5 Permainan Di Rumah Yang Menyenangkan & Tidak Bosan Bersama Keluarga

Waktu Baca: 6 menitSenin, 02 November 2020 09:26 WIB
Permainan Di Rumah
Sumber: Yandex.com

Rasa jenuh dan bosan pasti akan dirasakan oleh semua orang. Mencari kegiatan atau suasana baru merupakan hal pertama yang dilakukan banyak orang untuk menghilangkan kejenuhan terhadap pekerjaan. Jika biasanya banyak orang memilih untuk menghabiskan waktu luang atau akhir pekan dengan pergi keluar rumah, namun saat ini kegiatan tersebut sudah tidak dapat dilakukan secara bebas. Akibat adanya virus corona serta penerapan PSBB di sejumlah wilayah membuat sebagian besar orang harus membatasi seluruh kegiatan di luar rumah.

Meskipun begitu bukan berarti tidak ada cara untuk menghilangkan kebosanan saat berada di rumah. Selain menikmati tontonan film favorit hingga mencoba resep masakan baru, masih ada kegiatan seru lainnya yang dapat HappyFams lakukan bersama keluarga yakni dengan bermain di rumah. Beragam bentuk permainan yang dapat dipilih dan tentunya bisa dilakukan oleh seluruh anggota keluarga. Lalu apa saja permainan keluarga di rumah yang dapat menghilangkan rasa bosan meskipun tidak keluar rumah sekalipun? Yuk disimak daftarnya berikut ini!

1. Monopoli

permainan di rumah bersama keluarga
Sumber: Yandex.com

Monopoli menjadi permainan di rumah bersama keluarga yang dapat dipilih untuk mengisi waktu luang. Hampir seluruh negara di dunia tahu permainan monopoli ini dan sudah ada ratusan edisi diciptakan. Bahkan sejak pertama kali diciptakan di tahun 1935, ada lebih dari 10 rekor dunia telah terpecahkan oleh monopol.

Permainan yang dilakukan maksimal 4 orang pemain ini ternyata tidak hanya menyenangkan namun juga memberi pembelajaran kepada anak terutama mengenai konsep uang. Hal paling menyenangkan dalam permainan monopoli yakni apabila salah satu pemain berhenti di negara atau kota lawan, mereka harus membayar denda. Dan denda akan semakin besar hingga akhirnya membuat pemain bangkrut dan kalah dalam permainan.

Ternyata permainan monopoli memiliki banyak manfaat antara lain melatih kesabaran, belajar mengatur keuangan karena uang yang banyak belum tentu menjadi pemenang, serta memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada. Secara tidak langsung permainan monopoli memberikan gambaran mengenai dunia bisnis. Tertarik melakukannya bersama keluarga?

2. UNO

permainan di rumah agar tidak bosan
Sumber: Yandex.com

Ada beragam permainan yang menggunakan kartu sebagai alat permainannya, salah satunya UNO. Menurut sejarah UNO berasal dari Amerika Serikat dan diciptakan oleh seorang pemilik babershop pada tahun 1971. Seiring berkembangnya zaman UNO tidak hanya berupa kartu saja namun telah dibuat berbagai model seperti UNO spin, stacko, attack dan lainnya.

Bermain UNO biasanya dilakukan oleh minimal 2 orang. Cara bermainnya cukup mudah dan biasanya sudah terdapat petunjuk dan aturan yang tersedia dalam set kartu UNO. Meskipun begitu ada banyak orang melakukan modifikasi permainan agar semakin seru dan menyenangkan. Salah satunya dengan memberikan coretan pada wajah untuk pemain yang mengalami kekalahan. Jadi tidak ada salahnya memasukkan UNO sebagai permainan di rumah agar tidak bosan saat bersama keluarga.

3. Jenga

permainan di rumah yang menyenangkan
Sumber: Yandex.com

Permainan yang terbuat dari kayu ini ternyata sangat popular di berbagai negara termasuk Indonesia. Kata jenga sendiri berasal dari bahasa swahili yang berarti membangun. Konsep dari jenga sendiri yakni setiap pemain harus memindahkan balok kayu ke puncak balok setinggi mungkin sambil berusaha menyeimbangkan susunan balok agar tidak runtuh.

