangan begadang jika tidak perlu.

Ketika waktu libur tiba sebaiknya tidur lebih awal supaya besok bisa beraktivitas secara normal. Daripada begadang, sebaiknya mempersiapkan tenaga untuk main bersama buah hati tercinta.

Berbagai tips sehat menghalau makanan berlemak di atas bisa membantu tubuh mendapatkan tenaga lebih baik untuk menjalani aktivitas harian. Moms & Dads bisa sedari dini mengajarkan si kecil untuk senantiasa menjalin tips sehat agar menjadi kebiasaan bagi keseharian mereka. Semoga sehat terus ya HappyFams

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "6 Tips Sehat Setelah Tubuh Diserang Makanan Berlemak Saat Lebaran"
related post
Kenali Ciri-Ciri Bayi Sehat Baru Lahir Ini, Bekal Merawat Si Kecil

Sebagai orang tua baru, terkadang kita sulit membedakan ciri-ciri bayi sehat seperti apa, sehingga muncul ... Lanjut Baca

Jangan Berlebihan, Ini Bahaya Makanan Manis Bagi Tubuh

Peringatan bahaya makanan manis bagi tubuh sebenarnya tidak perlu menunggu tubuh merasakan kontraksi tertentu. Peringatan ... Lanjut Baca

Bayi Ngorok Apakah Berbahaya? Pahami Kondisi Bayi Ngorok Ketika Tidur

Mengorok sering dialami oleh orang dewasa terutama saat sedang tidur. Namun siapa sangka jika bayi ... Lanjut Baca