5 Ide Desain Rumah Minimalis Bikin Hunian Dads Makin Terasa Nyaman

Waktu Baca: 6 menitMinggu, 23 Juni 2019 10:20 WIB
Ide Desain Rumah Minimalis
Sumber: Unsplash.com/Scott Webb

Tahukah Dads bahwa salah satu hal penting dalam suatu keluarga adalah menjadikan rumah sebagai tempat ternyaman dan teraman? Kondisi ini tidak lepas dari hubungan setiap anggota keluarga. Memiliki keluarga yang hangat, terbuka, dan saling mempercayai tentu akan memberi perasaan nyaman tersendiri.

Tetapi lebih dari itu, ada hal lain yang juga tidak kalah penting lho, Dads. Kenyamanan hunian tidak hanya berkaitan dengan hubungan antar individu. Melainkan juga berkaitan erat dengan suasana hunian itu sendiri. Desain rumah ikut menjadi penentu seberapa nyaman keluarga terhadap hunian.

Nah bagi Dads yang baru pindah rumah mungkin merasa masih sedikit bingung mengenai desain rumah. Seperti bagaimana menata perabotan di dalam rumah agar menciptakan suasana menyenangkan bagi penghuninya. Mungkin Dads juga sedikit kerepotan memaksimalkan penggunaan ruang yang kecil. Terutama jika Dads memiliki rumah minimalis. Tidak perlu khawatir Dads. Berikut beberapa tips desain rumah minimalis yang dapat membuat hunian Dads semakin terasa nyaman.

1. Ciptakan Suasana Nyaman Dengan Vertical Garden Di Dalam Rumah

vertical garden
Sumber: Unsplash.com/My Life Through A Lens

Membangun atau membeli rumah di atas lahan sempit bisa jadi tidak menyisakan ruang cukup untuk membuat taman. Padahal keberadaan taman adalah kebutuhan yang terbilang penting lho, Dads. Oksigen yang dihirup manusia asalnya dari tanaman. Makanya wilayah perkotaan terasa sesak, karena kurangnya tumbuhan hijau yang menjadi penghasil oksigen. Selain itu, taman juga memberi kesan asri bagi suatu hunian ya, Dads. Rumah yang memiliki taman pasti mempunyai daya pikat tersendiri dibanding rumah tanpa taman.

Maka beruntunglah Dads yang mempunyai lahan luas untuk membuat taman. Lalu, bagaimana yang yang tidak punya cukup ruang di pekarangan rumah? Jangan khawatir. Dads bisa menerapkan desain vertical garden di dalam rumah. Konsep ini dapat menciptakan nuansa natural dalam suatu hunian. Dan tentu saja tidak membutuhkan ruang yang banyak sehingga sangat praktis untuk diaplikasikan.

Dads bisa menyisihkan sedikit ruang kosong di sisi dalam rumah. Misalnya, pada sisi yang berbatasan dengan ruang makan. Terapkan konsep terbuka dimana sinar matahari dan hujan bisa langsung masuk. Ruang kosong tersebut bisa dijadikan lahan untuk membuat taman lho, Dads. Sekalipun agak kecil, Dads bisa menerapkan vertical garden yang tidak mengambil ruang banyak. Dads juga bisa menambahkan kesan alami dengan menggunakan material batu sebagai dinding. Akan semakin sejuk bila taman ini dihiasi dengan kolam kecil.

2. Terapi Pikiran Dengan Menggunakan Warna Monokrom

warna rumah monokrom
Sumber: Unsplash.com/Roman Bozhko

Pernah tidak sih Dads merasa pusing saat memasuki ruangan dengan warna serba mencolok? Atau tiba-tiba mengantuk, karena perpaduan dinding dan ruang terlalu suram? Itu adalah beberapa situasi yang mengindikasikan bahwa cat juga berperan penting dalam kenyamanan suatu hunian ya, Dads.

Khusus untuk rumah minimalis, menerapkan warna-warna monokrom adalah pilihan yang tepat. Berikan saja warna dinding cat berwarna netral seperti putih, hitam, krem, dan abu-abu. Lalu, kombinasikan warna-warna tersebut agar tidak mati. Pilihan ini dapat memberi kesan yang menenangkan dan terapi terhadap pikiran. Bukan hanya itu saja, warna netral juga tidak membuat mata menjadi lelah.

Ingatlah Dads, warna ruangan mempunyai pengaruh yang besar terhadap mata, bahkan pikiran. Selain itu, jangan lupa terapkan kombinasi warna yang sama untuk furniture ya, Dads. Perpaduan warna-warna senada antara dinding dan perabot akan menambah kesan menenangkan dalam suatu hunian.

