5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Second

Waktu Baca: 5 menitJum'at, 06 Maret 2020 10:00 WIB
Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Second
Sumber: forfur.com

Dads, membeli rumah second pada dasarnya mempunyai beberapa keuntungan dibanding membeli rumah baru. Terlebih jika Dads menginginkan lokasi rumah yang strategis atau terletak di kawasan tertentu. Kenapa? Umumnya rumah baru dibuat pada lahan kosong yang tersedia dan biasanya lokasinya pun tidak strategis. Bahkan terkadang lokasinya tidak sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan.

Walau begitu, Beberapa hal juga perlu Dads pertimbangkan jika memang memutuskan untuk membeli rumah second. Pasalnya, kualitas dan kondisi rumah bekas tentu akan berbeda dengan rumah baru. Tidak semua rumah bekas huni berada dalam kondisi baik sehingga setelah membelinya Dads harus melakukan perbaikan. Nah, berikut adalah 5 hal penting yang harus diperhatikan saat membeli rumah second. Yuk, simak ulasannya Dads!

1. Cek Keadaan Bangunan Secara Menyeluruh

Tips Membeli Rumah Bekas Agar Tidak Tertipu
Sumber: architizer.com

Kondisi bangunan adalah poin utama yang harus diperhatikan sedetail mungkin apabila Dads ingin membeli rumah second. Mengecek kondisi bangunan secara menyeluruh merupakan tips membeli rumah bekas agar tidak tertipu. Mengabaikan sedikit saja malah bisa menimbulkan penyesalan di kemudian hari lho, Dads.

Pengecekan yang dilakukan mencakup konstruksi bangunan, mulai dari pondasi, lantai, dinding, sampai dengan atap. Periksa apakah ada bagian yang mengalami kerusakan seperti retak atau diserang rayap sehingga memerlukan perbaikan. Jika langkah ini Dads lewatkan dan tidak tahu sebaik apa kondisi bangunan, suatu saat bisa saja bahaya menimpa Dads dan keluarga.

Saat melakukan pengecekan ada baiknya Dads mengajak orang yang paham betul dengan seluk-beluk konstruksi bangunan. Sebelum memulai pengecekan bangunan, sebaiknya Dads juga meminta denah rumah terlebih dahulu. Jadi, sambil memeriksa kondisi bangunan, Dads juga bisa mencocokkan kesesuaian ruangan di dalam rumah. Kalau memang cocok, nantinya denah ini akan memudahkan Dads untuk menata perabotan di dalam rumah.

2. Fasilitas Yang Tersedia Dan Usia Bangunan

Yang Harus Dicek Saat Beli Rumah Bekas
Sumber: pexels.com/Curtis Adams

Hal selanjutnya yang harus dicek saat beli rumah bekas adalah usia bangunan dan fasilitas yang tersedia. Bangunan yang usianya sudah tua pasti akan memerlukan banyak perbaikan dibanding yang baru berumur beberapa tahun. Mengetahui usia bangunan ini nantinya juga dapat menjadi pertimbangan seberapa besar renovasi yang harus dilakukan nantinya.

Selain itu Dads juga wajib memeriksa fasilitas yang tersedia baik di dalam maupun di luar rumah. Periksalah sirkulasi udara pada setiap ruangan, apakah sudah cukup nyaman atau perlu tambahan seperti AC. Kemudian cek juga kondisi pencahayaannya dengan memeriksa ketersediaan ventilasi dan jendela. Apakah sudah sesuai dengan kriteria rumah sehat untuk keluarga atau belum, sehingga kelak bila rumah dihuni akan terasa nyaman.

Selanjutnya, Dads juga perlu perhatikan kondisi lingkungan di sekitar rumah. Meskipun lokasi rumah bekas cukup strategis, Dads tetap harus memastikan kemudahan akses menuju lokasi publik seperti tempat kerja, rumah sakit, pasar, dan sebagainya. Jangan lupa pula untuk mencari tahu transportasi yang mudah diakses dari rumah tersebut ya, Dads.