Hal yang menyenangkan dalam permainan jenga ini yakni setiap pemain harus mengambil salah satu balok dari susunan bawah dan berusaha untuk tidak membuat susunan balok runtuh. Tidak hanya itu saja, setiap pemain harus menggunakan satu tangan untuk meletakkan balok kayu pada bagian puncak. Permainan berakhir apabila susunan balok telah runtuh dan pemenang adalah pemain terakhir yang berhasil memindahkan balok kayu dengan sukses.

Jengan tidak hanya menjadi permainan di rumah yang menyenangkan saja, ternyata ada manfaat lain yang dapat ditemukan dari jenga yakni meningkatkan skill atau kemampuan dan juga melatih kesabaran terutama ketika memindahkan dan meletakkan balok kayu. Tidak heran jika bermain jenga sangat baik untuk melatih fisik, mental, dan emosi seseorang. Yuk dicoba!

4. Halli Galli

mainan yang seru di rumah
Sumber: Yandex.com

Satu lagi permainan kartu yang harus dicoba oleh semua anggota keluarga saat bosan berada di rumah, namanya halli galli. Mungkin banyak orang merasa asing dengan permainan ini, namun jika sudah mengetahui cara bermainnya dijamin halli galli dapat menjadi mainan yang seru di rumah. Dalam setiap kartu terdapat gambar berupa buah-buahan dengan jumlah yang berbeda-beda.

Cara bermainnya cukup mudah, setiap pemain akan diberi setumpuk kartu. Kemudian setiap pemain harus membuka kartu satu per satu secara bergantian. Jika terdapat kartu bergambar sama dengan jumlah 5, baik itu dalam satu kartu atau dari seluruh kartu yang telah dibuka sebelumnya. Maka secepat mungkin harus menekan bel. Pemain yang menekan bel pertama kali dialah pemenang dan berhak memiliki kartu yang telah ditumpuk oleh para pemain. Permainan berakhir jika salah satu pemain berhasil mengumpulkan semua kartu dalam satu kali ronde.

Permaian halli galli membutuhkan ketelitian, kecepatan dan ketepatan. Tidak heran jika permainan ini banyak dimainan oleh anak muda, namun tidak ada salahnya HappyFams juga mencobanya bersama keluarga di rumah.

5. Permainan Estafet

permainan di rumah saat lockdown
Sumber: Yandex.com

Jika bosan dengan permainan yang itu-itu saja, HappyFams dapat menciptakan permainan sendiri dengan memanfaatkan benda-benda di rumah. Salah satunya dengan melakukan permainan estafet. Seperti namanya setiap peserta harus mengikuti seluruh rangkaian permainan secara berurutan. Seperti contoh, pada tahap pertama setiap pemain harus menyusun gambar. Di tahap kedua setiap pemain diharuskan membawa kelereng menggunakan sendok yang diapit di mulut, dan lain sebagainya.

Tentunya HappyFams dapat berkreasi dengan membuat permainan lainnya agar semakin seru dan menyenangkan. Semakin banyak bentuk permainan yang dimainkan, tentu tidak akan membuat siapapun merasa bosan meski harus berada di rumah. Jenis permainan ini sangat cocok dijadikan permainan di rumah saat lockdown. Bagi anak permainan ini dapat melatih daya saing, ketangkasan, dan kecepatan. Anggap saja permainan estafet ini sebagai bentuk olah raga baru saat harus berada di dalam rumah.

Ternyata menghilangkan rasa bosan masih dapat dilakukan meskipun hanya berada di rumah sekalipun. Jangan ragu untuk mengajak seluruh anggota keluarga mengikut permainan. Selain menghilangkan rasa bosan, melakukan permainan ini dapat meningkatkan hubungan antara anggota semakin erat. Selamat mencoba!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Permainan Di Rumah Yang Menyenangkan & Tidak Bosan Bersama Keluarga"
related post
Kewajiban Ayah Terhadap Anak Sebagai Kepala Keluarga Yang Jadi Panutan

Setiap pasangan suami istri tentu memiliki perannya masing-masing di dalam sebuah keluarga. Peran mereka akan ... Lanjut Baca

Cara Mudah Belajar Mengeja Untuk Anak Dari Rumah

Belajar mengeja merupakan satu kegiatan yang biasanya selalu dilalui oleh seorang anak-anak di fase taman ... Lanjut Baca

Tips Aman Gunakan Listrik Di Rumah Pasca Bencana Banjir

Banjir sebagai bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu memang sangatlah merugikan. Setelah banjir surut, membersihkan ... Lanjut Baca