3. Gunakan Banyak Jendela Untuk Memaksimalkan Pencahayaan Dan Sirkulasi Udara

jendela sirkulasi udara
Sumber: Unsplash.com/Nathan Fertig

Cahaya dan udara juga merupakan elemen penting dalam suatu hunian lho, Dads. Terbayang tidak suatu rumah yang jendelanya terlalu sedikit? Pasti akan terasa sumpek dan pengap. Selain itu, kekurangan jendela juga meningkatkan kelembaban di dalam hunian Dads. Hal itu disebabkan karena cahaya matahari tidak bisa masuk ke dalam rumah. Sehingga pencahayaan dan sirkulasi udara menjadi kurang baik.

Cobalah untuk menggunakan desain rumah yang memiliki banyak jendela ya, Dads. Terutama rumah minimalis yang lebih mengutamakan manfaat dan kebutuhan penghuni rumah. Tidak perlu jendela-jendela besar. Gunakan saja jendela ukuran kecil hingga sedang. Paling tidak dengan banyaknya jendela, sinar matahari leluasa masuk ke dalam hunian. Hal ini juga sekaligus membantu pencahayaan dan penerangan rumah Dads.

Ingatlah juga untuk memberi paling tidak dua atau tiga jendela pada setiap ruangan. Dengan begitu, sirkulasi udara bisa berlangsung dengan lancar. Sehingga udara di dalam hunian menjadi lebih segar dan tidak pengap. Dan jangan lupa untuk membuka jendela setiap pagi ya, Dads! Supaya udara segar pagi masuk ke rumah.

4. Kurangi Penggunaan Sekat Ruangan Agar Menciptakan Kesan Luas Dan Lapang

kurangi sekat ruangan
Sumber: Unsplash.com/Deborah Cortelazzi

Pengaturan ruangan dalam rumah minimalis berbeda dengan rumah berukuran luas lho, Dads. Tidak ada aturan tertentu mengenai pembatasan ruangan jika rumah memiliki ukuran yang cukup luas. Semakin banyak menggunakan sekat antar ruang justru semakin bagus. Berbeda jika Dads memiliki hunian yang minimalis. Selain tidak memiliki ruang cukup luas, menerapkan banyak sekat justru akan membuat hunian terkesan semakin sempit.

Tetapi jangan khawatir Dads. Hal ini bisa diatasi dengan meminimalisir penggunaan sekat setiap ruangan. Dads bisa mencoba menyatukan ruang tamu dan ruang keluarga. Desain tanpa sekat ini tidak memberi dinding pembatas antara kedua ruangan tersebut. Manfaatkan saja furniture seperti sofa atau unit cabinet sebagai pembatas wilayah. Dengan menerapkan desain tersebut, kesan yang ditimbulkan akan lebih luas dan lapang.

Bukan hanya itu Dads. Meminimalisir sekat seperti itu juga dapat memudahkan dalam membersihkan ruangan. Selain itu anak-anak pasti akan lebih senang dan merasa luwes bermain di dalam rumah. Rumah indah, anak-anak pun ikut senang.

5. Gunakan Furniture Simpel, Minimalis, Dan Mengutamakan Manfaat Praktis

furniture minimalis
Sumber: Unsplash.com/Patrick Perkins

Memiliki rumah minimalis tentu berjalan seiring dengan furniture yang digunakan Dads di dalam rumah. Dengan kata lain, furniture yang Dads butuhkan semestinya lebih mengedepankan aspek manfaat, serta bersifat simpel dan praktis.

Salah satu rekomendasi terkait furniture yang praktis adalah menggunakan cabinet. Hal ini juga membantu untuk meminimalisir ruang yang digunakan dalam hunian Dads. Bahkan, penggunaan cabinet bisa berperan ganda. Misalnya sebagai tempat meletakkan televisi serta berfungsi sebagai penyimpanan barang-barang lain. Selain itu, kurangilah juga penggunaan perabot yang tidak dibutuhkan.

Nah, itulah beberapa ide desain rumah minimalis yang bisa Dads coba untuk terapkan. Semoga bermanfaat, Dads. Jangan lupa jika memiliki ide desain rumah minimalis impian saran dan pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar ya, Dads! Atau bagikan artikel ini kepada Moms bila Dads berencana merombak rumah.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Ide Desain Rumah Minimalis Bikin Hunian Dads Makin Terasa Nyaman"
related post
Pekerjaan Rumah Tangga Merupakan Kewajiban Siapa Ketika Berkeluarga

Pekerjaan rumah terkadang memang cukup berat untuk dilakukan. Walaupun sebenarnya tidak juga, namun rasa lelah ... Lanjut Baca

5 Tips Membina Keluarga Bahagia Dan Harmonis, Dunia Akhirat

Keluarga bahagia adalah dambaan setiap orang, Moms bisa mengikuti tips membina keluarga bahagia yang cocok ... Lanjut Baca