5 Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Supaya Dads Nggak Menyesal

Waktu Baca: 3 menitRabu, 18 Maret 2020 10:00 WIB
Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah
Sumber: tyrosresort.com

Memiliki rumah sendiri pastinya menjadi impian semua orang, terlebih bagi pasangan yang baru saja menikah. Umumnya setelah menikah pasangan suami istri masih tinggal di rumah orang tua. Dan jika tabungan sudah cukup banyak, kapan sebaiknya beli rumah sendiri? Apakah segera setelah menikah atau setelah si kecil lahir nanti?

Jangan bingung Dads! Jika Dads sudah memiliki dana cukup untuk membeli rumah sebaiknya segera miliki rumah sendiri. Karena bagaimana pun juga, tinggal di rumah sendiri jauh lebih baik untuk keharmonisan rumah tangga. Dan karena rumah menjadi tempat berlindung untuk Dads dan keluarga, memilih rumah pun tidak bisa sembarangan.

Pastikan juga bahwa rumah yang dipilih bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi keluarga. Oleh sebab itu, Dads membutuhkan beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Jangan sampai akibat terburu-buru, Dads malah menyesal nantinya. Nah, berikut ada 5 pertimbangan sebelum membeli rumah yang bisa Dads jadikan acuan.

1. Lokasi Dan Kondisi Lingkungan Sekitar Rumah

Tips Sebelum Membeli Rumah
Sumber: cirebon-pedia.blogspot.com

Tips sebelum membeli rumah yang harus Dads jadikan sebagai pertimbangan utama adalah lokasi dan kondisi lingkungan di sekitarnya. Pasalnya, lokasi dan keadaan sekitar akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan Dads dan keluarga. Jadi, sebelum memutuskan akan membeli rumah yang mana, cek dulu lokasinya ya, Dads.

Pilihlah lokasi rumah yang strategis, karena akan ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh. Misalnya, akses yang mudah ke rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah, pusat bisnis, dan tempat umum lainnya. Selain itu, kondisi lingkungan di sekitar tempat tinggal pun menjadi poin penting untuk diperhatikan. Lokasi yang strategis belum tentu lingkungannya baik, dan pastikan juga seberapa aman lokasi rumah dari tingkat kejahatan dan banjir.

2. Konstruksi Dan Ukuran Rumah

Tips Membeli Rumah Di Perumahan
Sumber: viralrumahsederhana.blogspot.com

Konstruksi bangunan juga menjadi pertimbangan penting untuk diperhatikan, namun sering kali terabaikan. Padahal ketahanan suatu hunian sangat bergantung pada konstruksi bangunannya. Banyak lho Dads, orang di luar sana yang akhirnya menyesal setelah beberapa tahun mendiami suatu hunian karena tidak memperhatikan konstruksi rumah sebelum membeli. Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk tips membeli rumah di perumahan baru saja Dads, namun juga untuk rumah second ya!

Kondisi konstruksi rumah second tentunya sudah tidak sebagus rumah baru. Jadi, sebelum membeli rumah, Dads harus mengecek secara detail setiap elemen yang mencakup konstruksi bangunan seperti kondisi dinding, lantai, atap, hingga plafon. Selain itu, perhatikan juga ukuran rumah yang hendak Dads beli. Sesuaikanlah jumlah anggota keluarga dengan ukuran atau tipe rumah yang dipilih supaya rumah kelak akan nyaman dihuni.

3. Akses Transportasi Yang Tersedia

Pertimbangan Saat Akan Membeli Rumah
Sumber: airbnb.com.tr

Pertimbangan saat akan membeli rumah lainnya adalah kemudahan transportasi umum yang tersedia. Lokasi rumah yang strategis memang cenderung mempunyai akses transportasi yang memadai. Walau demikian, tetap saja Dads juga harus memperhatikan kondisi jalan dan jenis transportasi yang tersedia. Kondisi jalan yang baik dan telah beraspal tentu lebih memudahkan kendaraan untuk lewat sehingga memudahkan aktifitas harian.

Begitu juga dengan jenis transportasi umum yang tersedia seperti bus, taksi, angkot, ojek, dan sebagainya. Cari tahu apakah semua transportasi tersebut mudah untuk didapat atau tidak. Hal ini penting sekali untuk diketahui jika ada HappyFams yang memanfaatkan transportasi umum untuk bepergian seperti ke sekolah, bekerja, atau ke berbagai tempat lainnya.

4. Harga Dan Metode Pembayaran Yang Ditawarkan

Beli Rumah Pertama
Sumber: palembang.tribunnews.com

Semua hal yang menjadi pertimbangan ketika Dads akan membeli rumah mempunyai pengaruh besar terhadap harga rumah. Contohnya pada rumah yang berada di lokasi strategis seperti pusat kota, tentu harganya akan lebih mahal dibanding dengan rumah yang berada di kawasan pinggiran kota. Begitu pula dengan ukuran dan kondisi konstruksi bangunannya, Dads.

Semakin terawat dan besar ukuran rumah yang ingin Dads beli, maka harganya pun akan semakin tinggi. Dan satu lagi, Dads juga perlu mempertimbangkan metode pembayaran yang tersedia. Kalau Dads mempunyai budget yang memadai dan sedikit lebih, maka membeli rumah secara cash sangat direkomendasikan. Bila dana yang Dads punya termasuk pas-pasan, maka mencicil atau menggunakan sistem KPR tentu juga tak masalah ketimbang harus mengontrak.

5. Status Kepemilikan Rumah

Kapan Sebaiknya Beli Rumah
Sumber: wealthbuilders.org

Jika Dads memutuskan untuk membeli rumah second, maka status kepemilikan rumah ini wajib untuk Dads ketahui. Status kepemilikan rumah antara lain adalah hak milik, hak guna bangunan, dan juga hak waris. Ketiga jenis kepemilikan rumah tersebut pastinya berbeda dan akan berpengaruh pada transaksi jual beli rumah nanti. Selain itu perhatikan juga kelengkapan surat-surat rumah untuk menghindari terjadinya persoalan lain yang nantinya bisa merugikan Dads sendiri, seperti sengketa atau penipuan misalnya.

Nah, itulah 5 poin penting yang bisa Dads jadikan pertimbangan sebelum membeli rumah agar tidak menyesal nantinya. Membeli rumah memang perkara mudah Dads, namun jika tidak cermat justru bisa menimbulkan berbagai persoalan yang merugikan. Apa Dads punya tips atau pertimbangan lain yang tak kalah pentingnya saat membeli rumah? Share di komentar ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Supaya Dads Nggak Menyesal"
related post
Super Mom, Kehebatan Ibu Rumah Tangga Yang Tanpa Disadari Kekuatannya

Siapa bilang menjadi seorang ibu rumah tangga itu adalah pekerjaan yang mudah dan dapat dilakukan ... Lanjut Baca