5 Cara Menikmati Hidup Ketika Rasa Jenuh Melanda

Waktu Baca: 6 menitSelasa, 02 April 2019 13:59 WIB
Jenuh Melanda
Sumber: Male.co.id

Hai, Dads! Kejenuhan adalah keniscayaan hidup. Penat dan letih yang datang bersama aktivitas sehari-hari seringkali menyerang disaat yang tak terduga. Saat inilah Dads butuh refreshing agar siap beraktivitas kembali dengan semangat yang baru. Berikut kami siapkan 5 cara menikmati hidup yang bisa Dads pertimbangkan.

1. Menonton Film-Film Yang Belum Pernah Dads Tonton Bersama Pasangan/Keluarga

Dads, hal terpenting untuk mengusir kejenuhan adalah melakukan sesuatu yang baru. Tidak semua cara menghilangkan kejenuhan harus mengeluarkan budget yang mahal. Cara ekonomis dan sederhana pun bisa dilakukan. Misalnya, dengan mengajak pasangan atau keluarga kecil Dads untuk menemukan hal baru lewat film. Bahkan, berdasarkan riset tentang mental health, salah satu cara mengusir kejenuhan paling efisien dan ekonomis adalah dengan menonton berbagai film baru di bioskop secara rutin. Untuk menemukan review film yang sesuai dengan selera Dads dan keluarga, Dads tidak perlu harus langsung datang ke bioskop. Situs teknologi zaman sekarang pun dapat Dads manfaatkan untuk semakin memudahkan Dads menemukan situs rekomendasi film menarik; seperti IMDB atau Rotten Tomatoes.

Apabila Dads mencari situs yang konten review-nya menggunakan Bahasa Indonesia, Dads bisa mendatangi situs Cinemags.co.id, Rumahfilm.org atau Cinema Poetica. Jika Dads malas membaca, gunakan saja video rekomendasi Youtuber lokal di channel Cinecribs. Konten video review ini dikemas dengan gaya penyampaian yang lucu dan menghibur. Bahkan, mungkin Dads malah akan merasa terhibur menonton review-nya walaupun masih mencari-cari rekomendasi judul film yang menarik di channel tersebut. Bisa jadi, dengan menonton review disini tanpa menonton film sesungguhnya, rasa jenuh Dads berangsur pudar karena sajiannya yang menghibur. Biasanya, di situs-situs rekomendasi film inilah juga Dads bisa melihat dengan mudah, film mana yang belum ditonton, genre apa yang ingin ditonton, dan apakah film tersebut cocok untuk ditonton bersama dengan si kecil. Simpel dan praktis kan, Dads?

Pro tips: Pilihlah film masterpiece dengan rating tertinggi, atau ragam film dengan kategori “so bad it’s good” – Yaitu film yang saking jeleknya malah bikin kita ketawa. Siapa tahu film tersebut malah sangat menghibur buat Dads!

2. Luangkan Waktu Dan Dana Pribadi Untuk Hobi Dads

Salah satu penyebab kejenuhan yang paling umum adalah kurangnya waktu untuk diri sendiri. Kejenuhan yang Dads alami bisa menjadi sesuatu yang bernilai positif ketika dipandang sebagai kesempatan untuk mengevaluasi hidup dan mengenali diri sendiri sehingga Dads bisa mengetahui apa yang hilang dalam hidup Dads belakangan ini. Biasanya, salah satu hal yang membuat Dads merasa kehilangan tersebut adalah hobi yang tak tersalurkan. Seringkali hobi yang dulu Dads geluti mulai ditinggalkan pasca menikah dan memiliki anak. Wajar, Dads! Itu konsekuensi dari tanggung jawab sebagai kepala keluarga yang kuat, bukan?

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengingat kembali dan menemukan kembali apa yang dapat memacu antusiasme Dads dalam menjalani hidup sehari-hari. Mungkin saja hal itu adalah tentang mengembalikan hobi mengkoleksi action figure, kembali berkumpul dengan komunitas modif motor, aktifitas melukis, atau bermain musik. Mungkin dulu Dads sempat pensiun dari kegiatan koleksi demi mengumpulkan modal untuk nikah, biaya kelahiran anak, atau keperluan mendesak rumah tangga lainnya. Nah, bila saat ini kondisi keuangan Dads kembali stabil, nggak ada salahnya lho hobi ini dijalani lagi, Dads!

