6 Manfaat Lari Pagi & Sore Yang Perlu Dads Ketahui Supaya Sehat

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 12 Mei 2019 07:00 WIB
manfaat lari pagi dan sore
Sumber: Pinterest.com

Hai, Dads! Kesibukan yang luar biasa seringkali membuat kita lupa dengan pentingnya menjaga kebugaran. Bahkan, sebagian dari Dads meremehkan manfaat aktivitas yang sangat penting ini. Sebagai akibatnya, banyak masalah yang timbul akibat kelalaian kita tersebut. Mulai dari berat badan yang tidak terkontrol, mudahnya badan kita merasa pegal dan lelah, hingga susahnya untuk konsentrasi pada pekerjaan. Padahal, badan yang bugar dan sehat sebenarnya justru akan membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup kita.

Banyak juga Dads yang malas meluangkan waktu untuk pergi ke gym, mungkin karena memang kurang menyukai aktivitas olahraga di gym yang cenderung monoton dan membosankan. Sebagian diantara kita juga lebih memilih olahraga yang sifatnya hobi dan berkaitan dengan kerjasama tim, atau harus dilakukan minimal 2 orang seperti : tenis, futsal, atau basket. Sedangkan, sebagian lagi memilih yang lebih privat seperti lari sebagai alternatif aktivitas olahraga yang murah dan menyenangkan untuk menjaga kebugaran.

Faktanya, bila dibiasakan hingga berkembang menjadi hobi, hobi lari adalah salah satu hobi positif yang memiliki sejuta manfaat untuk lho, Dads! Apalagi waktu olahraga lari bisa disesuaikan dengan waktu luang yang tersedia. Dads bisa melakukan lari di waktu pagi atau sore hari. Well, tentunya pilihan waktu ini memiliki konsekuensinya masing-masing. Lari di pagi hari akan membuat badan kita lebih berenergi, dan fresh saat memulai pekerjaan. Tapi, di sisi lain juga dapat membuat Dads mengantuk dan lelah di siang hari. Sedangkan, lari di sore hari dapat membuat pikiran dan badan lebih fresh usai bekerja. Namun, bisa menyebabkan minimnya aktivitas pasca bekerja karena lelah dan mengantuk. Jadi, pilihlah dengan bijak waktu lari sesuai dengan kondisi Dads ya!

Tips Sederhana Untuk Memaksimalkan Kegiatan Olahraga Lari

Untuk hasil olahraga lari yang optimal, kami telah menyiapkan sedikit tips sebelum lari pagi atau sore bagi Dads yang hobi lari. Check this out ya, Dads!

  • Biasakan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah lari
  • Lakukan dengan konsisten setidaknya 3 kali seminggu
  • Ingatlah bahwa yang terpenting adalah menjadikan lari menjadi kebiasaan; bukan soal jauh dan lamanya lari.
  • Variasikan rute lari anda untuk menghindari kebosanan.
  • Siapkan airpod atau gawai pemutar musik anda. Lari lebih menyenangkan sembari mendengarkan musik. Untuk safety, pastikan anda mengurangi volume musik yang anda dengar ketika aktivitas lari anda lakukan di rute jalan raya agar anda tetap dapat mendengar suara kendaraan yang lewat.

Tips ini wajib dilakukan secara konsisten ya Dads agar olahraga lari berhasil secara optimal!

Memahami Manfaat Lari Pagi Dan Sore Yang Perlu Dads Ketahui

Nah. Sekarang waktunya untuk memahami manfaat lari pagi dan sore yang perlu Dads ketahui:

1. Lari Efektif Untuk Membakar Kalori Sekaligus Meningkatkan Vitalitas Tubuh

Tidak perlu ke gym, lari ternyata adalah olahraga yang ekonomis dan sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Saat lari, seluruh anggota tubuh akan dipaksa untuk bergerak, sehingga kalori yang dibakar akan semakin banyak. Selain bagus untuk membakar kalori, lari di pagi hari juga bagus untuk menghilangkan stres. Tentunya, berbagai manfaat positif dari hobi lari ini akan membantu Dads menjalani hari dengan lebih semangat.

