5 Pantangan Bagi Ibu Hamil Muda Yang Sering Dilanggar. Catat Ya Moms!

Waktu Baca: 5 menitKamis, 23 Mei 2019 08:15 WIB
Pantangan Ibu Hamil Muda
Sumber: Unsplash.com/Mon Petit

Saat dinyatakan positif hamil, banyak sekali aturan dan pantangan yang bermunculan dari orang-orang di sekitar kita. Mulai dari larangan yang berbau mitos, hingga larangan yang didasari oleh data ilmiah. Tanpa mengetahui kebenaran dibalik semua aturan dan pantangan tersebut pastinya akan membuat Moms bingung sendiri. Nah, sebaiknya Moms melakukan cek dan ricek dulu nih mana saja pantangan bagi ibu hamil yang memang layak dicermati.

Apa Saja Saran Dan Pantangan Ibu Hamil Yang Perlu Diperhatikan?

Sebelum membahas larangan makanan untuk ibu hamil, bahas dulu makanan yang perlu dikonsumsi selama hamil yuk, Moms. Jika sebelum hamil Moms tidak terlalu memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh, kini waktunya untuk ubah kebiasaan tersebut.

Ibu hamil membutuhkan asupan yang mengandung asam folat, kalsium, zat besi, omega 3 serta nutrisi-nutrisi lainnya. Semua nutrisi penting ini, bisa Moms dapatkan dari susu, ikan laut, telur dan daging. Sebagai tambahan, multivitamin untuk ibu hamil juga perlu Moms konsumsi agar pertumbuhan janin semakin cemerlang.

Ini Dia 5 Larangan Ibu Hamil Yang Sering Dilanggar

Nah, setelah Moms tahu apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi, kini saatnya ketahui juga apa saja hal yang bisa membawa dampak buruk pada kehamilan. Segera evaluasi diri jika Moms masih melakukan hal-hal yang dilarang di bawah ini.

1. Hindari Makan Makanan Yang Kurang Matang

larangan makanan mentah ibu hamil muda
Sumber: Unsplash.com/Taylor Grote

Meskipun disarankan untuk makan ikan laut, namun hindari dulu makan salmon sashimi yang mentah ya, Moms. Pahamilah bahwa makanan yang dimasak tidak sampai matang berpotensi membawa bakteri, serta virus yang dapat mengganggu pertumbuhan janin.

Mulai dari Salmonella yang bisa menyebabkan typhus serta keracunan, hingga parasit toksoplasmosis yang bisa menimbulkan bayi lahir cacat, adalah resiko dari mengkonsumsi makan makanan yang kurang matang bagi ibu hamil. Selain sashimi, daging yang dibakar seperti steak serta sate juga sebaiknya dihindari nih, Moms.

2. Teliti Sebelum Minum Obat, Moms!

teliti minum obat saat hamil
Sumber: Unsplash.com/Thought Catalog

Jika Moms adalah wanita bekerja atau ibu rumah tangga aktif yang punya prinsip "nggak boleh sakit" sehingga sering mengkonsumsi obat yang dijual secara bebas di pasaran, kini saatnya untuk lebih berhati-hati, ya Moms. Saat sedang hamil, banyak sekali kandungan obat yang bisa beresiko bagi kehamilan. Selama ini, Aspirin dan Ibuprofen adalah nama-nama zat yang akrab dalam keseharian kita. Kedua kandungan obat itu sering dipakai ketika demam dan sakit kepala melanda.

Moms harus paham bahwa mengkonsumsi Aspirin saat hamil, bisa menyebabkan aliran darah janin terganggu lho, Moms. Jika aliran darah terganggu, janin bisa mengalami kerusakan jantung, paru-paru, hingga gagal tumbuh dan berkembang. Solusinya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ketika ada keluhan kesehatan dan informasikan bahwa Moms sedang hamil. Dengan begitu, dokter akan memberikan resep obat yang aman untuk ibu hamil.

3. Berlebihan Mengkonsumsi Kafein

pantangan ibu hamil konsumsi cafein berlebihan
Sumber: Unsplash.com/Daria Nepriakhina

Pagi hari memang paling enak sarapan sepotong roti ditemani secangkir kopi hangat. Lalu, nanti siangnya, nongkrong di kedai kopi favorit sambil menikmati internet super kencang. Malamnya, ngobrol bareng Dads sambil ngopi bareng lagi dong.

