5 Tips Untuk Rumah Tangga Harmonis Awet Sampai Kakek Nenek

Waktu Baca: 4 menitSelasa, 22 Juni 2021 08:26 WIB
rumah tangga harmonis
Sumber: xframe.io

Rumah tangga harmonis merupakan impian bagi banyak pasangan suami istri dari dulu hingga sekarang. Keluarga harmonis belum tentu selalu bahagia, tapi bagaimana mereka menyelesaikan permasalahan rumah tangga dengan baik. Gambaran keluarga kecil bahagia, harmonis, sakinah, ideal dan sehat masih tetap bisa diwujudkan dalam rumah tangga.

Masalah pasti selalu ada selama kita hidup, apalagi saat membangun rumah tangga dengan seseorang yang berbeda karakter dengan HappyFams. Meski begitu, bukan berarti HappyFams tidak dapat memiliki rumah tangga yang harmonis.

Inilah 5 Tips Rumah Tangga Harmonis dan Awet

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah tangga awet dan harmonis? Setiap pasangan suami istri pasti menginginkan hubungan yang harmonis agar pernikahannya bisa berlangsung lama tanpa adanya masalah yang berarti.

Meski demikian, terhindar dari masalah hidup adalah sesuatu yang mustahil karena masalah akan selalu datang selama kita masih hidup, termasuk dalam pernikahan. Bukan rahasia lagi jika setiap pernikahan memiliki masalahnya masing-masing.

Sebagian pernikahan mungkin akan berhasil melewati masalah tersebut, tapi tidak jarang juga akhirnya gagal. Oleh karena itu, HappyFams harus tahu bagaimana cara menjaga rumah tangga agar tetap harmonis dan dapat bertahan lama.

1. Ungkapkan Pujian dan Rasa Terima Kasih

Setiap orang pasti merasa senang ketika mendapatkan pujian dari orang lain, apalagi dari orang terkasih. Tidak ada salahnya jika HappyFams memberikan pujian kepada pasangan, misalnya menyebutnya cantik, tampan, masakan enak dan lainnya.

Pujian tersebut akan membuat pasangan merasa senang dan dihargai sehingga akan tercipta suasana rumah yang hangat. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengungkapkan rasa terima kasih atas apa yang dilakukan oleh pasangan.

Meski memasak adalah tugas seorang istri, tapi HappyFams tetap harus mengucapkan terima kasih. HappyFams bisa langsung mengucapkan terima kasih, memberikan pelukan, ciuman atau bentuk lain sebagai ungkapan terima kasih itu.

BACA JUGA:

2. Berikan Sentuhan Fisik

rumah tangga harmonis dengan sentuhan
Sumber: shutterstock

Sentuhan fisik menjadi salah satu kebutuhan emosional yang diperlukan dalam hubungan suami istri. Umumnya, seorang istri membutuhkan lebih banyak sentuhan fisik, meskipun banyak juga suami yang membutuhkan sentuhan fisik pasangan.

Sentuhan fisik berguna untuk meningkatkan ikatan emosional Moms & Dads dengan pasangan, misalnya saja sentuhan, pelukan, dan lainnya. Jadi, jangan ragu untuk melakukan sentuhan fisik saat bertemu atau bersama pasangan.

Ketika Moms & Dads berada di luar rumah, sentuhan fisik tetap bisa dilakukan, seperti dengan bergandengan tangan sehingga hubungan terasa lebih harmonis.

3. Lakukan Hobi Bersama Pasangan

Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda dan terkadang suami istri memiliki hobi yang berkebalikan. Melakukan hobi menjadi salah satu cara bagi kita untuk melepaskan penat, kebosanan dan meningkatkan kembali semangat.

Sering kali kita melihat seorang istri marah-marah karena sang suami sering memancing karena itulah hobinya. Daripada marah dan menghakiminya, lebih baik Moms ikut melakukan hobi itu bersama agar lebih menyenangkan.

Tidak ada salahnya jika Moms & Dads ikut berbahagia melakukan hobi bersama pasangan karena waktu inilah yang justru membuat pernikahan semakin berkesan. Kalau masih bingung pelajari tips menghadapi istri yang tak satu hobi ini.

4. Lakukan Hal Kecil Tanpa Diminta

Memberikan perhatian kecil dan keinginan pasangan adalah sesuatu yang tidak mudah. Tanpa adanya komunikasi HappyFams pasti kesulitan dalam memahami apa yang diinginkan pasangan, tapi HappyFams bisa mempelajarinya.

Saling bekerja sama dan memperhatikan satu sama lain akan membuat hubungan suami istri lebih harmonis. Bayangkan saja jika Moms sedang sibuk di dapur dan kemudian Dads datang membantu tanpa diminta, maka hati kita akan senang.

Perhatian kecil tanpa diminta inilah yang membuat HappyFams akan tersentuh dengan kebaikan hati pasangan. Hal ini juga menjadi bukti bahwa pasangan tengah memperhatikan dan mengetahui apa yang kita butuhkan.

5. Sempatkan Pillow Talk

rumah tangga harmonis pillow talk
Sumber: shutterstock

Sebagai sepasang suami istri, pillow talk menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan sebelum tidur. Sering kali pasangan tidak memiliki waktu banyak untuk berbincang karena tugas dan aktivitasnya masing-masing.

Pada saat di kasur atau menjelang tidur itulah sepasang suami istri bisa berada dalam tempat dan waktu yang sama. Manfaatkan waktu tersebut untuk berbincang dari hati ke hati, mulai dari masalah buah hati, cinta, rencana dan lain sebagainya.

Malam hari yang tenang bisa menjadi momen bagi HappyFams dan pasangan untuk berbicara lebih dalam sehingga menjadi waktu yang tepat untuk menyelesaikan masalah.

Oleh karena itu, pasangan suami istri harus saling bekerja sama untuk bisa menciptakan rumah tangga sesuai yang diharapkan. Beberapa tips di atas bisa HappyFams coba untuk mewujudkan rumah tangga selalu harmonis.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Tips Untuk Rumah Tangga Harmonis Awet Sampai Kakek Nenek"
related post
Dampak Dan Penyebab Disorganisasi Keluarga Di Dalam Masyarakat Kita

Beberapa dari HappyFams mungkin cukup asing dengan pengertian disorganisasi keluarga, tetapi apabila mendengar tentang kata ... Lanjut Baca