5 Tips Meningkatkan Cara Belajar Anak Di Rumah Dengan Hati Senang

Waktu Baca: 2 menitRabu, 06 Mei 2020 14:45 WIB
Cara Menasehati Anak Remaja Yang Bandel
Sumber: pasxcel.com

happinest.id - Anak terlihat malas belajar? Apa pun yang Moms lakukan sebagai orang tua seakan tidak mampu membangkitkan motivasinya bersekolah. Bisa jadi hal ini dipengaruhi oleh lingkungan yang baru seperti kelas baru atau kelompok belajar yang baru ataupun suasana yang baru. Jangan bersikap cuek, gunakan lima tips meningkatkan cara belajar anak berikut ini yang ditawarkan situs EducationWorld untuk mengasah kemampuan dan cara belajar sang buah hati.

1. Perbaiki Cara Mencatat

Anak-anak terbiasa untuk menuliskan semua ucapan guru, kata demi kata. Padahal menurut Eileen Tracy, ahli edukasi dari Oxford, hal ini justru kurang membantu karena menjadi terlalu bertele-tele dan membuang waktu dengan menuliskan semuanya dengan rapi.

Kuncinya ada pada mengidentifikasi poin-poin penting yang memungkinkan anak meringkas dan menyerap sejumlah besar informasi dengan cepat dan mudah. Belajar jadi makin efektif tanpa harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk belajar. Bantu anak untuk membuat catatan setiap kali mendapat pelajaran atau membaca buku, yang berisi poin-poin kunci. 

2. Mindmapping

Teknik ini mendorong anak-anak untuk membayangkan secara visual hal-hal yang dipelajarinya, ketimbang hanya mendengarnya saja. Eileen percaya bahwa teknik ini bisa digunakan oleh semua anak berapa pun usianya. Mindmapping menawarkan cara pintas untuk belajar, terutama yang berkaitan dengan pengerjaan esai, seperti seni dan beberapa ilmu sains.

Ketimbang menghafalkan teori yang didapat dari para guru, latih anak sejak awal untuk belajar dengan melibatkan alat bantu visual. Mulai dari membuat skema yang mencolok, menggunakan kata warna, penggunaan bentuk dan warna. Selain mudah diingat, cara ini juga menstimulasi otak kanan sehingga kemampuan belajar anak dapat berkembang pesat.

3. Trik Mnemonik

Teknik kuno ini ternyata masih jadi cara belajar yang efektif. Walau terdengar konyol, banyak anak yang yang menemukannya jauh lebih menyenangkan ketimbang menghafal. Mnemonik merupakan trik yang merangsang otak kanan sehingga dapat dengan mudah mengingat pelajaran sekolah. Cara ini sangat ampuh dipakai untuk mempelajari biologi, kimia, dan sejarah yang penuh dengan nama, fakta, angka, tanggal, dan urutan.

4. Merencanakan Esai

Banyak anak yang merasa terbebani saat harus menuliskan esai. Kebiasaan mereka untuk berpikir ringkas membuatnya kesulitan menjabarkan pemikiran dalam kata-kata yang lebih luas. Sayangnya, anak-anak sering kali terburu-buru mengerjakannya, yang penting selesai. 

Padahal tugas atau ujian dalam bentuk esai mendorong anak untuk terbiasa menganalisa, menjawab dengan struktur, mengembangkan kemampuan membaca, hingga berpikir logis. Ini bukan hanya mengandalkan memori semata, tapi saat anak-anak berhasil melalui tantangan ini, ia akan memiliki rasa percaya diri yang cukup kuat.

5. Manajemen Waktu

Jadwal anak-anak sekarang memang terasa jauh lebih padat daripada sebelumnya. Mulai dari sekolah, kegiatan ekstra, waktu bermain, hingga bersama keluarga, menyisakan sedikit waktu untuk belajar. Bantu anak untuk memiliki jadwal yang seimbang, dengan menyediakan waktu belajar yang cukup, tanpa membuatnya merasa kelelahan.

Bantu anak untuk mengembangkan cara dan kemampuan belajar, lewat 5 tips ini. Semoga bermanfaat, ya Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Tips Meningkatkan Cara Belajar Anak Di Rumah Dengan Hati Senang"
related post
7 Cara Anak Belajar Dari Rumah Yang Umum Terjadi Di Kondisi Pandemi

happinest.id - Pandemi corona yang mewabah saat ini tidak hanya berimbas pada hilangnya bidang pekerjaan ... Lanjut Baca