2. Lari Menurunkan Resiko Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang terbilang menakutkan bagi Dads yang merupakan pecinta kuliner. Apalagi buat Dads yang menggemari rendang, jeroan, dan makanan-makanan berkolesterol tinggi lainnya. Bagaimana tidak? Penderita diabetes akan dipaksa untuk mengubah pola makannya. Pastinya Dads juga masih mengharapkan untuk bisa makan makanan enak tak hanya saat ini saja, namun juga seterusnya bukan? Kabar baiknya, memiliki hobi lari terbukti dapat menurunkan resiko terkena diabetes. Kolesterol yang kita konsumsi dapat dibakar secara efektif oleh aktivitas lari. Bahkan, jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan aktivitas angkat beban di gym. Hebatnya lagi, karena aktivitas lari melibatkan seluruh tubuh, ia juga sangat efektif untuk membakar lemak dan membangun otot. Selain fit, Dads akan tampak lebih bugar dan atletis.

3. Lari Mampu Meningkatkan Kinerja Otak

Lari melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Dampaknya, aliran darah ke otak pun juga akan semakin lancar. Terlebih lagi ketika aktivitas lari juga mampu membakar timbunan lemak dalam darah yang mengganggu sirkulasi darah ke otak. Lancarnya aliran darah ini tentunya akan berdampak pada kinerja otak dapat yang bisa bekerja lebih optimal.

4. Lari Dapat Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Menurut studi yang dilakukan di AS dan Eropa, lari dapat menurunkan resiko kanker hingga 20% untuk 13 jenis kanker. Terutama pada kanker paru-paru, jantung, ginjal, dan lambung. Hingga kini, memang belum diketahui secara pasti bagaimana mekanisme lari dapat menurunkan resiko kanker. Namun, yang pasti, aktivitas fisik yang terkontrol dan dapat membuat badan kita lebih sehat dan resisten terhadap berbagai macam jenis penyakit.

5. Lari Mampu Mengurangi Resiko Terkena Darah Tinggi

Seiring dengan bertambahnya usia, resiko Dads mengalami hipertensi juga bertambah. Salah satu cara mengurangi resiko hipertensi adalah dengan olahraga rutin. Nah, bagi Dads yang sudah terlanjur menderita hipertensi, kebanyakan dari penderitanya akan tergantung dengan obat penurun tekanan darah. Riset membuktikan bahwa efek olahraga seperti renang dan lari dapat menurunkan tekanan darah sama dengan penggunaan obat. Jadi, lari adalah obat paling sederhana tanpa efek samping yang sangat baik bagi penderita hipertensi.

6. Lari Bagus Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Secara umum, olahraga bagus untuk melatih otot tubuh kita, termasuk otot jantung. Saat lari, jantung akan dipaksa memompa darah ke seluruh tubuh untuk mengimbangi energi yang dikeluarkan oleh aktivitas lari, akibatnya otot jantung akan semakin terlatih seiring dengan bertambahnya kapasitas jantung dalam tekanan. Yang perlu diperhatikan adalah untuk tidak terlalu berlebihan. Riset membuktikan bahwa lari yang terlalu berlebihan justru akan memperburuk kesehatan jantung kita. Jadi, pastikan jadwal olahraga lari dilakukan dengan seimbang ya, Dads?

Oke, Dads. Itulah 6 dari sejuta manfaat lari pagi dan sore yang perlu Dads ketahui. Semoga info ini dapat membuat anda lebih bersemangat dalam menjalankan hobi lari. Nah, apakah Dads termasuk yang memiliki hobi rutin lari? Share di komentar ya! Stay sharp, Stay healthy!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "6 Manfaat Lari Pagi & Sore Yang Perlu Dads Ketahui Supaya Sehat"
related post
Cara Mengatasi Asma Kambuh Dengan Olahraga, Asma Bisa Sembuh Tuntas

Penderita asma biasanya membatasi diri melakukan kegiatan yang berat, karena takut penyakit asmanya akan kambuh. ... Lanjut Baca

Tips Ibu Muda Menyusui Bayi Yang Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar

Menjadi seorang ibu muda memang tidaklah mudah. Setelah melawati proses melahirkan, tahap berikutnya yang juga ... Lanjut Baca

Suara Perut Keroncongan Di Saat Penting, Ini Trik Menghilangkannya

Sedang asyik-asyiknya rapat dengan atasan, ketika bos sedang menjelaskan tentang rencana perusahaan tiba-tiba saja mendadak ... Lanjut Baca