5 Tips Renovasi Kamar Tidur Sempit Agar Terasa Lebih Luas

Waktu Baca: 4 menitKamis, 30 Mei 2019 10:00 WIB
Tips Renovasi Kamar Tidur Sempit
Sumber: Unsplash.com/Emile Guillemot

Kamar tidur merupakan salah satu elemen penting di rumah. Sebagai ruang privat, kamar tidur sebaiknya dibuat senyaman mungkin agar pemiliknya betah. Namun, kamar yang nyaman sering kali identik dengan kamar yang luas. Lantas, bagaimana dengan kamar yang kecil? Bisakah dibuat nyaman? Tak perlu bersedih hati, Dads. Kamar sempit namun nyaman bukan lagi angan untuk Dads dapatkan. Renovasi bisa jadi salah satu jalan jika Dads tau cara menyiasatinya. Nah, simak yuk 5 tips renovasi kamar tidur sempit berikut ini. Dads bisa coba ikuti juga lho!

1. Gunakan Cat Dinding Dengan Warna-Warna Cerah

Gunakan Cat Dinding Cerah
Sumber: Unsplash.com/
Annie Spratt

Salah satu hal yang wajib Dads perhatikan ketika renovasi kamar tidur sempit adalah penggunaan cat dinding. Permainan warna cerah dipercaya dapat menghasilkan kesan luas pada ruangan. Selain itu, warna-warna cerah dapat membuat kamar terasa lebih hidup dan tidak sumpek.Dads bisa pilih salah satu di antara pink, kuning, biru muda, atau putih.

Hindari penggunaan warna gelap seperti biru tua atau coklat tua, karena warna tersebut justru membuat ruangan terasa lebih sempit. Selain penggunaan cat dinding yang cerah, Dads juga bisa menambahkan furnitur dengan warna senada untuk membuat kamar semakin hidup. Bahkan, Dads juga bisa menggunakan warna cerah untuk seprei serta selimut. Jadi, sebenarnya Dads tidak perlu merombak konstruksi kamar kok untuk memperluasnya.

2. Buatlah Jendela Yang Cukup Lebar Untuk Menerima Cahaya Matahari

Buatlah Jendela Yang Cukup Besar
Sumber: Unsplash.com/Paola Galimberti

Gantilah jendela kamar dengan yang berukuran lebih besar. Ketika Dads beli rumah pertama kali, perhatikan ukuran jendela pada setiap ruangan. Terutama yang terdapat di kamar tidur. Perlu diingat bahwa jendela yang berukuran kecil hanya akan membuat kamar tidur semakin terasa sempit, sekalipun kamar Dads sebetulnya lebar. Untuk itu, pastikan agar kamar tidur Dads memiliki jendela yang lebar sehingga penerangan alami dari cahaya matahari dapat leluasa masuk ke dalam kamar agar kamar tidak lembab.

3. Manfaatkan Dinding Sebagai Media Penyimpanan

Manfaatkan Dinding Sebagai Media Penyimpanan
Sumber: Unsplash.com/Chris Knight

Kamar yang sempit tentu membuat Dads memiliki ruang penyimpanan yang terbatas. Tetapi, tak perlu bingung. Ada banyak cara untuk mengakali ruangan sempit agar Dads tetap dapat menyimpan perabotan dan barang-barang di dalam kamar. Salah satunya dengan memanfaatkan dinding. Tidak sulit kok, Dads hanya perlu memasang rak yang melekat di dinding. Cara ini biasa disebut floating shelves alias rak melayang. Untuk hasil yang lebih efisien, susunlah rak-rak tersebut secara horizontal agar ruang kosong di bawahnya bisa Dads manfaatkan untuk menaruh barang lain.

4. Unik Dan Tak Biasa, Manfaatkan Saja Langit-Langit Kamar!

Manfaatkan Langit Langit
Sumber: Unsplash.com/Jason Leung

Tidak jauh berbeda dengan penggunaan rak melayang, memanfaatkan langit-langit kamar bisa menjadi salah satu tips renovasi kamar tidur sempit. Meski bisa memaksimalkan fungsinya, namun sayangnya sering kali diabaikan dalam proses renovasi. Contoh penggunaannya adalah sebagai tempat penyimpanan barang atau dekorasi lampu. Jika langit-langit kamar tidur Dads cukup tinggi, buatlah ruang di antara kamar dan langit-langit.

Ruang tersebut bisa digunakan untuk menyimpan pakaian atau benda-benda lain dengan ukuran yang sesuai. Dengan begitu ruang yang digunakan dalam kamar lebih sedikit dan muncul kesan ruangan terasa lebih luas. Selain itu, Dads juga dapat memasang menggantung beberapa dekorasi kamar di langit-langit. Misalnya saja lampu belajar atau lampu tidur. Daripada meletakkannya di atas nakas, lebih baik digantung supaya menghemat ruang.

5. Utamakan Perabot Yang Bersifat Multifungsi

Furniture Multifungsi Untuk Kamar Tidur Sempit
Sumber: Unsplash.com/Yasmin Boheas

Menggunakan perabot multifungsi adalah salah satu tips renovasi kamar tidur sempit yang paling banyak direkomendasikan para desiner interior. Memilih perabot yang akan digunakan untuk kamar sempit tentu berbeda dengan kamar luas. Maka, Dads harus pandai-pandai memilih perabot yang akan digunakan. Setidaknya pastikan bahwa perabot yang Dads pilih dapat difungsikan secara ganda.

Misalnya ketika memilih tempat tidur. Usahakan tempat tidur yang Dads pilih memiliki laci atau tempat penyimpanan di bawahnya sehingga bisa menyimpan barang di bawah tempat tidur. Pilihan ini selain menghemat tempat juga dapat meminimalkan jumlah dan ukuran lemari yang perlu dibeli. Jika tidak memiliki budget memadai, Dads cukup membeli ranjang yang memiliki ruang di bawahnya dan sediakan box atau keranjang dengan ukuran sesuai. Mudah kan, Dads?

Selamat mencoba tips renovasi kamar tidur sempit di atas ya, Dads! Share juga di kolom komentar kalau HappyFams punya tips lain. Selamat merenovasi!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Tips Renovasi Kamar Tidur Sempit Agar Terasa Lebih Luas"
related post
5 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda Sampai Hamil Tua

Memperhatikan posisi tidur ibu hamil sangat penting ketika Moms sedang mengandung. Menjalani masa kehamilan adalah ... Lanjut Baca

7 Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui Ini, Dapat Berpengaruh Pada Gizi Bayi

Untuk Moms setelah melahirkan adalah saat yang paling tepat untuk memberikan ASI kepada sang buah ... Lanjut Baca