"Apakah Moms sudah tahu kalau batas kafein yang diperbolehkan untuk ibu hamil hanya sebanyak 200mg? Itu sama dengan 2 gelas kopi. Masalahnya, kafein juga terdapat di teh, coklat, minuman bersoda, hingga es krim."

Alasan mengapa kafein masuk ke dalam daftar larangan makanan untuk ibu hamil adalah karena senyawa fenol yang terkandung di dalamnya. Fenol ini, menghambat penyerapan zat besi, yang justru dibutuhkan janin untuk tumbuh optimal.

Bagi Moms yang sudah terbiasa ngopi, perubahan drastis bisa menyebabkan badan tidak enak dan kepala pusing. Tapi jangan galau Moms, konsumsi kafein dalam batas wajar masih diperbolehkan kok. Jadi, sedikit demi sedikit, kurangi konsumsinya hingga tubuh terbiasa ya.

4. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Alkohol

banyak konsumsi alkohol
Sumber: Unsplash.com/Suvir Singh

Entah karena alasan pergaulan atau memang hobi, alkohol lekat dengan kehidupan beberapa dari kita. Jika Moms sedang diundang ke pesta kerabat atau teman yang menyuguhkan minuman beralkohol, jelaskan bahwa Moms sedang mengandung dan tidak bisa ikut mengkonsumsinya.

Alkohol menjadi pantangan bagi ibu hamil karena dapat menimbulkan FAS (Fetal Alcohol Syndrome). Bayi dan anak yang mengalami FAS, ditandai dengan gejala gangguan belajar dan perilaku, cacat lahir, serta lambat bicara. Selain itu, mengkonsumsi alkohol saat masih hamil muda, dapat memicu perut berkontraksi dan terjadi kelahiran prematur, bahkan keguguran.

5. Cuek Walau Terpapar Asap Rokok? Bahaya, Tuh!

terpapar asap rokok
Sumber: Unsplash.com/Andrew Leu

Jika Moms atau Dads adalah seorang perokok aktif, kehamilan bisa menjadi momen tepat untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut. Tentu nggak pengen dong, jika sang anak kelak mengalami gangguan pernapasan, menyandang predikat bayi lahir berat badan rendah (BLBBR), lahir prematur, hingga yang paling ditakuti yakni kematian mendadak?

Rokok memiliki lebih dari 7.000 bahan kimia, 3 diantaranya adalah karbonmonoksida, nitrosamin, dan amonia. Saat dibakar, asap rokok ini menyebar dan orang-orang di sekitar perokok pun mau tak mau jadi menghirup zat-zat berbahaya tersebut.

Saat berada di ruangan publik, sangat sulit untuk menjaga udara sekitar kita tetap bersih. Namun usahakan untuk selalu menghindari asap rokok serta membawa sapu tangan untuk menutup hidung dan mulut. Selain itu, konsumsi banyak air putih serta buah-buahan sebagai antioksidan agar metabolisme tubuh lebih terjaga.

Oke, sekarang Moms sudah tahu apa saja larangan ibu hamil yang seringkali diabaikan. Jangan lupa bagikan tulisan ini untuk para Moms lainnya dan tinggalkan komentar agar semua dapat manfaatnya. Semoga dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari pantangan makanan ibu hamil yang telah disebutkan di atas, kehamilan Moms lancar sampai waktu melahirkan, ya.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Pantangan Bagi Ibu Hamil Muda Yang Sering Dilanggar. Catat Ya Moms!"
related post
7 Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui Ini, Dapat Berpengaruh Pada Gizi Bayi

Untuk Moms setelah melahirkan adalah saat yang paling tepat untuk memberikan ASI kepada sang buah ... Lanjut Baca

5 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda Sampai Hamil Tua

Memperhatikan posisi tidur ibu hamil sangat penting ketika Moms sedang mengandung. Menjalani masa kehamilan adalah ... Lanjut Baca

Apa Benar, Moms Bisa Ngobrol Dengan Bayi Dalam Kandungan, Seperti Apa?

Bagi sebagian orang, ngobrol dengan bayi mungkin masih terasa asing. Anggapan tersebut karena banyak orang ... Lanjut Baca