3. Traveling, Jalan-Jalan Bersama Keluarga

Walaupun mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, kegiatan traveling ini masih menjadi primadona untuk mengusir kejenuhan lho, Dads! Cobalah mulai rencanakan untuk kembali menjelajahi beragam tempat dan lokasi wisata baru yang menarik perhatian Dads. Apabila saat ini Dads belum memiliki budgetnya, mungkin Dads bisa memulai diskusi dengan Moms mengenai kota atau lokasi wisata mana yang ingin dijelajahi bersama. Tentukan juga aktivitas utamanya, entah itu wisata kuliner, hiking, atau berkunjung ke tempat wisata religi. Rencanakan segera budget yang bisa Dads keluarkan, dan tentukan waktunya. Waktu liburannya bisa bersamaan dengan waktu libur kantor, atau bisa juga menggunakan waktu cuti. Tentu saja, proses diskusi bersama Moms ini juga bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan Dads.

4. Bermain Online Games Bersama Pasangan, Rekan Kerja, Atau Partner Bisnis. Fun Sekaligus Belajar Teamwork.

Kegiatan ini sangat cocok untuk Dads yang sering bekerja di luar kota, atau yang seringkali menggunakan angkutan umum sebagai transportasi utama harian. Dads bisa memanfaatkan waktu kosong seperti sedang menunggu kereta, sedang dalam perjalanan ke tempat kerja dengan KRL, waktu istirahat kerja, atau sedang menunggu waktu meeting presentasi untuk melakukan aktifitas bermain game online. Apalagi di era sekarang ini, sudah ditunjang dengan spesifikasi smartphone yang sudah menyaingi laptop sehingga kualitas grafis game mobile pun juga semakin bersaing dengan game-game console.

Game mobile zaman now pun sudah memiliki genre yang sangat bervariasi. Buat Dads yang senang bermain solo, Dads bisa memilih game dengan genre MMORPG (RO Mobile, Final Fantasy Brave Exvius) atau petualangan offline (Star Wars KOTOR). Untuk Dads yang senang bermain bersama pasangan atau rekan kerja, Dads bisa memilih game dengan genre Shooter (PUBG, Free Fire) atau MOBA (Mobile Legends, AOV). Game-game ini bisa diperoleh dengan mudah lewat Play Store bagi pengguna Android. Selain gratis, game ini akan terasa fun ketika dimainkan sendiri maupun bersama yang lain, serta bisa melatih kerjasama tim. Menarik, kan?

5. Belajar Fotografi Untuk Merekam Berbagai Momen Penting Dads Dengan Keluarga

Tidak ada yang lebih fun dibanding dengan melihat album foto keluarga kecil dan mengingat kembali berbagai momen menyenangkan bersama keluarga. JIka saat ini Dads belum punya koleksi album foto keluarga yang lengkap, maka inilah momen yang tepat untuk merencanakan konsep album kenangan yang ingin Dads ciptakan bersama keluarga! Bagaimana jika Dads belum punya kamera? Nggak masalah, Dads! Carilah kamera yang sesuai dengan budget Dads. Kameranya nggak harus mahal kok, yang penting sesuai kebutuhan. Nggak harus juga memakai kamera profesional; kamera digital saja juga sudah cukup, asalkan hasil fotonya sudah sesuai yang diinginkan Dads. Bagaimana kalau Dads belum punya skill? Jangan khawatir, Dads! Sekarang sudah banyak sekali lho situs belajar fotografi yang bisa Dads manfaatkan, seperti Digital Photography School, Photo.net, atau Geoff Lawrence. Asalkan Dads memiliki niat, ilmu dasar fotografi bisa Dads kuasai tanpa biaya besar. Tentunya harus diimbangi dengan praktek yang cukup ya!

Tunggu apa lagi, Dads! Mulai dari sekarang silahkan rencanakan apa yang ingin Dads lakukan. Jangan sampai kejenuhan yang berlarut-larut nantinya malah mengganggu kualitas hidup Dads bersama keluarga.

Nah, apakah Dads punya cara sendiri untuk menikmati hidup ketika rasa jenuh melanda? Share di kolom komentar ya!

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Cara Menikmati Hidup Ketika Rasa Jenuh Melanda"
related post
5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih ... Lanjut Baca

Penyakit Serangan Jantung Ringan Dapat Terselamatkan Dengan Cara Ini

Serangan jantung menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Meskipun begitu banyak orang yang ... Lanjut Baca