5 Tips Membeli Rumah KPR Bagi Dads Yang Ingin Memiliki Hunian Idaman

Waktu Baca: 5 menitKamis, 06 Juni 2019 00:00 WIB
Tips Membeli Rumah Kpr
Sumber: yalantis

Rencana untuk segera memiliki rumah pasti merupakan salah satu impian Dads yang mungkin baru mulai membina rumah tangga. Keinginan itu akan semakin besar jika Dads dan pasangan berencana memiliki anak. Tinggal bersama orang tua sebaiknya tidak dilakukan setelah berumah tangga. Sementara mengontrak rumah mungkin tidak memiliki dampak yang baik untuk anak ke depannya, Dads. Ada baiknya dana mengontrak rumah dialokasikan untuk membeli rumah baru.

Meskipun begitu salah satu kendala terbesar pasangan baru adalah persoalan budget. Membeli rumah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Beruntung jika Dads sudah mapan sebelum menikah. Karena pada umumnya pasangan yang baru menikah seringkali bermasalah dalam persoalan ekonomi. Jika keinginan Dads untuk segera memiliki rumah tidak berjalan seiring dengan budget, mencicil atau kpr rumah adalah pilihan yang baik. Sebelum Dads mencari rumah, ada baiknya Dads menyimak beberapa tips beli rumah dengan kpr berikut.

1. Tentukan Tipe Hunian Idaman Dads, Tidak Masalah Hunian Dengan Ukuran Kecil

tipe hunian idaman
Sumber: Unsplash.com/Banter Snaps

Sebelum mulai mencari rumah, sebaiknya Dads mempertimbangkan tipe hunian yang akan dibeli. Tipe ukuran rumah sepenuhnya berjalan seiring dengan biaya kpr rumah nantinya. Jadi, pastikan Dads memutuskan dengan bijaksana dan hati-hati sebelum memutuskan untuk membeli rumah ya!

Sebagai pasangan baru Dads sebenarnya tidak begitu memerlukan hunian berukuran besar. Konsep minimalis akan sangat cocok untuk Dads yang baru berumah tangga. Paling tidak hunian yang Dads pilih memiliki empat ruangan selain kamar mandi. Dua kamar tidur dan satu dapur. Satu ruangan yang lain bisa merangkap menjadi ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan juga, Dads.

Ke depan kalau Dads mulai merasa membutuhkan ruangan lagi, karena anak-anak sudah beranjak dewasa misalnya, Dads bisa merenovasi rumah. Oleh sebab itu penting juga bagi Dads untuk mempertimbangkan luas lahan hunian. Usahakan mencari rumah yang memiliki tanah lebih ya, Dads.

2. Perhitungkan Biaya DP Rumah Dan Jenis KPR, Sesuaikan Dengan Kemampuan Keuangan Dads

biaya dp dan kpr
Sumber: Pinterest.com

Biasanya DP rumah berada pada kisaran dua puluh persen dari harga totalnya, Dads. Sementara itu jumlah kpr rumah setiap bulan bergantung dengan DP awalnya. Jika DP yang Dads bayarkan lebih besar, maka biaya kpr per bulan akan semakin kecil. Begitupun sebaliknya.

Untuk memutuskan hal tersebut Dads benar-benar perlu memikirkannya dengan baik. Pertimbangkan budget yang Dads miliki. Jangan sampai Dads terlalu memaksakan memberi DP yang besar, sehingga kesulitan membayar cicilan setiap bulan. Jangan lupa juga mempertimbangkan aspek lain misalnya biaya sekolah anak. Dan ingatlah Dads untuk mengambil kpr rumah maksimal 15 tahun saja.

Adapun jenis-jenis kpr yang bisa Dads pertimbangkan yaitu pertama kpr konvensional sebagaimana yang banyak ditawarkan. Kedua, kpr bersubsidi yang merupakan fasilitas dari pemerintah dan biasanya diberikan kepada mereka yang memiliki penghasilan rendah. Ketiga, adalah kpr syariah dimana bank akan membayar rumah yang dibeli, sementara yang perlu Dads lakukan adalah menyicil di bank. Meskipun biaya cicilan kpr syariah agak lebih besar, kelebihannya kpr jenis ini tidak menerapkan bunga sehingga kpr setiap bulan cenderung tetap.