3. Ketersediaan Air Dan Listrik

Tips Membeli Rumah Bekas Di Perumahan
Sumber: fox5sandiego.com

Fasilitas utama lainnya yang perlu diperhatikan saat membeli rumah adalah ketersediaan air dan listrik. Kedua fasilitas ini sangat penting lho Dads, sehingga harus sangat dipastikan ketersediaannya dan apakah keduanya berfungsi dengan baik. Perlu Dads ketahui bahwa rumah bekas, khususnya yang sudah berusia cukup tua kebanyakan sumber airnya berasal dari sumur.

Oleh sebab itu tanyakan seberapa dalam sumur tersebut. Kalau sumurnya dangkal, suatu saat bisa terjadi kekeringan dan sebagai alternatif Dads juga perlu mengecek ketersediaan air PAM. Begitu juga dengan kondisi arus listrik di rumah bekas yang akan Dads beli.

Tanyakan daya listrik di rumah tersebut agar Dads dapat mempertimbangkan kesesuaiannya dengan kebutuhan sehari-hari. Selain itu periksa juga keamanan arus listrik baik di dalam rumah ataupun di lingkungan sekitar. Apabila Dads tidak begitu memperhatikan air dan listrik ini, maka besar kemungkinan akan timbul masalah di kemudian hari.

4. Kondisi Lingkungan Sekitar

Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Rumah
Sumber: jualrumahsmg.com

Mengenal kondisi lingkungan di sekitar rumah bekas yang hendak Dads beli juga cukup penting, lho! Tujuannya adalah untuk memastikan tingkat keamanan rumah dan sekitarnya. Cara paling mudah untuk memastikan hal ini adalah dengan bertanya pada tetangga di sekitar rumah. Setidaknya mereka lebih mengenal kondisi lingkungan di wilayah tersebut. Kondisi lingkungan ini seperti keberadaan petugas ronda atau satpam pada lingkungan perumahan.

Selain itu Dads juga wajib menanyakan keamanan lokasi rumah dari bencana alam, seperti banjir misalnya. Untuk lebih memastikan kondisi lingkungan sekitar aman, Dads juga sebaiknya berkunjung pada malam hari. Cukup dengan berjalan-jalan di lingkungan sekitar rumah. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana situasi lingkungan sekitar rumah di waktu malam sekaligus mengecek kondisi penerangan di sekitarnya, apakah memadai atau tidak.

5. Kelengkapan Surat-Surat Rumah Dan Status Kepemilikan

Surat Surat Apakah Yang Harus Ditanyakan Pada Saat Hendak Membeli Rumah
Sumber: abcbooks.co.uk

Berikutnya yang paling penting adalah mengecek kelengkapan surat-surat rumah second tersebut. Kalau Dads mengabaikan hal ini, masalah besar seperti penipuan dan sengketa bisa saja terjadi di kemudian hari. Surat-surat apakah yang harus ditanyakan pada saat hendak membeli rumah? Nah, beberapa surat penting yang harus Dads pastikan dimiliki oleh pemilik rumah adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan sertifikat.

Kalau tidak memiliki IMB, maka Dads perlu bernegosiasi persoalan harga kembali. Selanjutnya periksa kecocokan antara ukuran bangunan rumah dengan ukuran yang tercantum di dalam setifikat. Tanyakan juga soal status kepemilikan rumah kerena ini juga sangat penting untuk Dads ketahui. Tidak jarang, pihak yang menawarkan rumah kepada Dads bukanlah pemiliknya.

Maka, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan siapa pemilik rumah sesuai sertifikat serta hubungannya dengan penjual. Dan pastikan saat bertransaksi jual beli rumah Dads bertemu langsung dengan pemilik rumah. Demikianlah 5 hal penting yang harus diperhatikan saat membeli rumah second, Dads. Jika Dads mempunyai pertanyaan seputar artikel ini, saran, ataupun tips lainnya, jangan ragu untuk meninggalkannya di komentar!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah Second"
related post
Pekerjaan Rumah Tangga Merupakan Kewajiban Siapa Ketika Berkeluarga

Pekerjaan rumah terkadang memang cukup berat untuk dilakukan. Walaupun sebenarnya tidak juga, namun rasa lelah ... Lanjut Baca