5 Kegiatan Positif Saat Ramadhan Bersama Keluarga. Sudah Coba Lakukan?

Waktu Baca: 5 menitSabtu, 01 Juni 2019 07:15 WIB
Kegiatan Positif Saat Ramadhan
Sumber: Pixabay.com

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Pada bulan suci ini, sesungguhnya kita memiliki kesempatan besar untuk melakukan banyak hal positif. Momentum Ramadhan juga bisa kita gunakan untuk semakin mempererat tali silaturahmi dengan keluarga serta sanak saudara. Segala aktivitas yang kita lakukan pada bulan suci nan berkah ini tentu saja memberikan beragam manfaat. Selain menambah pundi-pundi pahala, kegiatan positif saat Ramadhan juga berpengaruh pada ketenangan hati dan pikiran kita.

Lalu, sebagai seorang muslim, sudah selayaknya kita mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang positif, bermanfaat, dan bisa meningkatkan kualitas puasa kita. Menjalankan ibadah puasa tidak bisa kita jadikan pembenaran untuk bermalas-malasan dan bersantai ria. Ketimbang melakukan hal yang tidak bermanfaat, ada baiknya HappyFams melakukan 5 kegiatan positif saat Ramadhan berikut ini. Kelimanya akan lebih baik lagi jika dilaksanakan bersama segenap keluarga, agar rasa kekerabatan semakin terpupuk saat ramadhan.

1. Membaca Al-Quran Bersama Keluarga

Membaca Alquran Bersama Keluarga
Sumber: Pixabay.com

Saat bulan Ramadhan, ada baiknya HappyFams memperbanyak membaca ayat suci Al-Qur'an. Salah satu caranya dengan menerapkan metode khatam Qur'an selama bulan puasa. Apalagi jika sekeluarga juga bisa mengerti arti dan paham kandungan di setiap surat yang sedang dibaca, tentu akan menjadi nilai plus daripada hanya sekedar membaca saja.

Selain itu, kegiatan positif saat Ramadhan ini juga berlaku sebagai pengingat bahwa Qur'an diturunkan dalam bulan Ramadhan. Hal ini dijelaskan Allah dalam Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."

2. Buat Jadwal Shalat Tarawih Berjamaah Bersama Keluarga

Shalat Tarawih Bersama Keluarga
Sumber: Pixabay.com

Diantara HappyFams semua, pasti ada yang memiliki pekerjaan melelahkan hingga sibuk seharian dan kurang memiliki waktu berkumpul dengan keluarga. Maka dari itu, momentum bulan Ramadhan bisa HappyFams manfaatkan untuk menebus waktu bersama keluarga yang tersita karena rutinitas pekerjaan sehari-hari. Shalat tarawih bersama keluarga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempererat kembali hubungan keluarga. Selain itu, tentu juga mendapatkan pahala Tarawih karena menghidupkan malam bulan ramadhan.

Menghidupkan malam bulan Ramadhan dengan kegiatan positif seperti shalat tarawih berjamaah sesungguhnya termasuk hal yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Beliau pernah bersabda: "Barang siapa umatku yang mampu menghidupkan malam bulan Ramadhan karena iman kepada Allah dan ia mengharap pahala indah dari Allah, maka ia akan diampuni dosa-dosanya atau kesalahnnya yang telah lalu."Jadi, yuk mulai lakukan sekarang!

3. Ajak Keluarga Gotong Royong Membersihkan Rumah

Gotong Royong Membersihkan Rumah
Sumber: Pixabay.com

Kebersihan adalah sebagian dari iman, setiap muslim di seluruh dunia pasti tahu akan hal ini. Rumah yang bersih juga tentu membuat HappyFams semakin nyaman dalam menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika HappyFams mengajak anggota keluarga untuk bersama-sama membersihkan rumah.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, bersih-bersih rumah bersama keluarga tentu bisa menjadi hal yang menyenangkan dan membuatnya lebih cepat untuk diselesaikan. Agar tak terlalu berat, kegiatan bersih-bersih rumah ini bisa dilakukan 3 kali saja dalam seminggu. Ajaklah semua anggota keluarga, dari Moms, Dads, dan si kecil untuk turut berkontribusi ya!

Salah satu kegiatan positif saat Ramadhan ini bisa menjadi bukti bahwa HappyFams sekeluarga merupakan orang yang beriman, karena aware dengan kebersihan rumah yang HappyFams miliki. Saat menyambut tamu di Hari Raya, HappyFams juga tentu akan lebih bangga karena kondisi rumah yang bersih dan indah.

4. Melakukan Kegiatan Sosial

Melakukan Kegiatan Sosial
Sumber: id.wikipedia.org

Melakukan kegiatan sosial seperti bagi-bagi takjil kepada tetangga atau orang di sekitar HappyFams yang membutuhkan, bisa mengasah kepekaan HappyFams terhadap lingkungan sekitar. Selain membagi takjil, mengadakan buka bersama di panti asuhan juga termasuk kegiatan positif saat puasa yang amat bermakna. Bagi si kecil, aktivitas seperti ini ikut membentuk karakter dan jiwa sosialnya sehingga rasa empati di dalam dirinya pun muncul.

5. Buka Bersama Si Kecil

Buka Bersama Si Kecil
Sumber: Pixabay.com

Meski terdengar agak kuno, namun buka bersama keluarga bisa mempererat tali silaturahmi dalam keluarga HappyFams lho. Kegiatan Ramadhan bersama keluarga seperti ini tentu akan selalu membangkitkan canda tawa yang mencairkan suasana dan mempererat rasa kekeluargaan. Apabila HappyFams sedang melatih si kecil berpuasa saat Ramadhan, acara buka bersama ini dapat pula meningkatkan antusiasmenya. Anak-anak mana yang tidak menantikan kudapan manis seperti kolak dan es krim? Adanya iming-iming menggiurkan seperti itu bisa membuat mereka makin bersemangat dalam beribadah, lho. Sudah coba belum?

Singkat cerita, ada banyak sekali kegiatan positif saat Ramadhan yang patut HappyFams coba bersama keluarga agar puasa menjadi lebih berkesan dan berkualitas. Ayo, ajak keluarga HappyFams untuk melakukannya agar HappyFams sekeluarga merasakan nikmatnya bulan Ramadhan sekaligus melekatkan hubungan kekerabatan antar anggota keluarga juga lho!

Adakah kegiatan positif saat Ramadhan lain yang sering dilaksanakan oleh keluarga HappyFams? Mari saling share pengalaman melalui kolom komentar di bawah ini ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Kegiatan Positif Saat Ramadhan Bersama Keluarga. Sudah Coba Lakukan?"
related post
7 Manfaat Memeluk Anak Setiap Hari, Kunci Mendidik Mental Anak Sehat

Memeluk anak merupakan kesempatan yang bahagaia bagi semua orang tua. Ketika sang buah hati baru ... Lanjut Baca

5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca

Penyakit Serangan Jantung Ringan Dapat Terselamatkan Dengan Cara Ini

Serangan jantung menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Meskipun begitu banyak orang yang ... Lanjut Baca