5 Pilihan Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Waktu Baca: 5 menitSenin, 01 April 2019 10:31 WIB
Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui
Sumber: nutritionnews.abbott

Sebagai seorang ibu, kita pasti ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil ya, Moms? Seperti merawat, menjaga, dan memberikan nutrisi terbaik untuk tubuh kembang buah hati. Salah satunya adalah melalui pemberian ASI. Tapi, ketahuilah juga bahwa seorang ibu menyusui harus cermat dalam memilih pilihan menu makanan sehat untuk ibu menyusui. Yakni dengan mengkonsumsi makanan bergizi karena apa yang ia makan juga akan diberikan kepada si kecil melalui ASI.

Ketika dalam masa menyusui bayi, Moms juga sebaiknya menghindari diri dari mengkonsumsi zat-zat yang dapat membahayakan. Contohnya, seperti merokok, minum-minuman keras, bahkan alkohol. Ibu menyusui juga dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi obat diuretik dan pil anti kehamilan. Karena, obat diuretik berdampak pada berkurangnya cairan tubuh. Sedangkan, pil anti kehamilan dapat menghambat produksi ASI.

Bagaimana Seharusnya Ibu Menyusui Memilih Menu Makanan Harian?

Ibu menyusui sebaiknya mengkonsumsi makanan bergizi dan berenergi tinggi. Seperti susu sapi yang mengandung kalsium bermanfaat untuk mencegah kerusakan tulang dan gigi. Susu juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium dan flour dalam ASI.

Selain susu, ibu menyusui juga dianjurkan minum 2-2,5 liter air dalam sehari dan ditambah konsumsi air dari buah. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan, air/sari buah juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin menurut Committee on Nutritional. Pastikan keduanya dipenuhi Moms ya!

Ragam Pilihan Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Banyaknya kebutuhan nutrisi ibu menyusui menuntut Moms untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat. Nah, kami punya beberapa inspirasi menu makanan untuk ibu menyusui agar tidak bosan mengkonsumsi makanan sehat. Berikut informasinya!

1. Quaker Oat Kurma

Membuat menu ini cukup mudah lho, Moms! Bahan-bahan yang diperlukan adalah quaker oat instan, kurma, susu UHT tinggi kalsium, gula palm, dan air panas. Caranya, Moms dapat mencampurkan 3 sendok makan quaker oat instan dengan air panas, lalu tunggu hingga quaker mengembang. Kemudian tambahkan 400mL susu UHT, kurma, dan gula palm secukupnya.

Perlu diketahui juga ya Moms, ternyata oatmeal sangat bermanfaat bagi tubuh, lho! Kandungan zat-zat penting di dalamnya seperti zat besi dan serat memiliki berbagai manfaat. Zat besi pada oatmeal dapat membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari anemia.

Sedangkan, serat berfungsi untuk menghancurkan penumpukan kolesterol jahat. Selain itu, oatmeal juga mengandung betaglucan yang dapat membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh dengan mencegah penyerapannya di dalam usus. Oatmeal juga mengandung vitamin B kompleks yang dapat menjaga kesehatan kulit setelah melahirkan. Wah, ternyata oatmeal bermanfaat sekali ya untuk ibu menyusui, Moms!

2. Sayur Bening Daun Katuk

Moms, daun katuk yang dimasak dalam bentuk sayur bening dapat menjadi alternatif menu bagi ibu menyusui, lho! Sensasi segar sayur bening dan aroma kencur dari bumbunya dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan bagi ibu menyusui. Daun katuk sendiri mengandung vitamin A, B, C, K, provitamin A, fosfor, kalium, serat, serta berfungsi sebagai antioksidan.

Selain zat-zat tersebut, daun katuk juga mengandung steroid dan polifenol yang mampu meningkatkan kadar prolaktin. Dimana prolaktin adalah hormon dalam ibu hamil yang berfungsi untuk melancarkan, mempercepat serta memproduksi ASI. Nah, bermanfaat sekali ya Moms daun katuk ini. Terutama bagi ibu menyusui agar produksi ASI semakin lancar. Pastikan masukkan menu makanan sehat ini ya untuk program menyusui Moms!

3. Jus Kurma Susu

Untuk membuat jus kurma susu, Moms dapat merendam terlebih dahulu buah kurma selama 7-8 jam untuk dijadikan air nabeez. Kemudian blender susu, kurma, serta air nabeez. Faktanya, buah endemik Arab ini memiliki kandungan zat besi dan kalium tinggi sehingga dapat membantu melancarkan produksi ASI bagi ibu menyusui. Selain rasanya yang manis, kurma juga dipercaya mengandung potuchsin yang bermanfaat untuk mencegah perdarahan dan membantu mengembalikan ukuran rahim seperti semula. Menarik sekali ya, Moms!

4. Green Juice (Jus Sayur)

Salah satu sayur yang dapat dijadikan jus adalah sawi hijau. Moms dapat membuat jus sayur ini dengan bahan sawi hijau, nanas, pisang barlin, dan air. Caranya, cuci sawi dan nanas, lalu potong hingga berukuran sedang. Campurkan semua bahan dan haluskan dengan blender, kemudian saring untuk diambil sarinya.

Sawi hijau mengandung antioksidan yang dapat menjaga kadar gula darah sehingga ibu menyusui bisa terhindar dari diabetes. Selain itu, sawi juga kaya akan vitamin K yang berfungsi untuk membekukan darah sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya perdarahan pasca persalinan.

5. Bubur Manado

Makanan khas Manado ini tentu sudah tidak asing lagi ya, Moms! Bubur manado adalah bubur dari daerah Manado dengan rasanya yang khas. Bubur ini dapat ditambahkan dengan ikan tuna, ayam, serta daun katuk. Ikan tuna dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui dengan batasan tidak lebih dari 2 kali per minggu. Karena, selain zat gizinya yang tinggi, ikan tuna juga mengandung merkuri meski dalam kadar sedang.

Tuna juga kaya akan omega 3, zat besi, dan kalsium. Omega 3 sangat berguna untuk menurunkan risiko penyakit jantung karena omega 3 bermanfaat untuk mengurangi kadar trigliserida di dalam darah. Zat besi dapat membantu pembentukan sel darah merah sehingga ibu terhindar dari anemia. Sedangkan kalsium dapat membantu pembentukan dan menguatkan tulang sehingga tulan ibu maupun bayi lebih sehat.

Nah, itulah 5 pilihan menu makanan sehat untuk ibu menyusui yang dapat dijadikan inspirasi menu bagi ibu hamil. Selain makanan tersebut, jangan lupa konsumsi air minum agar terhindar dari dehidrasi ya, Moms! Apakah Moms punya resep tersendiri agar program menyusui lebih lancar? Share di komentar yuk untuk berbagi pengalaman Moms!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Pilihan Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui"
related post
7 Prinsip Pembelajaran Paud Untuk Maksimalkan Usia Emas Anak

Setiap tingkat pendidikan memiliki prinsip-prinsip pembelajaran di dalamnya. Dimana prinsip ini nantinya bisa menjadikan suatu ... Lanjut Baca

Pola Asuh Permisif Anak, Bebas Tanpa Aturan Namun Bisa Jadi Bumerang

Pola asuh anak memiliki beberapa cara, ada pola asuh otoriter, pola asuh demokratis maupun pola ... Lanjut Baca

5 Cara Berhubungan Intim Yang Tidak Mengakibatkan Kehamilan

Berhubungan suami istri sekarang tak hanya merupakan sebuah keinginan saja, melainkan juga menjadi sebuah kebutuhan ... Lanjut Baca