5 Strategi Mengatur Keuangan Menjelang Lebaran. Dads Sudah Lakukan?

Waktu Baca: 5 menitKamis, 16 Mei 2019 08:00 WIB
Strategi Mengatur Keuangan Jelang Lebaran
Sumber: Unsplash.com

Menjelang lebaran, tentu saja Dads perlu mengantisipasi pengeluaran yang akan membengkak karena selain harga bahan pokok kian naik, kebutuhan keluarga untuk lebaran pun semakin meningkat. Tapi, jangan pusing dulu ya Dads! Hal pertama yang wajib Dads pahami terlebih dahulu adalah seberapa banyak kemampuan keuangan Dads.

Selain itu, taktik dan strategi mengelola keuangan sebelum lebaran tentu saja diperlukan. Ini penting dilakukan supaya Dads bisa merayakan lebaran secara meriah, sekaligus memiliki keuangan yang tetap aman dari defisit. Bagi Dads yang masih bingung bagaimana cara mengatur keuangan lebaran yang tepat, mari simak 5 tips di bawah ini ya, Dads!

1. Buat Daftar Berbagai Barang Yang Wajib Dibeli Untuk Lebaran. Harus Fokus Ya, Dads!

rencana keuangan pasca lebaran
Sumber: IDNTimes.com

Untuk memastikan rencana keuangan pasca lebaran tetap aman, Dads harus bisa pintar mengelola uang dengan membuat perencanaan dan rincian pengeluaran. Buatlah daftar barang yang berisi tentang apa saja yang akan Dads beli dan berapa total biaya yang akan Dads keluarkan untuk berbagai macam kebutuhan tersebut.

Biasanya, jelang Hari Raya ini pula Dads seringkali menemukan beragam promo diskon menarik yang bisa membuat Dads menjadi lebih boros dari biasanya bila tidak berkomitmen dengan rencana pengeluaran yang ada.Apabila barang itu ada di dalam daftar kebutuhan dan sesuai budgetnya, maka Dads sedang beruntung karena artinya dengan adanya promo tersebut, Dads bisa menjadi lebih hemat pengeluaran.

Bedakan juga antara kebutuhan dan keinginan ya, Dads! Barang yang sedang diskon besar belum tentu Dads butuhkan. Tetap fokus dan mari ingatkan keluarga agar membeli barang yang diperlukan saja. Atau bila memungkinkan, Dads juga bisa mengajak keluarga untuk bijak dalam memilih alternatif barang yang lebih murah namun tetap berkualitas, sehingga alokasi dana yang ada menjadi lebih terkontrol.

2. Jangan Boros Dads, Uang THR Bisa Dijadikan Tambahan Tabungan Lho!

mengelola kondisi keuangan setelah lebaran
Sumber: nebraskalandbank.com

Memang, saat menjelang lebaran, uang THR dan bonus lebaran lainnya sangat membantu keuangan Dads. Namun, tidak berarti uang THR tersebut bisa langsung dihabiskan saja untuk kebutuhan lebaran. Kondisi keuangan setelah lebaran juga harus Dads perhitungkan lho.

Dads bisa mengalokasikan uang THR ini maksimal 50% untuk keperluan lebaran, sedangkan sisanya untuk tabungan. Ingat, Dads! Kehidupan Dads masih terus berlanjut sampai setelah lebaran. Sisihkan juga uang untuk bersedekah dan berbagi kepada sesama agar harta Dads lebih berkah, ya!

3. Buat Prioritas Pengeluaran saat Lebaran. Pilih Mana, Mudik Nyaman Dengan Pesawat? Atau Transportasi Lain Yang Lebih Murah Tapi Bisa Belanja Banyak?

cara mengatur keuangan lebaran yang tepat
Sumber: beritatagar.id

Strategi dan cara mengatur keuangan lebaran lainnya ialah dengan membuat prioritas. Diantara beberapa pilihan untuk kebutuhan lebaran, Dads dan keluarga harus bisa memilih. Apakah lebaran tahun ini Dads memilih mudik nyaman menggunakan pesawat, atau mudik dengan mobil yang lebih murah sehingga uangnya bisa dialokasikan untuk membantu keluarga lainnya, membeli oleh-oleh, atau berwisata saat lebaran.

Dads bisa memilih, mana yang menjadi prioritas. Jika anggota keluarga Dads ada yang sakit sehingga tidak sanggup melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil, Dads bisa memilih alternatif pesawat yang lebih cepat. Namun, jika menggunakan pesawat justru membuat Dads dan keluarga kehabisan budget untuk belanja makanan dan baju lebaran maka Dads bisa mempertimbangkan alternatif transportasi lainnya yang lebih murah.

4. Mempersiapkan Dana Lebaran Dari Jauh-Jauh Hari, Agar Dads Tidak Perlu Khawatir Dengan Membengkaknya Biaya Yang Dikeluarkan

perencanaan keuangan lebaran
Sumber: Tajuktimur.com

Persiapan adalah hal yang paling penting dalam melakukan apapun, apalagi jika berhubungan dengan masalah uang. Dads sudah tahu bahwa kebutuhan hari raya jumlahnya tidak sedikit, kan? Maka, untuk menutupi pengeluaran yang membengkak menjelang lebaran, Dads perlu melakukan perencanaan keuangan lebaran.

Salah satunya dengan mempersiapkan dana lebaran sejak jauh hari. Dads juga bisa membeli tiket mudik dari beberapa bulan sebelum masa lebaran agar bisa menghindari habisnya tiket mudik ataupun naiknya harga tiket. Penting sekali bagi Dads menyiapkan tabungan khusus untuk lebaran. Jadi, saat menjelang lebaran tiba, sedangkan gaji dan uang THR belum turun, Dads bisa merasa lebih tenang deh!

5. Batasi Penggunaan Uang Elektronik Agar Tidak Bikin Kantong Dads Kering

tips mengatur keuangan menjelang lebaran
Sumber: amalan.com

Memang saat kini sudah banyak promo menarik yang ditawarkan untuk pengguna fasilitas kartu kredit. Dalam keseharian pun, fasilitas uang elektronik seperti ini sangat memudahkan hidup Dads. Namun, jangan terlena ya, Dads! Bila tidak bisa mengontrol diri dan membatasi penggunaan kartu kredit, terutama menjelang lebaran, bisa membuat tagihan bisa membengkak, lho!

Ingatlah kartu kredit pada dasarnya digunakan untuk berhutang. Jangan sampai tujuan menyenangkan keluarga jelang lebaran malah jadi timbul masalah karena terlalu banyak menggesek kartu kredit tanpa tahu bagaimana cara melunasinya. Jadilah bijak dan pahami dulu cara menghemat uang keluarga. Dengan begitu, keuangan paska lebaran pun akan tetap dalam batas aman dan tanpa defisit.

Nah, itulah 5 strategi aman menjaga keuangan Dads menjelang lebaran. Apakah Dads punya pengalaman serupa maupun tips ampuh untuk melakukan pengelolaan finansial sebelum lebaran? Dads bisa ceritakan di kolom komentar, ya! Semoga tips ini bermanfaat.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Strategi Mengatur Keuangan Menjelang Lebaran. Dads Sudah Lakukan?"