5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami

Waktu Baca: 4 menitSenin, 27 September 2021 12:20 WIB
Menghilangkan Bau Ketiak Anak
Sumber: istockphoto

Bau badan sangatlah mengganggu orang yang sekitar, namum kadang tidak disadari oleh diri sendiri, terlebih lagi pada anak-anak. Menghilangkan bau ketiak pada anak cukup mudah. Bagi Moms yang memiliki anak menginjak remaja dan bermasalah dengan bau ketiak tidak perlu risau. Tidak butuh banyak biaya untuk menghilangkan masalah bau.

Anak-anak pada masa pertumbuhan banyak melakukan eksplorasi. Aktivitas fisik lebih banyak sehingga tubuh mudah berkeringat. Tidak jarang menimbulkan bau tidak sedap pada area lipatan tubuh serta pakaian yang sedang digunakannya.

Pada dasarnya berkeringat adalah salah satu penyebab bau badan namun kondisi yang aman dan pertanda sehat bagi anak. Namun jika sudah bercampur dengan bakteri dan kotoran tentu sebaiknya segera mendapat perhatian. Karena baunya pasti sangat mengganggu.

Selain tidak sedap, keringat yang bercampur bakteri menyebabkan tidak nyaman. Bahkan setelah rehat aktivitas fisik. Moms kini dapat mengatasi sendiri permasalahan tersebut secara alami tanpa efek samping menggunakan cara berikut.

BACA JUGA:

5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

menghilangkan bau ketiak
Sumber: freepik

Menghilangkan bau pada ketiak tidak dianjurkan menggunakan deodorant, bahan kosmetik dan bahan-bahan kimia lainnya. Moms sebaiknya perhatikan efek samping berupa iritasi kulit yang bisa terjadi setelah pemakaian deodorant tersebut.

Supaya lebih aman, sebaiknya gunakan metode alternatif dengan cara dan bahan alami. Lebih mudah digunakan, hemat biaya dan paling penting aman bagi tubuh buah hati. Berikut ini adalah 5 triknya:

1. Menggunakan Baking Soda

Bahan pengembang kue ini ternyata ampuh mengatasi bau badan tidak sedap, namun sebaiknya menggunakan yang masih asli. Cara penggunaannya mudah dan aman. Bahannya juga mudah ditemukan sehingga menguntungkan.

Moms hanya perlu mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan tepung maizena. Tambahkan air aduk hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada ketiak. Bilas setelah kering. Sehingga bisa membuat aromanya hilang.

Ingin lebih praktis Moms bisa menghilangkan bau ketiak dengan pasta gigi. Di dalamnya sudah mengandung baking soda. Cara pengaplikasiannya sama hanya dengan mengoleskannya pada kulit, lalu bilas setelah kering. Lihat hasilnya!

2. Lidah buaya

Punya tanaman ini di rumah, Moms bisa memanfaatkannya untuk mengatasi masalah bau pada si kecil. Ambil satu batang, sayat pada dagingnya kemudian oleskan lendir pada permukaan area kulitnya.

Diamkan selama beberapa menit sampai mengering kemudian bilas hingga bersih. Bahan ini herbal alami, sehingga tidak menimbulkan iritasi kulit. Justru memiliki efek menghaluskan dan menenangkan. Dengan begitu ketiak lebih sehat.

3. Air lemon

air lemon menghilangkan bau ketiak
Sumber: pexels

Selain mengandung vitamin C dan antioksidan dosis tinggi, lemon memiliki sifat antibacterial. Cara kerjanya adalah mematikan bakteri yang hidup di permukaan kulit sehingga bau hilang. Jadi aromanya menghilang.

Siapkan setengah buah lemon lalu ambil airnya. Balurkan pada area yang diinginkan. Perhatikan efeknya pada buah hati, jika terasa agak perih sebaiknya aplikasikan sedikit saja minimal dalam 2 hari sekali.

Karena bila terlalu sering ditakutkan bisa menyebabkan iritasi pada bagian kulit yang sensitif. Untuk itu sebaiknya gunakan dengan jarak waktu tertentu sambil melihat seperti apa hasilnya agar yakin itu aman.

4. Tea Tree oil

Sering digunakan dalam bahan kosmetik dan skincare, tea tree oil memiliki kandungan astringent serta antimikroba. Secara berkesinambungan mampu memperkecil pori pada kulit ketiak penyebab dari kemunculan bau.

Moms hanya perlu 2 sendok teh tea tree oil, 2 sendok teh air putih serta kapas. Campurkan semua bahan kemudian oleskan perlahan hingga kulit basah. Dengan begitu hasilnya langsung terlihat.

Meski aman karena herbal, namun respon kulit setiap anak berbeda. Moms bisa menguji coba dulu pengaplikasiannya pada area terbuka seperti pergelangan tangan. Jika muncul kemerahan sebaiknya tidak diteruskan dalam pemakaiannya.

5. Menghilangkan bau ketiak dengan minyak kayu putih

Metode ini banyak dilakukan sebenarnya sehabis mandi dengan mengoleskannya di badan. Namun bukan spesifik area ketiak saja. Bisa juga digunakan pada bagian lainnya.

Orang tua jaman dulu terbiasa mengoleskan minyak kayu putih pada dada dan punggung buah hatinya. Tujuan utama adalah menciptakan rasa hangat sehingga tidak mudah masuk angin. Namun memiliki efek menyegarkan.

Bau tidak sedap jadi terminimalisir karena pemakaian kayu putih tersebut. Tetapi untuk menghilangkan bau ketiak permanen sebaiknya didukung dengan menjaga kebersihan badan secara rutin setiap hari agar masalahnya bisa teratasi.

Dengan cara menghilangkan bau ketiak pada anak di atas juga dapat diaplikasikan untuk orang dewasa juga. Jadi badan bersih sehat dan semakin percara diri.

Bagikan Informasi Bermanfaat Ini!
Apa Komentar Anda Mengenai "5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak Dengan Permanen Secara Alami"
related post
Akibat Kekurangan Gizi Pada Anak Dan Remaja Bisa Berdampak Kronis, Lho

Kekurangan gizi ternyata masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan anak di Indonesia. Setiap bayi, anak, ... Lanjut Baca

Penyebab Darah Haid Hitam Pekat Dan Bau Di Awal Menstruasi, Bahayakah?

Apakah Moms pernah mengalami ketika datang bulan dengan kondisi darah haid hitam dan bau? Hal ... Lanjut Baca

Kenapa Ketika Bangun Pagi Kepala Pusing Dan Mulut Terasa Pahit

Bangun pagi merupakan kebiasaan yang positif, mampu menjaga mood tetap dalam keadaan bahagia sepanjang hari. ... Lanjut Baca