5 Efek Samping Kontrasepsi Hormonal Yang Jarang Diketahui Para Moms

Waktu Baca: 4 menitMinggu, 02 Juni 2019 07:15 WIB
5 Efek Samping Kontrasepsi Hormonal Yang Jarang Diketahui Para Moms Cover
Sumber: Pexels.com

Kehamilan menjadi hal yang membahagiakan, jika datang di waktu yang tepat dan sesuai rencana. Butuh perencanaan yang matang untuk melahirkan dan membesarkan seorang anak, baik itu perencanaan finansial, perencanaan pendidikan, hingga perencanaan parenting seperti yang akan di terapkan pada anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai yang diinginkan. Selama waktu perencanaan tersebut Moms dan Dads pun bisa mengulur waktu untuk menunda kehamilan, seperti menggunakan alat kontrasepsi.

Setiap alat kontrasepsi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam setiap jenisnya. Namun, yang paling banyak digunakan adalah jenis kontrasepsi hormonal yang dianggap lebih efektif dalam mencegah kehamilan hingga 90%. Pada dasarnya, kontrasepsi hormonal ini mengontrol hormon esterogen dan atau progesteron yang banyak dihasilkan oleh tubuh perempuan. Esterogen sendiri berfungsi dalam pertumbuhan dan perkembangan payudara, rahim, serviks, vagina, dan tulang. Sedangkan, hormon progesteron berfungsi dalam memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan payudara, rahim dan serviks.

Dalam hal kesehatan, selain bisa menunda kehamilan Moms, kontrasepsi hormonal ini bisa meringankan rasa sakit yang muncul saat menstruasi, menurunkan resiko terkena kanker kista/ovarium, anemia, kanker endometrium, dan penyakit radang panggul simptomatik. Walaupun banyak keunggulannya, alat kontrasepsi hormonal ini juga bukan tanpa efek samping sama sekali. Apa saja itu efek sampingnya? Yuk simak penjabarannya di bawah ini ya, Moms!

1. Resiko Penggumpalan Darah di Vena, Sangat Berbahaya Lho Moms

Resiko Penggumpalan Darah di Vena, Sangat Berbahaya Lho Moms
Sumber: Beautynesia.id

Penggunaan alat kontrasepsi hormonal secara jangka panjang faktanya dapat meningkatkan resiko untuk terjadinya penggumpalan darah di vena, terutama pada tungkai bawah atau paru-paru, serta meningkatkan resiko untuk terkena stroke dan serangan jantung.

2. Moms Bisa Mengalami Berbagai Gangguan Kesehatan Karena Alat Kontrasepsi Hormonal

Efek Samping Kontrasepsi Hormonal Gangguan Kesehatan Mual
Sumber: Yandex.com

Penggunaan kontrasepsi hormonal dapat memberikan efek gangguan kesehatan ringan seperti sakit kepala, pusing, mual, dan jerawat yang dapat mengganggu aktivitas Moms sehari-hari. Jika dalam penggunaannya efek samping yang dirasakan begitu sangat menganggu aktifitas dan kehidupan sehari-hari, Moms disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ataupun tenaga medis agar masalah gangguan tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

3. Gangguan Haid Bisa Membuat Moms Merasa Tidak Nyaman

Efek Samping Kontrasepsi Hormonal Gangguan Haid Bisa Membuat Moms Merasa Tidak Nyaman
Sumber: Hipwee.com

Salah satu efek negatif kontrasepsi hormonal adalah gangguan haid atau menstruasi. Gangguan menstruasi yang terjadi seperti perubahan pola haid yang menjadi lebih sedikit, tidak teratur, dan jarang atau tidak ada sama sekali juga dilaporkan sering mengganggu para penggunanya. Banyak kasus yang terjadi seperti darah menstruasi yang keluar tidak banyak, seringkali hanya keluar flek-flek saja. Jika wanita mengalami flek terus-menerus sepanjang hari, keadaan ini tentu membuat tidak nyaman.

Sebetulnya flek ini tidak membahayakan, tetapi ketika mengalami flek terus-menerus secara berkelanjutan, otomatis terjadi perubahan keadaan di dalam vagina. Hal ini tentu akan berbahaya pada kondisi kebersihan organ kewanitaan itu sendiri. Daerah organ intim menjadi sering basah dan mengalami kelembaban berlebih, hal ini dapat menyebabkan iritasi dan menyuburkan pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga mudah infeksi dan justru beresiko menimbulkan penyakit lain.

4. Kehamilan Ektopik Berpotensi Terjadi

Efek Samping Kontrasepsi Hormonal Kehamilan Ektopik
Sumber: Yandex.com

Penggunaan kontrasepsi hormonal secara garis besar cara kerjanya adalah menghalangi proses pembuahan atau dengan cara memberikan gangguan transportasi sel telur yang telah dibuahi dari saluran tuba (tuba falopi) ke rongga rahim. Hal ini berpotensi terjadinya kehamilan ektopik yang secara umum disebut kehamilan di luar rahim.

Hal ini tentu akan sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Apabila hal ini terjadi, maka Moms harus segera konsultasi pada dokter dan melakukan penanganan medis seperti tindakan operasi karena jika tidak akan mengganggu kesehatan Moms dan dapat beresiko fatal mengakibatkan kematian.

5. Kenaikan Berat Badan, Salah Satu Hal yang Paling Ditakutkan Para Moms

Efek Samping Kontrasepsi Hormonal Gangguan Haid Bisa Membuat Moms Merasa Tidak Nyaman
Sumber: Pexels.com

Kondisi fisik dengan berat badan ideal ataupun penampilan yang enak di lihat menjadi suatu perhatian yang penting bagi para Moms dan perlu dijaga, hal ini akan berdampak pada kondisi kesehatan dan rasa percaya diri. Banyak survei membuktikan bahwa menggunakan kontrasepsi hormonal dapat menaikan berat badan. Karena terjadi perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang terjadi pada tubuh.

Kadar estrogen yang tinggi dapat menyebabkan pengendapan lemak pada jaringan tubuh. Sedangkan, hormon progesteron dapat merangsang pusat pengendali nafsu makan di hipotalamus yang menyebabkan akseptor makan lebih banyak dari biasanya. Progesteron mempermudah penumpukan karbohidrat dan gula menjadi lemak. Hal ini sangat logis jika kenaikan berat badan terjadi akibat penggunaan kontrasepsi hormonal.

Itulah beberapa efek samping yang mungkin terjadi pada penggunaan kontrasepsi hormonal. Semoga tulisan ini dapat memberikan pencerahan dan memudahkan Moms dalam mengambil keputusan dalam perencanaan kehamilan ya! Bila Moms punya pengalaman seputar kontrasepsi, yuk tinggalkan komentar atau bagikan artikel ini ke Moms lainnya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Efek Samping Kontrasepsi Hormonal Yang Jarang Diketahui Para Moms"
related post
Jenis-jenis Makanan Biar Cepat Hamil Untuk Dipahami Ibu Muda

Kehamilan menjadi idaman setiap ibu muda yang baru menikah, namun walau sudah dicoba dan diprogram ... Lanjut Baca

Tips Menjadi Orang Sukses, Rahasia Yang Tidak Pernah Diungkap!

Semua orang ingin menjadi sukses tapi tidak semua orang bisa sukses. Sukses memang tidak ada ... Lanjut Baca

Daftar Makanan Yang Dilarang Ibu Hamil, Harus Dihindari Ya Moms!

Untuk Ibu hamil menjaga pola makan sangat penting, karena apapun makanan yang masuk lewat mulut ... Lanjut Baca