3. Diskusikan Dengan Baik, Membeli Rumah Bekas Atau Rumah Baru

rumah bekas atau baru
Sumber: Unsplash.com/Malivoj Kuhar

Saat ini, bukan hanya rumah baru yang ditawarkan di pasaran lho, Dads. Banyak juga rumah bekas yang ditinggal penghuninya, sehingga dijual. Membeli rumah baru di perumahan misalnya, memang terkesan lebih simpel. Tetapi, Dads masih perlu mengisi rumah tersebut dengan perabot baru. Dan benar-benar memulai dari awal.

Sementara jika membeli rumah bekas, mungkin Dads perlu melakukan renovasi. Tetapi biasanya di dalam rumah bekas sudah tersedia perabot dari penghuni lama. Kelebihan dari pilihan ini adalah Dads bisa melakukan negosiasi langsung dengan pemilik rumah. Biaya cicilannya juga tergantung dari hasil pembicaraan Dads lho.

4. Jangan Lupakan Untuk Menabung Sekalipun Tidak Memiliki Cicilan

menabung beli rumah
Sumber: Unsplash.com/Meliisa Walker Horn

Memiliki cicilan biasanya membuat sebagian orang terpaku pada satu titik. Cicilan itu sendiri. Cobalah untuk berpikiran lebih terbuka, Dads. Cicilan mungkin memang agak berat, tetapi jangan lupakan untuk menabung sekalipun sedikit. Membuat tabungan dan menyisihkan sedikit pendapatan Dads akan memberi manfaat yang besar nantinya. Bisa jadi suatu saat Dads tiba-tiba memiliki keperluan mendesak. Dads bisa menggunakan tabungan tersebut.

Salah satu tips menabung saat memiliki kpr rumah adalah membayar cicilan terlebih dahulu ya, Dads. Sisanya, jika ada walaupun sedikit itulah yang ditabung. Selain itu, untuk menghindari penunggakan cicilan, Dads juga bisa menabung ke dalam akun bank tempat mencicil sehingga akan memudahkan nanti untuk membayar cicilan rutin, sekaligus juga melatih disiplin menabung.

5. Mintalah Saran Dan Pendapat Dari Agen Properti

saran agen properti
Sumber: Unsplash.com/William Iven

Membeli rumah dengan cara kpr mungkin memang sedikit membingungkan dan butuh pertimbangan ekstra ya, Dads. Seperti bagaimana memperhitungkan keseimbangan antara pendapatan Dads, DP, dan biaya kpr rumah setiap bulan. Salah perhitungan sedikit bisa berdampak besar lho, Dads!

Oleh sebab itu, jika memang Dads merasa sulit memutuskan, tidak ada salahnya meminta saran dari agen properti. Dads tinggal menjelaskan kondisi keuangan dan kebutuhan keluarga. Lalu, agen properti pasti akan mencarikan solusi terbaik dan jalan keluar untuk Dads. Cara ini akan sangat berguna untuk mengurangi beban pikiran Dads. Selain itu, menggunakan jasa agen properti juga menguntungkan, karena Dads tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk mencari rumah. Dads hanya terima beres saja.

Nah, itulah beberapa tips beli rumah dengan kpr yang patut Dads coba. Jika Dads memiliki saran, tips, dan pertanyaan seputar KPR silahkan tinggalkan di kolom komentar, ya untuk berbagi pengalaman dengan Dads lainnya. Selamat mencoba dan semoga segera memperoleh hunian impian Dads!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Tips Membeli Rumah KPR Bagi Dads Yang Ingin Memiliki Hunian Idaman"
related post
7 Sikap Suami Tidak Peduli Perasaan Istri Tapi Diam-diam Sayang

Moms mungkin pernah merasa bahwa terkadang suami tak peduli lagi dengan keluarga dari sikap-sikapnya yang ... Lanjut Baca