5 Snack Sehat Dari Sayuran Yang Bisa Jadi Favorit Keluarga

Waktu Baca: 3 menitKamis, 21 Mei 2020 15:58 WIB
Snack Sehat Keluarga
Sumber: plantpurenation

Kalau mendengar kata snack, biasanya akan terpikir makanan kemasan atau gorengan yang praktis untuk dinikmati saat bersantai bersama keluarga. Sayangnya snack yang tinggi garam, gula, atau kalori lama-lama akan berdampak buruk buat kesehatan kelauarga. Tidak ada salahnya mempersiapkan camilan sendiri untuk keluarga di ruamah. Berikut ada 5 snack sehat dan lezat yang Moms dapat buat sendiri di rumah.

1. Kulit Kentang Panggang

Jangan buang kulit kentang yang mengandung banyak kalsium, vitamin C, dan B6 yang baik bagi kesehatan sekeluarga. Belum lagi kadar serat yang lebih besar daripada daging umbinya untuk memperlancar kesehatan.

Cara mempersiapkannya pun cukup mudah, tinggal celupkan kulit kentang yang sudah dicuci bersih ke dalam campuran tepung, bawang putih, air, garam, dan merica. Goreng atau panggang hingga garing. Sajikan bersama mayonaise sebagai pengganti keripik kentang atau french fries.

2. Nachos

Keripik nachos bisa saja dimakan langsung, tapi dengan sedikit twist, rasanya makin lezat dan sehat. Pertama buat dulu saus guacamole khas Meksiko yang terbuat dari daging alpukat. Campurkan dengan cacahan bawang bombay, bubuk bawang putih, dan potongan paprika.

Jangan lupa bumbui dengan garam dan merica, lalu suguhkan bersama keripik nachos yang renyah. Pas banget dinikmati saat menonton film bersama keluarga atau sekadar mengobrol hangat.

3. Tempura Sayur

Kumpul-kumpul keluarga memang sulit dipisahkan dari gorengan. Sesekali sajikan saja kudapan bercitarasa gurih ini tapi buat dengan bahan sayuran. Ini juga bisa dijadikan salah satu cara untuk mendorong anak-anak untuk menyantap sayuran di balik adonan tepung yang krispi.

Siapkan sayur-sayuran seperti buncis, wortel, terung, bawang bombay yang diiris berbentuk ring, hingga jamur. keringkan dengan kertas tisu untuk menyerap kelebihan air dan menjaganya tetap renyah, lalu celupkan ke dalam larutan tepung dan n goreng dalam minyak panas.

4. Banana Balls

Butuh snacks yang mudah dibuat, lezat, dan cukup mengenyangkan? Coba gabungkan tepung oat, flaxseed, chia seeds, maple syrup, almond butter, pisang, dan bubuk kayu manis.

Uniknya, kamu bisa menyiapkan snack ini jauh-jauh hari dan simpan di freezer, sehingga dapat dinikmati kapan pun. Selain itu, bahan-bahannya pun dapat disesuaikan dengan stok yang ada, misalnya mengganti almond butter dengan selai kacang atau menambahkan chocolate chips. Yummy!

5. Edamame Panggang

Satu lagi snack berbahan sayur yang bakal jadi favorit keluarga, bahkan anak-anak. Biasa ditemukan di restoran kuliner Jepang sebagai kudapan, edamame biasanya disajikan dengan cara direbus.

Coba deh memanggangnya dalam balutan minyak zaitun, taburan tepung panko, dan keju parmesan parut. Cara pembuatannya pun cukup sederhana, bilas edamame hingga bersih lalu keringkan. Beri bumbu secukupnya dan atur di atas loyang, panggang 15-20 menit hingga kecokelatan, lalu sajikan selagi renyah. Siap-siap jadi rebutan, deh!

Tidak usah takut anak menjadi gemuk dengan kudapan sehat yang dibuat sendiri di rumah. Tapi bila Moms mau si kecil bertambah gemuk dengan sehat, Moms bisa tambahkan menu-menu makanan ini juga untuk si kecil loh! 9 Makanan Agar Anak Gemuk Sehat.

Sajikan snack sehat sebagai pelengkap pola makan seimbang dan tentunya jadi favorit keluarga. Selamat mencoba Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Snack Sehat Dari Sayuran Yang Bisa Jadi Favorit Keluarga"
related post
Penyebab Dan Cara Mengatasi Gangguan Makan Pada Anak Dan Remaja

Gangguan makan dapat dialami oleh semua orang. Namun kasus gangguan makan banyak dialami oleh remaja ... Lanjut Baca